Pendaftar Bidikmisi di SPMU Gratis Biaya Pendaftaran

Rabu, 10 Juli 2013 | 15:10 WIB


Pendaftar Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang mengikuti program Bidikmisi gratis biaya pendaftaran. Caranya, pendaftar harus mememperoleh Kode Akses Peserta (KAP) dari kepala sekolah. Dengan KAP tersebut pendaftar bisa mendaftarkan diri di laman Bidikmisi http://bidikmisi.dikti.go.id. Setelah mendaftar di laman tersebut peserta akan memperoleh username dan password untuk melakukan pendaftaran di laman SPMU.

“Calon pendaftar harus didaftarkan oleh kepala sekolah supaya bisa memperoleh KAP,” kata Kepala UPT Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo, Rabu (10/7).

Sebanyak 734 beasiswa Bidikmisi telah disalurkan Universitas Negeri Semarang (Unnes) kepada calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN. Pada jalur tersebut sebanyak 968 calon mahasiswa yang mengajukan namun 234 di antaranya gugur saat dilakukan verivikasi lapangan.  Sisa kuota Bidikmisi sebanyak 1016 akan disalurkan kepada calon mahasiswa jalur SBMPTN dan SPMU.

“Di Jalur SBMPTN ada 1.152 calon mahasiswa yang mengajukan permohonan Bidikmisi. Pemohon akan diverivikasi dengan kunjungan ke rumah sebelum diputuskan akan diterima atau ditolak permohonan Bidikmisinya,” katanya.

Sucipto menambahkan, penyaluran Bidikmisi dilakukan berdasarkan kelayakan penerima. Pihaknya tidak membagi kuota Bidikmisi yang dimiliki berdasarkan jalur masuk supaya Bidikmisi bisa benar-benar tepat sasaran.

“Berdasarkan pengalaman pada proses ebelumnya, sekitar 20 persen pemohon gugur saat dilakukan verivikasi lapangan. Karena itu, sangat dimungkinkan calon mahasiswa jalur SPMU juga memperoleh beasiswa ini,” lanjutnya.

Jalur SPMU Unnes telah dibuka sejak 20 Juni lalu hingga 16 Juli mendatang. Pada jalur terakhir ini Unnes menawarkan 734 kursi di 8 fakultas. Sebagaimana SBMPTN, seleksi SPMU menggunakan tes tertulis. Tes dijadwalkan pada Minggu 21 Juli. Adapaun tes keterampilan bagi calon mahasiswa yang memilih jurusan seni dan olahraga akan dilaksanakan hari berikutnya.

 


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 11.862 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

81 komentar pada “Pendaftar Bidikmisi di SPMU Gratis Biaya Pendaftaran

  1. katanya pendaftar bidikmisi biaya pendaftarannya gratis, tapi waktu mau cetak kartu kok harus bayar..mohon prnjelasanya..

  2. Bagaimana caranya mendaftar SPMU dengan Jalur Bidik Misi yang sudah memiliki KAP dan PIn, , namun kenyataannya saya masih di suruh Membayar Biaya Pendaftaran, bagaimana dengan pernyataan di atas?

    Mohon bantuannya, Terimakasih

  3. gimana sih ini kata nya yang BM gratis biaya pendaftraran tp nyata nya masih disuruh bayar gt? plisss bls
    teman* yang tau jg boleh komen kok

  4. saya sudah daftar di bidik misi dan sudah dapat pin sama kap trus sudah ngisi formulir dan dpt pin…trus saya mau cetak kartu kok katanya harus bayar dulu??yang bener prosedur bwad bidikmisi gimana???mohon jawabannya..limit waktu soalnya…
    tolong kabari saya.085743742143.thanks

  5. pendaftaran SPMU jalur bidikmisi inibenar gratis tidak?
    kok saya mau nyetak tapi dicatatan suruh membayar sih?
    mohon balasannya. terimakasih

  6. assalamualaikum…
    saya sudah daftar spmu BM tapi belum saya transfer ke rek.bni jumah uang yang harus di transfer karna saya masih bingung dengan wacana di atas.yang saya tanyakan bisakah mendaftar 2x dengan isian yang sama,pda sebelumnya saya mendaftar.dan di atas di jelaskan lagi agar pihak sekolah yang mendaftarkan.tolong admin blas sebagai profesionalitas dan formalitasnya.kalo bisa di sertakan alamat email atau contact person yang bisa kami hubungi terimakasih.

  7. saya sudah konfirmasi…dan ternyata kita harus bayar dulu buat nyetak kartu..kemungkinan nanti uang pendaftaran kembali…:)
    sukses bwad kita kawan..:)

  8. Pasal 28 ayat (1) UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”) menyatakan, “Setiap orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.”

  9. salam pendidikan,
    maaf saya mau tanya untuk pendaftar SPMU peserta bidik misi sebenarnya gratis atau tidak, dengan waktu pendaftran yang singkat mohon penjelasannya.
    terima kasih

  10. kalau ketrima uang pendaftaranya di kembalikan. lha klw enggak ketrima apa di kembalikan juga uang pendaftaranya????????????? mohon infonya.

  11. tlong penjelaannya mengenai pendaftaran ini ??
    apakah harus bayar terlebih dahuli apa tidak?
    jika diharuskan membayar terebih dahulu, bagaimana dengan anak yang tidak mempunyai uang hanya untuk sekedar biaya pendaftarannya??
    Mohon dengan sangat kepada ibu/bapa panitia SPMU bisa memberikan penjelasan atas komentar ini. trimakasihh

  12. KALO UDH DPT KAP+PIN dari akun BIDIKMISI TERUS GIMANA?
    JADINYA FREE ATO KAGA NH? *YANG SENASIB +UDH DAPET INFO SMS GUE DI 083869742627* GUE DARI JOGJA

  13. Simply wish to say your article is as amazing. The clearness in your post is simply cool and i can assume you are an expert on this subject. Fine with your permission allow me to grab your RSS feed to keep up to date with forthcoming post. Thanks a million and please continue the rewarding work.

  14. Saya sudah mendaftar SNMPTN. Dan saya mendapatkan KAP, dimana saya bisa mendptkn PIN untuk bisa dftr BIDIKMISI ?
    Tolong jelaskan ?

  15. min mohon bantuanya waktu saya mau cetak kartu no pin yg muncul belum saya catat tp malah saya back,,aku lupa min gmna?
    terus aku coba loging lagi no kap dan pinku sudah tidak fungsi lg…gmna cara mengetaui pin buat cetak kartu yang lupa saya catat tadi min?
    mohon di bantu lewal email min,,,milamawon95@gmail.com

  16. min mohon bantuanya waktu saya mau cetak kartu no pin yg muncul belum saya catat tp malah saya back,,aku lupa min gmna?
    terus aku coba loging lagi no kap dan pinku sudah tidak fungsi lg…gmna cara mengetaui pin buat cetak kartu yang lupa saya catat tadi min?
    mohon di bantu lewal email min,,,milamawon95@gmail.com
    atau bisa hubungi dsini tolong bntu dong,,08985500643

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *