Pendaftar Bidik Misi Tak Perlu Kirim Dokumen Manual

Jumat, 4 Maret 2011 | 17:08 WIB


Pendaftar Basiswa Bisik Misi yang mendaftarkan dirinya melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tak perlu mengirimkan dokumen pendukung secara manual.

Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Koordinator Bidang Teknologi dan Informasi Panitia Lokal 42 SNMPTN Sugiyanto, di kampus Unnes Sekaran, menanggapi berbagai pertanyaan pihak sekolah soal itu

“Konsekuensi dari pengintegrasian pendaftaran Bidik Misi dengan SNMPTN, lebih-lebih Jalur Undangan, tak perlu ada pengiriman secara manual berkas apa pun. Semua dilakukan secara online,” katanya.

Selain itu, lanjut Sugiyanto, yang semestinya menjadi pedoman pokok bahkan satu-satunya bagi pihak sekolah maupun siswa pendaftar adalah ketentuan yang tercantum dalam laman resmi panitia pusat SNMPTN, undangan.snmptn.ac.id. “Di luar itu, silakan kesampingkan dulu,” katanya.

Dia tidak menampik terjadinya perubahan ketentuan pendaftaran dari waktu ke waktu. “Maklumlah, model semacam ini memang baru pertama dijalankan. Karena itu, silakan pihak sekolah dan sekolah senantiasa memedomani ketentuan yang paling mutakhir dengan terus memantau laman tersebut,” kata salah satu pengembang sistem IT Unnes yang akrab disapa Kang Sugy ini.

Di sisi lain dia menegaskan, Unnes akan konsisten menerapkan sistem online dalam semua proses penerimaan  mahasiswa baru. “Kami tidak ingin mundur. Sepenuhnya kami percaya kepada kepala sekolah, meski kami akan selalu melakukan cek dan ricek. Baru pada saat registrasi, setelah pendaftar diterima, dilakukan verifikasi,” katanya.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 7.021 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

43 komentar pada “Pendaftar Bidik Misi Tak Perlu Kirim Dokumen Manual

  1. assalamualaikum..
    mau tanya pak..

    saya sudah daftar bidik misi ke UNNES via online, dan saya dari luar kota, apakah saya harus tetap mengirimkan dokumen2 manual tersebut????

    mohon di jawab ya pak..
    terima kasih

  2. jika tidak mengirimkan berkas secara manual lalu bagaimana dunk????????????????

    kalau harus dikirimkan itu kapan?????????????

  3. maaff bpk..
    saya terdaftar ke dlm jalur undangan PMDK’y…
    yg jdi pertanyaan berkas manual’y d kirimin apa ngga ?
    mohon jawaban’y pak ?

  4. assalamualaikum….maaf pak,,saya tanya,berkas yang harus dilengkapi pa saja untuk yang bidik misi? trus harus diserahkan paling lambat kapan? makasih…..

    1. Yang harus diisi/dilengkapi sesuai dengan yang tercantum pada formulir/borang di undangan.snmptn.ac.id. Salam.

  5. assalam,,

    saya salah satu siswi SMK Telkom Bengkulu, saya sudah mendaftarkan diri di UNNES melalui jalur SNMPTN Bidik Misi.. bagaimana penilaian ny? apakah setiap sekolah berkesempatan untuk mendapatkan peluang?
    Optimis!!!

  6. di formulir bidik misi, setiap peserta diwajibkan mengisi dengan lengkap,
    ya kalau memang lengkap, tapi gimana dengan yang bener-bener nggak bisa lengkap misalnya nomor jalan tidak ada, apa mesti dipaksa dengan ngarang sendiri? kalo ngarang bisa jadi kena sanksi, tapi kalau nggak, tidak bisa terus maju,bagaimana ini?apa ahrus mengundurkan diri begitu saja? atau kalau tidak pakai alamat sekolah,begitu? Terima kasih. Mohon jawabannya.

  7. ass.
    saya pendaftar bidik misi unnes dari luar kota
    apakah saya harus mengirimkan berkas?
    berapa kuota jalur bidi misi unnes jurusan akuntansi?
    karena saya punya keinginan kuat masuk jurusan tsb

  8. pak,apakah jlur bidik misi di UNNES mash dbka?persyaratan p sja yang yang hrus dlengkapi?apakah lulusan 2010 blh iky jlur ini?

  9. Pak,,, bgaimana cra pendftaran untuk mengkuti bidik misi ini dengan cara on line,,,,,,?????????? kalau secara berkas sudah saya kirim,,, apakah pendftaran di UNNES, juga memerlukan pendftran secara ONline?

  10. Assalamualaikum..
    yang dimaksud tidak perlu mengirimkan dokumen manual itu bagaimana?
    padahal dalam buku panduan bidik misi, peserta seleksi harus mengirimkan dokumen manual kepada PTP.
    lalu bagaimana langkah2nya mengikuti bidikmisi UNNES?
    saya akan mengikuti program bidikmisi SNMPTN jalur ujian tertulis, bisa kan pak?
    dan berapa kuota yg tersisa untuk bidikmisi SNMPTN jalur ujian tertulis?
    terimakasih sebelumnya.

  11. saya mau tanyak pak,,,
    saya sudah mengirimkan berkas2 saya ke UNSOED bersama 3 teman saya,untuk selanjutnya bagaimana pak,soalnya pendaftaran lewan online sudah ditutup,kami sangat bekeinginan untuk bisa mendapatkan program ini.
    terimakasih sebelumnya

  12. saya mau tanya,,,,,
    kalo mau daftar SNMPTN jalur ujian yang melalui bidikmisi,, bagaimana cara mengirim persyaratan2 nya? apa kita k univ yg brsangkutan?
    mohon info nya……
    trmksh sblm nya…..

  13. saya mewakili temen” saya yang lolos snmptn jalur undangan dan sekaligus pelamar bidik misi unnes melakukan registrasi kok sulit loginnya,dan apakah no pin pendaftarannya itu passsword yang dulu saat login snmptn jalur undangan?terima kasih mohon penjelasannya

  14. aslmlkm
    tlg beri sya jwban yg jelas atas hasil bidik misi snmptn jalur undangan. karena saya tdk bs mlkkn registrasi. sy dan ibu sya sgat cemas,krna tnpa bdik misi ini sya tdk bs kuliah dn hrs cpat2 mncri kerja untk mnyklhkn adk sy.trmksh.wassalamualaikum

  15. bagaimana cara mendaftar bidikmisi secara online pak? apakah benar tidak perlu berkas2? karenakan saya belum mempunyai berkas2nya,dan tadi saya dengar unnes masih membuka bidikmisi sebanyak 661. jadi saya ingin mendaftar,karena kondisi keuangan tapi saya tidak punya berkas2nya. apakah itu tidak menjadi masalah? tolong berikan penjelasan secara rinci.terimakasih

  16. assalamualaikum pak saya ingin ikut program bidikmisi secara gratis yang jalur undangan bagaimana prosesnya? apakah gratis karena kondisi keuangan dan ekonomiorang tua .terimakasih

  17. assalamu’alaikum pak,
    saya ingin sekali ikut bidikmisi ini pak.ttp saya dari smk negeri 1 klaten dan jurusan saya belum terakreditasi dikarenakan jurusan baru dan baru 2 tahun ini berjalan,
    apa ada syarat lain bagi sekolah smk yang jurusannya blm di akreditasi pak . .
    terimakasih.

  18. assalamu’alaikum pak ,
    saya ingin sekali mengikuti sleksi bidikmisi ini pak , ttp sya dr smk pembangunan mranggen yg sklhnxa msh br & itu ujian nxa msih nginduk belum terakreditasi .

  19. pak sya mau tanyak.kog hari hari ini susah banget untuk membuka website bidik misi.padahal hari pndaftaran sudah trkhir besok untuk jalur undangan

  20. Gimana kalu di universitas tertentu harus mengirim dokumen, sedangkan saya sudah terlambat, apakah masih bisa di toleransi?!

  21. assalamualaikm,,
    maaf pak saya mau tanya, untuk melihat peserta yang sudah mendaftar bidik misi, gamana ya??

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *