Olimpiade IPS SMP-MTs Se-Jawa dan Bali

Selasa, 13 November 2012 | 7:36 WIB


Olimpiade IPS SMP-MTs Se-Jawa dan Bali
SIHONO/DOC

Olimpiade IPS Tingkat SMP-MTs berangkat dari pemikiran bahwa pembangunan membutuhkan modal sosial, yaitu kecerdasan sosial dan moral sosial.

Kecerdasan sosial merupakan hasil dialog dengan rasionalitas, sedangkan moralitas sosial merupakan hasil dialog dengan hati dan perasaan.

Kecerdasan dan moral sosial akan teruji melalui mekanisme interaksi antar manusia. Untuk itu, kompetisi yang sehat diharapkan menjadi salah satu upaya terciptanya generasi muda yang cerdas dan bermoral.

Sehubungan dengan hal tersebut, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (Unnes) bermaksud menyelenggarakan Olimpiade IPS Tingkat SMP-MTs se-Jawa dan Bali Tahun 2012 dengan tema “Membentuk Kecerdasan Sosial dan Moral Sosial untuk Indonesia” Kamis, 20 Desember 2012 di C7 kampus Sekaran.

Muh Sholeh ketua panitia mengatakan tujuan kegiatan ini sebagai ajang persiapan bagi siswa dan sekolah menghadapi Olimpiade Sain Nasional (OSN) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dia, juga mengemukakan selain menghadapi OSN menciptakan iklim akademik yang kompetitif dan sehat antar sekolah guna memacu semangat berprestasi, meningkatkan minat siswa dan sekolah untuk menekuni bidang studi IPS, serta mempererat kerjasama dan kemitraan antara Unnes dengan sekolah khususnya jenjang SMP-MTs di Pulau Jawa dan Bali.

Muh Sholeh menambahkan lomba ini bersifat individu. Panitia menyediakan bermacam fasilitas, hadiah, dan doorprize bagi peserta dan guru pembimbing. Informasi lebih lanjut lihat di http://www.olimpiadeips2012.blogspot.com/


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.593 kali
EDITOR : Sihono

3 komentar pada “Olimpiade IPS SMP-MTs Se-Jawa dan Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X