Mahasiswa, Milikilah Ekspektasi Tinggi

Senin, 22 Juli 2013 | 20:41 WIB


Apa pesan Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum kepada Agus Widodo, Mahasiswa Berprestasi Unnes yang baru saja menjadi juara III Mahasiswa Berprestasi Nasional? Selain menyampaikan selamat dan rasa bangganya, profesor Sosiolinguistik ini berharap Agus tak berpuas diri. Ia berharap Agus menyiapkan diri menghadapi tantangan selanjutnya.

“Ekspektasi sangat mempengaruhi prestasi. Mahasiswa harus punya ekspektasi diri yang tinggi. Karena ekspektasi yang tinggi bisa jadi sumber energi untuk terus belajar dan berkarya,” katanya, Senin (22/7) siang tadi.

Tak hanya kepada Agus, Rektor berharap mahasiswa Unnes lainnya punya ekspektasi tinggi. Menurutnya, usia mahasiswa yang relatif masih muda memungkinkan mereka meraih apa pun yang dicita-citakan. Kemungkinan selalu terbuka bagi mereka yang punya cita-cita.

“Setiap orang punya keunggulan masing-masing. Tak perlu ahli di semua bidang, jadlah ahli di satu bidang yang Anda sukai,” lanjutnya.

Di acara yang sama, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Masrukhi MPd mengungkapkan, pembinaan mahasiswa dilakukan untuk membangun kecerdasan sekaligus karakter. Karakter dibentuk dengan berbagai pendekatan, mulai spiritual, seni, hingga olahraga. Di Unnes tersedia lebih dari 56 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk menampung aktivitas mahasiswa dengan beragam minat.

Agus Widodo terpilih sebagai juara 3 seleksi mahasiswa berprestasi tingkat nasional Sabtu (20/7) kemarin. Dari 144 mahasiwa dari seluruh Indonesia yang mengikuti kompetisi ini Agus berhasil menjadi finalis bersama 14 mahasiswa lainnya. Di babak final berhasil menjadi juara 3, di bawah Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI).

Agus bukan mahasiswa Unnes pertama yang “bersinar” di kompetisi itu. Jauh hari sebelumnya ada Eko Haryanto, mahasiswa Unnes yang berhasil menjadi juara II Mahasiswa Berprestasi Nasional. Di bidang seni, olahraga, dan penelitian puluhan mahasiswa lainnya juga menorehkan prestasi yang tak kalah membanggakan.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 2.969 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

2 komentar pada “Mahasiswa, Milikilah Ekspektasi Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X