Mengapa Pertamina Tertarik Kembangkan Hutan Pendidikan Gunung Ledek?

Kamis, 12 Februari 2015 | 14:47 WIB


Mengapa Pertamina Tertarik Kembangkan Hutan Pendidikan Gunung Ledek?
HUMAS/RAHMAT

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum bersama Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Umar Fahmi usai menandatangani MoU. Turut menyaksikan, Dewan Penyantun Unnes yang juga Wakil Ketua DPR RI Dr Ir Agus Hermanto MSi dan Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Prof YL Sukistiyarno PhD.

Pertamina Foundation telah menyatakan minatnya mengembangkan hutan wisata Gunung Ledek. Melalui dana Corporate Social Responsibilty (CSR), mereka tertarik mengembangkan lahan seluas 70 hektar itu menjadi hutan pendidikan.

Menurut Direktur Eksekutif Pertamina Fundation Umar Fahmi, pihaknya tertarik karena strategisnya lokasi Gunung Ledek yang dimiliki Universitas Negeri Semarang.

Menurutnya, lahan terletak di kawasan yang sangat strategis sebagai area resapan. Jika dikembangkan, ia yakin Gunung Ledek akan berkontribusi baik dalam siklus hidrologi Kota Semarang.

Selain itu, sebagai perusahaan yang menghasilkan karbon, Pertamina berupaya memberikan kompensasi dengan menanam sebanyak mungkin pohon.

“Kami sendiri telah memiliki program menanam seratus juta pohon. Angka itu kami nilai masih kurang. Oleh karena itu ada gagasan supaya dijadikan 1 miliar,” katanya.

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman MHum berharap, kerja sama pengembangan Gunung Ledek akan memberi manfaat luas.

“Selain bermanfaat secara ekologis, nanti harus kita arahkan agar bermanfaat bagi dunia pendidikan. Masyarakat luas juga dapat menikmati hutan ini sebagai sarana hiburan maupun pendidikan,” katanya.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 923 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X