Mempersiapkan Generasi Emas Melalui Pendidikan

Rabu, 21 September 2016 | 18:45 WIB


Mempersiapkan Generasi Emas Melalui Pendidikan
(Humas/doc)

Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Unnes (Universitas Negeri Semarang) selenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dengan tema “Transformasi Pendidikan Ekonomi Menyongsong Generasi Emas” di Gedung baru Fakultas Ekonomi Unnes kampus Sekaran, Selasa (20/9).

Acara dihadiri oleh mahasiswa, dosen, guru, dan praktisi pendidikan ekonomi dari Universitas Siliwangi, STKIP PGRI Jombang, Universitas Jambi, UMS Surakarta, UNS Surakarta, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Universitas Jenderal Soedirman, IKIP Veteran, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Negeri Semarang.

Hadir sebagai pembicara Prof Drs Suyanto MEd PhD Guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Suyatno menyampaikan bahwa tujuan pendidikan nasional harus mengandung sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Sikap spiritualnya adalah beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sikap sosialnya adalah berakhlak mulia, sehat, mandiri, dan demokratis, serta tanggungjawab. Pengetahuannya adalah berilmu. Selanjutnya keterampilannya adalah cakap dan kreatif.

Suyatno juga menyampaikan bahwa generasi emas adalah SDM (Sumber Daya Manusia) yang usia produktifnya melimpah. SDM tersebut merupakan SDM yang memiliki kompetensi unggul dan memiliki daya saing yang kuat. Kemudian transformasi yang paling tepat dengan cara meningkatkan kwalitas pendidikan sebagai modal pembangunan.

Dekan Fakultas Ekonomi, Dr Wahyono MM dalam sambutannya menyampaikan seminar pendidikan ekonomi adalah seminar yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Selain seminar nasional, juga diselenggarakan call for paper dan lomba media pembelajaran inovatif bagi guru ekonomi pada SMA, SMK, MA, dan SMP tahun 2016.

Juara pertama lomba media pendidikan ekonomi adalah Farida (Kendal), Triawati Agustina (Purbalingga), dan Samrin (Rembang). Sedangkan best paper adalah Edi Fitriana Afriza dari Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 450 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X