Pensiun, Budi Daya Lele pun Jadi Pilihan

Rabu, 2 Maret 2011 | 16:02 WIB


Pensiun, Budi Daya Lele pun Jadi Pilihan
SIHONO/HUMAS

Mereka yang pensiun dari kiri Slamet Widodo (LP2M), Sutikno (FIP), Bambang (BAUK), dan Ashari (FBS)

Saya setelah pensiun ini akan budi daya ikan lele. Begitulah ucap RBJ Bambang P, staf  Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian (BAUK) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Selasa (1/3) setelah pelepasan pensiun oleh Rektor yang diwakili Pembantu Rektor Bidang Akademik Agus Wahyudin di ruang rapat pimpinan rektorat kampus Sekaran.

Selain Bambang, dilepas pula Sutikno dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Ashari (FBS), dan Slamet Widodo dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M).

Hadir pada acara itu, Dekan FBS Prof Rustono, Dekan FIP Hardjono, Ketua LP2M Bambang BR, Kepala BAUK Anwar Haryono, Kepala BAAKK Sutikno, Kepala Bagian Kepegawaian Sri Sudiyati, MPd, dan Ketua Korpri R Sugiyanto Ketua KORPRI.

“Tiga bulan yang lalu saya sudah mempersiapkan diri untuk mengisi masa pensiun dengan mencoba budi daya ikan lele di pekarangan rumah. Eeee… ternyata sangat sederhana dan prospeknya sangat menjanjikan. Cuma diberi makanan pelet yang banyak dijual di pasar sesekali diberi makanan tambahan berupa dedaunan,” kata Bambang.

“Saya mempunyai tiga kolam, dua kolam kecil berukuran 1,5 meter X 2 meter, dan 1,5 m X 3 m. Masing-masing kolam saya isi 1.500 ekor tiga bulan sudah panen,” katanya.

Pemasaran

Ikan lele tenyata banyak diminati oleh masyarakat, termasuk tetangganya. “Saya malah belum sempat menjual ke pasar sudah habis dibeli oleh tetangga,” kata Bambang.

Ikan lele per kilogram, kata Bambang, dijualnya Rp 10 ribu sampai Rp 11 ribu dengan kisaran 11 sampai 12 ekor. “Ternyata yang membeli itu pilih yang masih kecil-kecil karena kalau dimasak rasanya gurih, lain dengan yang besar rasanya sepo,” imbuhnya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 4.611 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

7 komentar pada “Pensiun, Budi Daya Lele pun Jadi Pilihan

  1. betul seklai kata pak bambang..usaha lele memang menggiurkan….meskipun sesekali kita harus juga kerja ekstra keras saat musim penghujan..pengalaman ini saya terima setelah dapat permodalan dari Fasilitasi Pemprov jawa tengah, dan PMW unnes 2010…terimakasih UNNES….

  2. SELAMAT MENIKMATI MASA PURNA TUGAS DENGAN KEBAHAGIAANNYA BERSAMA KELUARGA DAN SEMOGA TETAP SEHAT DAN BUGAR, AMIN.

  3. SELAMAT dan SUKSES atas pengabdian kakak-kakak tercinta, mas Bambang Purwanto, mas Ashari, mas Sutikno dan mas Slamet Widodo.

  4. Kalau mas Bambang budidaya Lele, lah.. kalau mas Ashari, Mas Tik, dan Mas Slamet budidaya apa dong… mendingan ikut budidaya lele juga atau jangkrik, atau belut atau apa sajalah buat ngisi waktu dan berekreasi. Selamat ya semoga tetap diberi kesehatan dan kebahagiaan bersama keluarga. Amin

  5. Selamat boeat mas-masku yg dah purna berbahagialah engkau nikmatilah masa-masa purna-mu, bercita-citalah hidup seribu tahun lagi agar kita tetap semangat dan semangat, kalo mas-mas dah budi daya lele, njok sok mben aku tak budi daya opo yooo ? sek sek yo mas tak pikir-pikir sek wae-lah karo santai, sing penting sehat, waras, panjang umur, murah rezeki Amien 3 x. . . !

  6. saya juga berkeinginan dalam membudii dayakan ikan lele ini. namun belum paham cara pembenihan, perawatan dan pemasarannya.mohon bimbingan dari bapak, yang telah berpenglaman dibidang ini. terimakasih.

  7. Wah, Pak Bambang luar biasa semangatnya! Patut dicontoh, mengisi pensiun dengan kegiatan produktif. Jangan lupa warnai juga dengan lebih tekun ibadah!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X