Museum Goes to Campus Ajak Mahasiswa Kunjungi dan Cintai Museum

Kamis, 27 April 2017 | 12:34 WIB


Museum Goes to Campus Ajak Mahasiswa Kunjungi dan Cintai Museum
SESAR/HUMAS

Duta Museum Jawa Tengah (Jateng) bekerjasama dengan Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang (UNNES) adakan talkshow bertajuk Museum Goes to Campus: Museum Untuk Negeriku, Rabu (26/04) di Gedung C7, Fakultas Ilmu Sosial UNNES. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan museum sebagai wadah cagar budaya dan pendidikan sejarah nasional di Indonesia. Selain itu, program ini juga turut mengundang beberapa pembicara, yakni Lilik Pramana, SS, MM (Panglima Kodam Diponegoro), Dra. Ufi Saraswati,MHum (Dosen Jurusan Sejarah UNNES), Belinda W Dewanty (Duta Museum Jateng 2014), dan Aulia Solihati (Alumni Jurusan PKn UNNES dan Duta Museum Jateng 2016).

Sebagai pembukaan, acara ini disambut dengan baik oleh Ketua Jurusan Sejarah UNNES, Dr Hamdan Tri Atmaja MPA. Dalam sambutannya, beliau berkata bahwa sebagai kota yang beradab, kota Semarang sebaiknya tidak terbatas berbasis pada ekonomi, namun juga pada Pendidikan. Sehingga, harus ada tempat seperti museum dan perpustakaan di dalamnya. Promosi museum ini merupakan program yang baik dan harus didukung penuh karena memiliki sinergi dengan visi UNNES sebagai universitas berwawasan konservasi yang bereputasi internasional.

Masuk ke dalam talkshow, acara yang dipandu oleh Duta Museum Jateng 2016, A Mahmud Hana, memiliki empat topik yang berbeda dari setiap pembicaranya.

Pembicara pertama, Lilik Pramana, memberikan presentasi mengenai peran Museum Mandala Bhakti dalam menumbuhkan nilai-nilai perjuangan bangsa Indonesia. Kemudian, Ufi Saraswati melanjutkan seminar dengan topik peran museum sebagai sumber ilmu pengetahuan budaya bangsa. Ia menegaskan mengenai fungsi museum yang bukan hanya sebagai benda budaya, namun juga benda pusat pengetahuan masyarakat. Selanjutnya, Belinda Dewanty memberikan materi mengenai museum dalam perspektif pelayanan publik. Terakhir, seminar ditutup dengan materi dari Aulia Solihati mengenai fungsi-fungsi penting museum bagi masyarakat secara umum.

Museum Goes to Campus adalah program roadshow pertama promosi museum bagi mahasiswa pada lima universitas di Jawa Tengah. UNNES patut berbangga menjadi kampus pertama yang dikunjungi oleh program ini. Program ini diikuti oleh peserta dari kalangan mahasiswa UNNES, PT di sekitar Semarang, serta komunitas-komunitas pecinta museum di Jateng.

(Cesar Abdul Rizal, Student Staff)


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 431 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *