Pendaftaran SBMPTN Mulai 12 Mei, Unnes Sediakan 2.199 Kursi

Kamis, 1 Mei 2014 | 18:49 WIB


Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyediakan 2.199 kursi mahasiswa baru melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014.

“SBMPTN merupakan seleksi secara nasional yang didasarkan pada ujian tulis dan ujian keterampilan, khusus bagi yang memilih program studi kelompok seni atau olah raga,” ungkap Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman.

Kuota sebanyak itu, menurutnya, merupakan bagian dari kuota keseluruhan penerimaan mahasiswa baru Unnes tahun ini, yakni 6.340. “Sebelumnya, 3.448 kursi diperebutkan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), sedangkan 693 lainnya disediakan lewat seleksi mandiri,” katanya.

Dikemukakan, berbeda dari SNMPTN yang hanya untuk lulusan tahun ini, SBMPTN terbuka bagi lulusan SMA/SMA/SMK tahun 2014, 2013, dan 2012. “Biaya pendaftarannya pun lebih murah dibandingkan dengan tahun lalu, yakni hanya Rp100.000, karena adanya subsidi dari pemerintah,” katanya.

Pendaftaran
Pendaftaran SBMPTN akan dibuka mulai 12 Mei 2014 hingga 6 Juni 2014 secara online di laman http://sbmptn.or.id. Adapun tes tulis 17 Juni dan tes praktik 18-19 Juni bagi yang memilih program studi seni/olah raga.

Lewat SBMPTN, pendaftar juga bisa memperebutkan beasiswa Bidikmisi. Bidikmisi adalah beasiswa full study yang membuat penerimanya terbebas dari segala biaya kuliah selama delapan semester dan setiap bulannya menerima bantuan biaya hidup minimal. Rp600.000/bulan.

“Minimal 1.850 paket beasiswa Bidikmisi akan dikucurkan oleh Unnes tahun ini. Minimal sama dengan tahun lalu,” imbuhnya.

 


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 7.654 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

13 komentar pada “Pendaftaran SBMPTN Mulai 12 Mei, Unnes Sediakan 2.199 Kursi

  1. Mohon dibuka kelas sore dan weekend, harapannya, lulusan sma yang sudah bekerja, yang ingin menimba ilmu di unnes, bisa kuliah ambilmsore ataupun weekend, terimakasih.

  2. Animo masyarakat terhadap Unnes masih sangat tinggi agar bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Saya yakin Unnes dapat mengemban amanah itu dengan sebaik-baiknya. Sebagai alumnus (IKIP) saya bangga dengan capaian Unnes dari tahun ke tahun. Bravo Unnes!!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X