Malam Ini, Prof Sudijono Bicara Geliat Seni di Unnes

Senin, 1 April 2013 | 10:36 WIB


Malam Ini, Prof Sudijono Bicara Geliat Seni di Unnes
SETYO YUWONO/HUMAS

Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo menyerahkan tokoh wayang Permadi kepada Ki Anom Suroto, sesaat sebelum pergelaran wayang kulit memeringati Dies Natalis ke-48 Unnes, Sabtu (30/3).

Rektor Universitas Negeri Semarang  (Unnes) Sudijono Sastroatmodjo bakal membabar geliat kesenian di kampus yang selama 2 periode ia pimpin ini, Senin (1/4), pukul 19.30 WIB di serambi auditorium Unnes Sekaran.

Koordinator kegiatan Indrawan Nur Cahyono mengungkapkan, Sudijono akan berbicara dalam Sarasehan Selasa Legen ke-42. “Atas prakarsa Pak Rektor, sarasehan ini  rutin digelar tiap bulan di Universitas Konservasi,” ujarnya.

Indrawan mengatakan, pada tiap acara formal maupun non-formal di kampus Sekaran, kesenian hampir tidak pernah absen. “Sajian karawitan dan tari telah menyatu dalam acara-acara resmi,” katanya.

Semenjak mendeklarasikan diri sebagai Universitas Konservasi, bidang seni dan budaya telah mencapai banyak hal. “Di antaranya mendelegasikan tim kesenian karawitan dan tari ke Prancis, memberikan pelatihan tari di Singapura, dan pentas keroncong di Thailand,” kata Indrawan.

Hal tersebut selaras dengan salah satu pilar penyangga konservasi, yaitu konservasi budaya. Prinsip pendokumentasian, pelestarian, dan pengembangan secara konsisten digalakkan di perguruan tinggi eks IKIP ini.

Selain pria kelahiran Pacitan 15 Agustus 1952 ini, dalang sepuh dari Purworejo Ki Sutarko akan menyuguhkan wayang padat dengan lakon Wahyu Keprabon.

“Sarasehan terbuka untuk umum dan juga menyuguhkan sajian kesenian karawitan, tari, dan macapat oleh mahasiswa Unnes,” katanya seraya menambahkan, kabar ini sekaligus undangan.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.630 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X