Mengungkap Makna di Balik Nama

Selasa, 9 Oktober 2012 | 6:59 WIB


“Apalah arti sebuah nama.”
Hingga kini, kalimat itu masih sering terdengar. Namun, bagaimana orang Jawa menyikapi makna di balik sebuah nama? Wito Radyo membabar hal itu dalam sarasehan budaya Selasa Legen yang diselenggarakan Forum Selasa Legen Universitas Negeri Semarang (Unnes), Senin (8/10) malam, di serambi auditorium kampus Sekaran.

Seniman dan budayawan kelahiran Klaten itu mengungkapkan, bagi orang Jawa, nama adalah sebuah doa. “Sebelum memberikan sebuah nama kepada anak, harus pula diperhitungkan weton suami dan istri sebagai orang tua anak itu kelak. Hal itu berkait dengan petung yang akan sangat mempengaruhi kehidupan anak,” ujarnya.

Wito juga mengatakan, bukan hal yang mengejutkan ketika zaman dahulu banyak orang yang menggunakan nama Jawa. “Misalnya nama Rahayu, Widodo, Yuwono, adalah doa supaya orang tersebut selalu mendapat keselamatan dan lancar dalam segala aktivitasnya,” katanya dihadapan puluhan mahasiswa, dosen, dan pemerhati budaya.

Makin hilang

Akan tetapi menurut Wito, kini semakin banyak orang yang tidak ngugemi tata cara pemberian nama yang baik menurut budaya Jawa. “Kenyataannya kita semakin terpengaruh dan takut bila tidak mengikuti gaya hidup sekarang ini,” ujar pria yang bulan lalu melakukan lawatan kesenian ke Jepang itu.

Di sisi lain, Wito bangga dengan visi konservasi budaya yang digalakkan Unnes. Dia berharap sarasehan dan kegiatan seni-budaya terus diselenggarakan. “Di tengah kondisi seperti sekarang, ternyata masih ada sebagian kecil mahasiswa yang memiliki kesadaran budaya. Sedangkan di luar sana banyak yang sudah tidak tahu lagi asal-usul mereka,” katanya.

Pada kesempatan itu, beberapa pemerhati budaya dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah membagikan puluhan Kamus Bahasa Indonesia kepada mereka yang hadir dalam sarasehan.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 4.917 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

5 komentar pada “Mengungkap Makna di Balik Nama

  1. meski jaman sdh modern tapi saya memberi nama anak saya dengan nama yg mengandung harapan besar untuk anak saya dimasa yang akan datang. meskipun namanya terkesan “londo” tapi artinya jowo banget. Mathew Vido Carlo = Anugerah dari Tuhan bagi keluarga kami Seorang anak laki-laki yang gagah perkasa (ucapan syukur kami pada Tuhan)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X