Mahasiswa Teknik Buat Batik Motif Tugu Konservasi

Selasa, 11 Desember 2012 | 10:46 WIB


Mahasiswa Teknik Buat Batik Motif Tugu Konservasi

Mahasiswa Fakultas Teknik Pogram Studi Teknik Jasa Produksi (TJP) tahun ajar 2010 menggelar karya karya mereka dalam pameran batik. Acara yang mengusung tema “Tradisi Cantingku dalam Batik Konservasi” itu dihelat Senin, (10/12) dan Selasa, (11/12) di halaman gedung Perpustakaan Unnes kampus Sekaran Gunungpati. Berbagai batik karya mahasiswa dipamerkan di acara yang menjadi agenda tahunan jurusan tersebut, mulai dari batik jumputan, motif pohon, motif sawah, motif hewan, gerbang Unnes hingga tugu konservasi Unnes.

Pembantu rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Masrukhi M.Pd ketika membuka acara mengaku sangat bangga melihat batik batik hasil karya mahasiswa TJP. “Melihat hasil karya TJP ini, saya berharap Unnes dapat memberikan ruang khusus bagi para mahasiswa untuk menggelar karya karya mereka. Terlebih lagi, beberapa motif batik buatan mahasiswa sangat ikonik seperti gerbang Unnes dan tugu konservasi,” katanya.

Selain memamerkan batik, mahasiswa juga membuka pelatihan membatik bagi para pengunjung pameran, fashion show hasil karya mahasiswa, dan sajian musik. Kegiatan ini merupakan mata kuliah desain tekstil dimana mahasiswa diwajibkan untuk membuat desain dengan bahan kain.

Angelica, mahasiswa asal Belanda yang mengikuti program darmasiswa Unnes tahun 2012, mengaku senang dan tertarik mengunjungi pameran tersebut. Tak hanya melihat-lihat batik yang dipamerkan, Angelica juga mencoba membatik diatas sehelai kain yang telah disediakan oleh panitia lengkap dengan canting dan “malam” cairan yang digunakan untuk membatik. “I’m very happy, its so amazing katanya, sambil tersenyum”.

Dekan Fakultas Teknik Drs Harlanu M.Pd, mengungkapkan sangat senang melihat hasil karya mahasiswanya. “Saya bangga memiliki mahasiswa yang kreatif, dan saya berharap melalui kegiatan ini mahasiswa TJP bisa menjadi unit produksi untuk cindera mata khas Unnes,” katanya.


DIUNGGAH : Riki Arswendi Dibaca : 34.422 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

3 komentar pada “Mahasiswa Teknik Buat Batik Motif Tugu Konservasi

  1. salut, salah satu generasi penerus bangsa mamang seharusnya mengaplikasikan ilmu dengan kebudayaan-kebudayaan Indonesia, agar kebudayaan tidak semakin di tinggalkan :)

  2. Batik “Semarangan” dengan gambar kawasan Unnes, akan menambah ragam corak apalagi dikerjakan oleh orang-orang yang hebat dari TJP FT Unnes. Jaga kualitas dan ketersediaan produksinya agar menjadi usaha kreatif, sehingga bisa diusulkan ke program unggulan dikti: IbIKK…., sukses TJP FT Unnes.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X