Unnes Tawarkan Jalur Prestasi untuk Para Hafiz

Rabu, 6 Januari 2016 | 12:00 WIB


Unnes Tawarkan Jalur Prestasi untuk Para Hafiz
Humas/Dok

Melalui jalur prestasi, Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan menerima siswa yang memiliki bakat istimewa. Salah satunya adalah siswa penghafal Al-Quran atau hafiz. Melalui jalur ini, siswa yang hafiz dapat diterima di Unnes tanpa tes.

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman MHum berpendapat, kemampuan siswa menghafal Al-Quran sudah membuktikan bahwa mereka adalah siswa cerdas. Dengan demikian, mereka tidak perlu lagi dites kecerdasannya.

“Allah telah menjanjikan untuk mengangkat derajat manusia yang berilmu. Para hafiz adalah anak-anak yang berilmu dan memiliki bakat istimewa. Unnes ingin anak-anak dengan bakat istimewa itu mendapat fasilitas melanjutkan pendidikannya,” katanya saat berkunjung ke Pondok Pesatren Modern Islam (PPMI) Assalam, Surakarta, beberapa waktu yang lalu.

Ia menambahkan, sebagai rumah ilmu, Unnes menghargai siapa pun yang memiliki komitmen mengembangkan ilmu pengetahuan. Bukan hanya ilmu pengetahuan modern, kampusnya sangat menghargai siswa yang memiliki ilmu dalam bidang agama.

“Komitmen Unnes sebagai Rumah Ilmu adalah menjadi pengembang peradaban unggul. Siswa penghafal Al-Quran adalah anak muda yang memiliki keunggulan. Bakat mereka harus difasilitasi agar terus berkembang,” lanjutnya.

Selain bagi hafiz, ia juga mengundang siswa yang memiliki bakat dalam bidang seni, olahraga, atau sains untuk belajar ke Unnes melalui jalur prestasi. Mereka diharapkan melampirkan bukti-bukti prestasi kepada panitia penerimaan mahasiswa baru. Setelah itu, mereka akan diwawancara.

Jalur prestasi adalah bagian dari seleksi mandiri yang diselenggarakan Unnes pada penerimaan 2016. Selain jalur mandiri, Universitas Konservasi ini juga akan menerima mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Rektor juga mengungkapkan bahwa SNMPTN dibuka khusus bagi siswa yang lulus pada tahun 2016. Panitia melakukan seleksi dengan nilai rapor yang diinput sekolah melalui Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS).

“Kalau SBMPTN, seleksi dilakukan secara tertulis. Untuk bidang olahraga dan kesenian, selain tertulis juga ada tes praktik,” katanya.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 31.282 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

11 komentar pada “Unnes Tawarkan Jalur Prestasi untuk Para Hafiz

  1. Alhamdulilah. Program yang sangat bagus dan tentu saja sangat menggembirakan bagi para santri penghafal Al Qur’an yang telah lama menanti agar dapat kuliah di UNNES.

  2. Alhamdulillah, jazakumullah khairan katsiran, pak Rektordan jajarannya. Semoga UNNES semakin ditolong Allah untuk menjadi universitas unggulan karena mau menolong para ahlullah (para penghafal AlQuran).

  3. ALQUR’AN JALAN KEBERKAHAN

    Penerimaan mahasiswa tanpa tes bagi para hafidz adalah sebuah terobosan yang sangat tepat dan simpatik.

    Para hafidz adalah para penjaga wahyu. Al-Qur’an keotentikannya terjaga sepanjang zaman salah satunya adalah karena adanya orang-orang yang hafal Al-Qur’an (hafidz). Mereka adalah orang-orang luar biasa yang telah menempuh tempaan spiritual yang luar biasa. Menghafal dan mempertahankan hafalan Al-Qur’an tidak hanya menuntut kedisiplinan tinggi dalam belajar dan terus berlatih (muroja’ah) tetapi juga kebersihan hati dan ketekunan ibadah.

    Para hafidz tersebut sekarang diundang untuk belajar di rumah ilmu, universitas konservasi. Insya Allah, ini akan menjadi jalan keberkahan untuk Unnes.

    Terima kasih, Bapak Rektor. Semoga Allah SWT melimpahkan keberkahan kepada Bapak dan kepada Unnes. Amin

  4. alhamdulillah pak rektor, kini hafiz quran diberi kemudahan menimba ilmu di unnes, sedikit saran pak, teruntuk hafizh yang sudah diterima, jangan lupa di test terus hafalan quran nya, takutnya setelah kuliah malah kececeran itu qurannya. terima kasih, semoga tambah barokah nggih :)

  5. Mohon bantuannya saya punya putri tamat SMA 2017 hafidz 30 juz bisa masuk FK UNES nggih, terima kasih sebelumnya semoga kita semua termasuk ahlul qur’an

  6. Suatu penghargaan bagi para Hafiz.Saya yakin mereka itu orang2 yang cerdas.Sdh selayaknya memperoleh kemudahan akses utk belajar di universitas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X