Mahasiswa PPs Unnes Praktik Supervisi

Rabu, 22 Mei 2013 | 10:47 WIB


Mahasiswa PPs Unnes Praktik Supervisi
Heni Purwono/PPs

Sebanyak 48 mahasiswa S-2 Beasiswa Kepengawasan Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (PPs Unnes) melakukan praktik supervisi di sepuluh sekolah negeri di Semarang, Senin-Jumat (20-24/5).

Praktik kepengawasan tersebut merupakan bagian dari peningkatan kompetensi pengawas dan calon pengawas sekolah bagi mahasiswa PPs. Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah latihan bagi mahasiswa PPs agar nantinya mereka mampu melakukan supervisi ketika sudah lulus.

Sekretaris Program Studi Manajemen Pendidikan PPs Unnes Dr Titi Prihatiningsih MPd mengatakan dengan program praktik ini diharapkan mampu membekali mahasiswanya untuk menemukan formula supervisi yang tepat.

“Dengan praktik ini, mahasiswa dapat mengimplementasikan apa yang sudah dipelajari di perkuliahan sehingga mereka tidak gagap nantinya ketika terjun di lapangan” ujar Titi.

Salah satu peserta yang melakukan praktik di SMA Negeri 12 Semarang Karyono mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat baginya.

“Dengan praktik ini, kita jadi tahu tantangan dan hambatan menjadi seorang pengawas sekolah. Namun dengan bekal perkuliahan yang sudah kami terima, semua dapat kami atasi, meskipun perlu banyak improvisasi di lapangan” jelas Karyono.

Sementara itu, Direktur PPs Unnes Prof Dr Samsudi MPd berharap setelah program ini selesai, mahasiswa dapat mengamalkan ilmunya di daerah masing-masing.

“Dengan aneka program pembekalan yang kami lakukan, saya berharap nantinya Pemda dapat memakai lulusan S-2 Kepengawasan Unnes agar ilmu yang mereka miliki dapat digunakan untuk membantu Pemda meningkatkan kualitas pendidikan di daerah melalui tindakan kepengawasan” ujar Samsudi.

Heni Purwono


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 1.294 kali
EDITOR : Agestia Putri Nusantari

satu komentar pada “Mahasiswa PPs Unnes Praktik Supervisi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *