Mengklasifikasi Buku Itu Mudah

Selasa, 25 Agustus 2015 | 9:00 WIB


Mengklasifikasi Buku Itu Mudah
HUMAS/DOK

Selama ini masih sering dijumpai adanya Perpustakaan Sekolah yang belum terkelola dengan baik. Dimana sering disampaikan oleh petugas perpustakaan sekolah bahwa mereka mengalami kesulitan dalam mengolah bahan pustaka, terutama dalam mengklasifikasi bahan pustaka/buku sesuai sistem Klasifikasi Dewey Decimal Classification (DDC).
Menjawab permasalahan tersebut, Tim pustakawan Unnes yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat telah mengadakan Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Kegiatan dilaksanakan di UPT Perpustakaan pada Kami-Sabtu, (20-22/8).

Kegiatan ini dibuka oleh Kasubbag Tata Usaha UPT Perpuatakaan, Drs M Faraz Suparto MSi. Dalam sambutannya, Drs Faraz manyampaikan bahwa kegiatan semacam ini secara rutin diselenggarakan oleh Unnes, yakni kegiatan yang dilaksanakan melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat dan yang melalui LP3 Unnes. Semua kegiatan tersebut bertujuan sama yaitu membantu meningkatkan kompetensi tenaga pengelola perpustakaan sekolah, khususnya si tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Lanjutan Pertama (SMP).

Selain itu, Drs Radiyo selaku salah satu anggota Tim Pengabdian pada kesempatan tersebut menyatakan bahwa, kegiatan pengabdian ini secara rutin dilaksanakan oleh Pustakawan Unnes untuk membantu meningkatkan kemampuan pengelolaan perpustakaan sekolah, yang memang sebagian besar tenaga pengelolanya belum memiliki kompetensi ataupun tidak berlatar pendidikan dibidang Perpustakaan.

Kegiatan tersebut dirasakan sangat membantu para pengelola perpustakaan. Sebanyak 16 orang peserta dari berbagai sekolah yang ada di Kecamatan Gunungpati, Gajahmungkur, & Ungaran Kabupaten semarang dan sekitarnya terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Para peserta mengharapkan bahwa kegiatan semacam ini tetap rutin diadakan oleh Unnes.
Diharapkan selepas kegiatan ini para peserta dapat menerapkan ilmunya di perpustakaan sekolah masing-masing.

(Unnes/M Z Eko Handoyo)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 675 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *