FBS Sosialisasikan Pedoman Operasional Angka Kredit

Selasa, 1 November 2011 | 10:32 WIB


Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes menyelenggarakan sosialisasi pedoman operasional angka kredit, di ruang bundar fakultas itu, Selasa (1/11). Hadir sebagai narasumber Prof Nathan Hindarto, Prof Wiyanto, dan Malarsih MSn, Pembantu Dekan II FBS.

“Angka kredit merupakan angka yang diberikan berdasar penilaian prestasi yang telah dicapai oleh seorang tenaga pengajar dalam mengerjakan butir kegiatan,” terang Prof Nathan Hindarto di depan 50-an dosen yang mengikuti sosialisasi tersebut.

“Sesuai dengan PP 12/2002 tentang kenaikan PNS, batas pangkat untuk SLTA/D1/D2 adalah III/b, sarjana muda/D3 maksimal berpangkat III/c, S1/D4 maksimal III/d, S2 maksimal IV/a, dan S3 tidak melampaui IV/b, kecuali menduduki jabatan tertentu.” katanya.

Dijelaskan pula, pengusulan jabatan harus dilengkapi syarat administrasi DP3, pertimbangan senat, pengisian borang, lampiran kredit point, dan bukti fisik. Selain itu, senat dapat mempertimbangkan kenaikan pangkat dosen berdasarkan kinerja, intregitas, tanggung jawab dalam tugas, dan tata krama dalam kehidupan kampus.

“Bagi dosen, setidaknya harus ada satu karya ilmiah yang dipublikasikan setiap kali kenaikan jabatan dari satu tingkat ke tingkat berikutnya, mulai dari asisten ahli sampai lektor kepala. Khusus untuk kenaikan jabatan dosen ke guru besar bagi yang berijazah S3 baik kenaikan dalam kurun waktu 1-3 tahun atau lebih, setidaknya memiliki satu jurnal ilmiah terakreditasi,” tegasnya.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.804 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *