Baris-berbaris, Bentuk Disiplin Peserta SM-3T

Rabu, 3 Oktober 2012 | 17:01 WIB


Baris-berbaris, Bentuk Disiplin Peserta SM-3T
SIHONO/HUMAS

Peserta Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) angkatan ke-2 Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada prakondisi dilatih untuk mengenal peraturan baris-berbaris (PBB) dan tata cara upacara.

“Pelatihan ini bertujuan untuk menanamkan rasa disiplin dan mempertebal semangat kebersamaan,” kata Kapten Suwito TNI AD dari Resimen Induk Komando Daerah Militer (Rindam) IV Magelang di sela-sela pelatihan di Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah, Srondol Semarang, Rabu (3/10).

Kapten Suwito mengatakan, latihan tersebut mengacu pada peraturan yang masih berlaku sehingga dapat membentuk kedisiplinan karena dalam PBB peserta diwajibkan mematuhi instruksi, aba-aba, menyeragamkan seluruh gerakan, dan selalu berkonsentrasi perintah dari komandan.

Kapten Suwito juga mengemukakan, apabila PBB ini dapat diimplementasikan di dalam lingkup sekolahan tujuan nanti, akan terjalin kekompakan dan terbentuk kedisiplinan dan loyalitas.

Dia menambahkan, jika hal ini dapat dilakukan secara konsisten dan kontinu, akan terbentuk budaya sekolah yang postif sehingga berpengaruh terhadap kinerja para guru dalam melakukan pelayanan prima terhadap siswa.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.227 kali
EDITOR : Sihono

7 komentar pada “Baris-berbaris, Bentuk Disiplin Peserta SM-3T

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X