Mahasiswa BK Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Kunjungi Jurusan BK UNNES

Selasa, 13 Desember 2016 | 9:33 WIB


Mahasiswa BK Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Kunjungi Jurusan BK UNNES
HUMAS/DOK

Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Jumat, 9 Desember 2016 berkunjung ke Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (FIP UNNES).

Kegiatan ini dalam rangka mengakhiri masa kepengurusan Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan tahun 2016.

Rombongan dipimpin Irfan Budi Handaka MPd didampingi Ariadi Nugraha MPd menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk silaturahim, memantapkan rencana kerjasama, ingin mengetahui pelayanan akademik, pengembangan laboratorium, dan kegiatan kemahasiswaan.

Sekretaris Jurusan BK FIP UNNES Kusnarto Kurniawan menyampaikan, UNNES sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional menerapkan berbagai sitem semuanya on line untuk pelayanan akademik maupun kemahasiswaan.

Dikatakan pula, bahwa Jurusan BK FIP UNNES mempunyai Program Studi S1, Pendidikan Profesi Konselor, dan Pendidikan Profesi Guru Bimbingan dan Konseling Sarjana Mendidik Terdepan Terluar Tertinggal (PPGBK SM3T).

Kemudian, S1 BK FIP UNNES menerapkan Kurikulum UNNES 2008 yang disempurnakan untuk angkatan 2010-2011, Kurikulum UNNES 2012 (Berbasis Kompetensi dan Konservasi) untuk angkatan 2012-2014, dan Kurikulum UNNES 2015 (Sesuai SN Dikti Berciri Konservasi) untuk angkatan 2015-2016.

Zakki Nurul Amin Teknisi Laboratorium saat memaparkan pelayanan menyampaikan, laboratorium BK FIP UNNES juga mengelola perpustakaan jurusan. Laboratorium BK FIP UNNES melayani kegiatan akademik mahasiswa dan dosen. Pelayanan konseling terutama untuk mahasiswa dilayani dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Juga memberikan pelayanan tes untuk umum dan upgrading terutama untuk alumni yang sudah bekerja pada setting sekolah dan komunitas. Kegiatan trauma hilling maupun konseling krisis bagi yang membutuhkan juga dilayani.

Ketua Himpunan Mahasiswa (HIMA) BK FIP UNNES Rizak memaparkan kegiatan-kegiatan HIMA, DPMJ, dan komunitas-komunitas yang ada di Jurusan BK FIP UNNES. Komunitas yang ada di Jurusan BK ada dua yakni komunitas ilmiah dan komunitas non ilmiah.

Komunitas ilmiah diantaranya CEC (Counseling Education Community), dan BEC (Be English Club). Sedangkan komunitas non ilmiah yakni Conscious (sinematografi), B’coustic (musik akustik), Bikonspala (pecinta alam), Lentera (puisi), dan GC Sport (olah raga).

Diakhir paparan Rizak menjelasakan tentang mekanisme kegiatan, pelaporan, serta anggaran.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 223 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *