KKN Unnes Gelar Kuda Lumping di Pakintelan

Senin, 2 Desember 2013 | 10:31 WIB


KKN Unnes Gelar Kuda Lumping di Pakintelan
HUMAS/DOC

Sebanyak 15 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif Tahap II Universitas Negeri Semarang (Unnes) Kelurahan Pakintelan menggelar jalan sehat dan pentas kuda lumping Langen Sidodadi bersama masyarakat, Minggu (1/12), di lapangan Kelurahan Pakintelan, Gunungpati Semarang. Tak kurang dari 300 warga ambil bagian.

Acara dihadiri Camat Gunungpati Bambang Pramusinto, Lurah, dan perangkat kelurahan serta dosen pembimbing lapangan KKN. Kegiatan itu merupakan inisiatif mahasiswa KKN bersama masyarakat sebagai komitmen dalam mengembangkan potensi dan melestarikan budaya lokal.

Terbentuknya Paguyuban Kuda Lumping merupakan bagian dari Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) Pakintelan. Selain itu, upaya tersebut merupakan pengabdian mahasiswa KKN Unnes sekaligus wujud konservasi budaya.

Keberadaan Paguyuban Kuda Lumping Langen Sidodadi diresmikan Camat Gunungpati dengan pemukulan gong dan penyerahan secara simbolis plang sekretariat Kuda lumping.

Menurut Bambang Pramusinto, KKN sangat membantu pelestarian budaya lokal Pakintelan pada khususnya dan menambah khazanah kebudayaan Kecamatan Gunungpati. “Ke depan Kecamatan Gunungpati akan mengembangkan potensi-potensi budaya dan alam dalam satu kesatuan kecamatan wisata,” ujarnya

Dia juga berharap Paguyuban Kuda Lumping Langen Sidodadi bisa terus eksis sebagai wisata unggulan Kecamatan Gunungpati. Selain itu, warga lainnya bisa mendukung pengembangan kebudayaan-kebudayaan lokal agar dapat selalu lestari serta mendapatkan manfaat secara ekonomi.

Zamroni kormades Tim KKn Unnes Pakintelan mengatakan, pementasan kuda lumping dengan diiringi oleh musik tradisonal, ternyata dirindukan oleh warga, mereka merindukan kesenian yang dulu pernah ada. “Warga berharap agar kesenian Kuda Lumping di Kelurahan Pakintelan dapat langgeng,” papar Zamroni.

Kiriman: Zamroni


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 1.750 kali
EDITOR : Rohmawati

6 komentar pada “KKN Unnes Gelar Kuda Lumping di Pakintelan

  1. terima kasih sudah mempublikasikan konservasi budaya dari tim KKN Mahasiswa Unnes Pakintelan untuk Masyarakat dan Indonesia :) semoga posdaya Langen Sidodadi bisa terus lestari dan bermanfaat.. Salam Konservasi :)

  2. Insya Allah KKN alt di Kelurahan Jatibarang tgl 8 desember juga ikut menggalakakkan pentas budaya melalui pentas tari jaran eblek dan tari semarangan oleh anak-anak SD yang di meriahkan dengan jalan sehat berhadiah, mhon doanya ya.. salam konservasi…

  3. yg punya ftonya please upload mbak” yg kmren
    makasih sudah d sebarkan kbar adanya paguyuban langen sidodadi d pakintelan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *