Mahasiswa Bidikmisi Dilatih Menulis PKM

Sabtu, 5 April 2014 | 14:06 WIB


Mahasiswa Bidikmisi Dilatih Menulis PKM
LAILA/HUMAS

Sejumlah mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi antusias mengikuti pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis Artikel Ilmiah (PKM GT-AI).

Mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Semarang (Unnes) dilatih menulis Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis Artikel Ilmiah (PKM GT-AI), di auditorium kampus Sekaran, belum lama ini. Pelatihan merupakan salah satu acara dalam kegiatan rutin monitoring dan evaluasi yang digelar dua kali dalam setahun.

Budi Prasetyo, salah satu pemateri dalam pelatihan itu mengungkapkan jika dalam menulis biasanya mahasiswa kesulitan menentukan topik yang akan dibahas. “Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menemukan topik, yaitu menulis bebas, pemetaan konsep, dan menulis berdasarkan kaidah 5W+1H,” kata dia.

Kaidah 5W+1H, dia menjelaskan, adalah kaidah dasar yang diberlakukan dalam ragam bahasa jurnalistik, yakni what, who, when, where, why, dan how.

Kegiatan monitoring yang terbagi dalam dua tahap ini diikuti mahasiswa Bidikmisi angkatan 2011 dan 2012.  Selain diisi dengan kegiatan pelatihan PKM GT-AI, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Unnes juga melakukan sosialisasi pemilihan umum.

Seperti pernah dikabarkan, mahasiswa Unnes yang tidak pulang ke kampung halaman pada 9 April tetap dapat menggunakan hak suaranya di sekitar kampus. Bagi mahasiswa di kampus Sekaran, BEM KM memfasilitasi mahasiswa mencoblos di sekitar kelurahan Sekaran dan Patemon.


DIUNGGAH : Nur Laila Sofiatun Dibaca : 1.826 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

2 komentar pada “Mahasiswa Bidikmisi Dilatih Menulis PKM

  1. Semakin hari Unnes bergerak semakin maju, tidak hanya mahasiswa reguler mahasiswa bidikmisi pun juga dibekali buat PKM

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *