Indonesia Siap Bersaing di Komunitas Ekonomi ASEAN

Jumat, 8 Maret 2013 | 14:00 WIB


Indonesia Siap Bersaing di Komunitas Ekonomi ASEAN
Dwi Sulistiawan/Humas

Meskipun pelaksanaan kesepakatan Komunitas Ekonomi ASEAN (KEA) tahun 2015, tetapi perlu dipersiapkan segala sesuatu dengan baik agar Indonesia mampu bersaing ketika dilaksanakan kelak.

“Oleh sebab itu, dalam menghadapi KEA nanti, Indonesia harus menjalankan beberapa tuntutan,” papar I Gusti Agung Wesaka Puja MA Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementrian Luar Negeri, saat memberi kuliah umum pada dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (FE Unnes), Jumat (8/3), di gedung C7 kampus Unnes Sekaran Gunungpati.

Tuntutan yang dimaksud, kata Gusti, sebagai upaya untuk mendorong masyarakat Indonesia memanfaatkan berbagai kerjasama ASEAN sebagai platform untuk mengambil peluang ekonomi diantara sesama anggotanya dan antara ASEAN dengan kawasan lainnya.

“Kita juga harus memastikan integritas ASEAN berkontribusi secara nyata bagi peningkatan kesejahteraan nasional,” ujar Gusti pada acara yang diprakarsai oleh bidang pengembangan dan kerja sama itu.

Nara sumber lain pada acara yang mengusung tema “Komunitas Ekonomi ASEAN 2015 dan Kesiapan Indonesia” adalah Prof FX Sugiyanto (Undip), dan Dr Etty Soesilowati (Unnes).

Sebelumnya, telah ditandatangani berita acara kemitraan antara Fakultas Ekonomi dan Kementerian Luar Negeri serta disaksikan Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Unnes Prof Fathur Rokhman.

“Berita acara kemitraan ini berfungsi sebagai penguatan fakultas ekonomi dalam menghadapi Komunitas Ekonomi ASEAN 2015,” kata Prof Fathur.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 2.096 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X