Mahapala Motor Penggerak Konservasi

Rabu, 19 Januari 2011 | 17:14 WIB


Sebanyak 28 calon anggota baru Mahasiswa Pencinta Alam (Mahapala) Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) angkatan XXXI tahun 2011 selama sebelas hari (19-29/1), di  kampus Unnes dan Gunung Ungaran.

”Selama ini Mahapala sudah menunjukkan kiprah dan prestasinya. Sungguh sangat membanggakan bagi Unnes. Mahapala merupakan motor penggerak konservasi dengan menunjukkan sikap cinta kepada lingkungan, peduli kepada sesama, dan menggunakan alat sesuai dengan kebutuhan,” kata Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) Dr Masrukhi MPd saat memberi arahan pada pembukaan diklat di halaman  Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas (PKMU) kampus Sekaran, Rabu (19/1).

”Prestasi yang pernah ditorehkan adalah tahun 2009 aktivis Mahapala mendaki Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Afrika Selatan. Jarang sekali mahasiswa mahasiswa yang mampu mendaki gunung ini. Insya Allah tahun 2011 ini Mahapala akan mendaki Gunung Elbrus yang memiliki ketinggian 5.642 meter di Rusia,” kata Dr Masrukhi.

Muhammad Syafii selaku ketua panitia, mengatakan diklat ini merupakan tahapan terakhir untuk menjadi anggota Mahapala meliputi materi lingkungan hidup, search and rescue(SAR), mountaineering, EQ, dan IQ, jungle tracking, survival individu, survival murni kelompok, navigasi, dan naik ke Gunung Ungaran,” katanya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 15.563 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

80 komentar pada “Mahapala Motor Penggerak Konservasi

  1. hum, temen2 semua, sudah saatnya kita membenahi diri masing2…semua omongan gak akan ada gunanya tanpa tindakan nyata…kalau kita yakin benar, kenapa gak kita lakukan? nggak perlu mengurusi orang lain, yang harus dipikirkan adalah gimana cara kita untuk melakukan hal2 yang penting. dan konservasi itu bukan cuma konservasi masalah pohon dan sebagainya, tapi konservasi moral justru lebih penting. nggak ada yang salah dalam hal ini.

  2. emmm^^

    salam lestari,,,,,!! ^^

    itu ja

    (gag pengen nmbahin apa2 ntar malah tmbh semrawut)

    satu kali lg……..
    SALAM LESTARI!!!^^

  3. wah2…………
    mahapala vs mapala UNNES (fakutas & jurusan)
    seru2………………
    sek menang ngendi yow ketok’e kalah kabeh
    >mahapala terlalu sombong
    >mapala unnes dah mlenceng dari azas2 PA
    seng menag yang mempunyai jiwa pencinta alam sejati sopo aq
    aq dewe yow bingung
    golek’i wea neg gone bah google

  4. aduuhh..mas2 dan mbak2..dari pada ngurusin kegiatan orang lain yang gak penting..mendingan kita (pecinta alam) yang kiranya bukan dari MAHAPALA …tahun ini lebih giat mewujudkan konservasi di tingkat fakultas masing…sekalian biar pak rektor yang terhormat dan dosen2 tahu bahwa tidak cuma MAHAPALA aja yang jadi penggerak motor konservasi UNNES…mapala fakultas.. salam LESTARI..!!!

  5. BELAJAR MENANGGAPI BUKAN BEREAKSI TERHADAP SITUASI HIDUP. JD INTINYA,,,,,,,, KOMEN2 DIATAS ADALAH REAKSI BUKAN MENANGGAPI……JADI TANGGAPILAH SEGALA SESUATUNYA DENGAN POSITIF, ALANGKAH INDAHNYA DUNIA KALO KITA SEMUA BERPIKIRAN POSITIF…….

  6. itu pihak pihak yang sudah menyinggung organisasi, jika tidak senang ya silahkan saja tapi jika mau menjelek jelekkan sesuatu langsung saja ke sekretariat mahapala dengan adu argumentasi langsung sehingga segala perkataanya dapat dipertanggung jawabkan……jangan omong omong dengan nama samaran dan identitas yang tidak jelas di sini jadinya malahan membuat kacau…saya sedikit tau tentang oraganisasi kemahasiswaan dan organisasi kepencintaalaman, jadi saya tau betul Mahapala dan Organisasi PA yang ada di UNNES. Yang saya tahu Mahapala Itu adalah organisasi yang menampung bakat dan minat “seluruh mahasiswa” Unnes di bidang kepencintaalaman dan lingkungan, sehingga jangan memaksa mahapala menjadi mediator PA di UNNES (yang coment diatas sana)…kan mahapala di buka untuk Mahasiswa UNNES…jadi kalo masalah idealisme ndak usah protes..setiap organisasi itu punya idelisme sendiri sendiri..yang coment masalah idealisme itu disuruh saja “masuk MAHAPALA”, biar nanti bisa merubah mahapala secara oragnisasi. karena kata temen saya yang anak mahapala di sana ada rapat yang membahas organisasi secara keseluruhan. Kenapa sulit..coment coment negarive saja bisa nya tapi tidak prosedural. Jangan mencampur adukkan kesyirikan Organisasi dengan Konservasi UNNES. Ya..pesen saya yang coment negativ itu langsung saja datang ke MAHAPALA agar segala perkataannya bisa dipertanggung jawabkan…takutnya malahan membuat WEB UNNES ini jadi jelek.

  7. salut buat mahapala deh…
    maaf, lo jika komentarku sebelumnya agak menyinggung,
    akan tetapi bukan hal tersebut yang saya tanggapi..
    yang saya tanggapi adalah komentar dari PR3 yang seakan-akan sempit pikiran jikalau terhadap kebanggaan universitas hanya bisa diangkat dengan kegiatan outbond dan mendaki gunung-gunung tiinggiii…!!!!
    seharusnya walaupun unnes sudah mencanagkan universitas konservasi, akan tetapi goals dari setiap kegiatan haruslah berpijak pada tri dharma perguruan tinggi yang salah duanya adalah penelitian dan pengabdian masyarakat…
    menurut saya, untuk memajukan universitas maka benahi dan majukan kualitas akademiknya..
    institusi pendidikan tinggi harusnya memiliki dan membiasakan mahasiswanya untuk senatiasa berfikir kritis terhadap fenomena dan keadaaan sosial…
    sehingga diharapkan dengan nuansa akademis yang demikian tentu universitas tercinta ini akan semkain maju dan berkembang..,,,dan hal tersebut tidak mudah luntur pamornya..
    sehingga tidalh mengherankan jikalau universitas menganggarkan dana yang besar untuk kegiatan ukm yang berlandaskan akademik, misalanya ukm penelitian baik di tingkat universitas maupun di tingkat fakultas maupun di tingkat jurusan jika memang ada…
    hehehehehehehehedhehheheheh
    berikutnya luaran dari penelitian tentunya harus ada pelaporan yang dibukukan dan penyebaran informasi ke khalayak umum baik melalui seminar maupun jurnal.
    dengan demikian rangking universitas akan meningkat dengan sendirinya tidak hanya dalam satu versi saja(webometric yang berdasar aktivitas webnya ) tetapi memang karena kualitas akademiknya…!!!!
    !!!!!!
    salam spirit and action
    maju bergerak dan berkarya…!!!
    amieeennnnnnn…..

  8. assalam semuanya… jadi menarik pembahasannya….

    setiap individu dalam forum ini memiliki sudut pandang yang obyektif terhadap permasalahan, masih beberapa yang bersudut pandang subyektif mengenai permasalahan ini. biarlah MAHAPALA bertindak dengan caranya, dan temen-temen PA yang lain juga bertindak dengan caranya masing-masing. yang terpenting esensi dari KONSERVASI yang telah Kampus kita kumandangkan bisa kita realisasikan bersama. dengan mengenyampingkan pandangan dan penilaian subyektif kita. tak perlu saling berdebat dan menjatuhkan. toh kita tak pernah tahu secara langsung internal masing-masing PA yang ada. setiap MAPALA memiliki dasar dan alasannya sendiri untuk bertindak seperti itu, tinggal bagaimana kita bisa menghargai pilihan dan dasar yang telah mereka yakini tanpa perlu saling menggunakan EGO dalam berpendapat…..
    salut dan semangat Buat semua usaha saudara MAHAPALA….
    salut dan semangat pula Buat niat bagus temen OPA Fakultas dan Jurusan…….

    keep spirit,
    save our nature
    sala lestari…..

  9. saya rasa komen2 terakhir mulai benar adanya. kita adalah mahasiswa. kekuatan yang kita miliki adalah kekuatan idealisme. dan wujudnya bisa bermacam-macam. itulah yang namanya kreativitas. dengan idealisme inilah kita bisa melakukan banyak hal, bahkan hal-hal besar untuk mewujudkan idealisme tersebut. idealisme kita akan bentuk kampus konservasi lah yang membuat kita mendukung hal tersebut dengan kegiatan2 yang belum ada atau belum dilaksanakan oleh organisasi lain sesuai dengan jalur masing2. ketika jalur kita tidak searah, tetaplah saling mendukung dan mengingatkan. tentunya dengan cara yang baik dan benar. karena kita satu, UNNES. tak usah berdebat mana yag benar dan mana yang salah. bukankah ada seribu jalan untuk ke Roma?
    jadi, mari berkarya sesuai bidang masing2. dan, perlu pula diingat, semakin tinggi pohon, semakin kencang angin yang menggoyang. akan selalu ada halangan, rintangan dan godaan dalam melakukan kegiatan. maka tetap berkacalah pada dasar2 organisasi, untuk memperkuat akar pohon agar tidak tumbang..
    Salam Lestari
    Salam Konservasi

  10. emh..
    cuman mau bilang. jangn menyalahkan siapapun.semua 1 tujuan untuk mewujudkan konservasi,namun dengan cara yg berbeda-beda,perbedaan itu indah. mari perbeda an ini kita jdkn suatu alat untuk mewujudkan knservasi,bukan d jadikan sbg ajang menjelek jelekkan organisasi.
    SALUT BUWAT MAHAPALA DAN MAPALA2 DI UNNES. BERSATU KITA TEGUH BERCERAI KITA RUNTUH.

    SALAM KONSERVASI

    SALAM LESTARI

    UNTUK UNNES TERCINTA

  11. Bener apa kata pepatah,”Semakin tinggi pohon maka semakin besar angin yang menerpanya”.
    Jangan gentar adik2u,Teruslah berjuang kibarkan bendera MAHAPALA.ga usah hiraukan anjing menggonggong…,

    Buat temen2 yg ga suka dengan tulisan ini yang mungkin belum tahu kenapa unnes bisa menjadi unnes konservasi seperti sekarang ini ga usah banyak omong dan banyak komentar yg ga enakin disini.
    kalo berani mari kita duduk satu meja, mungkin sedikit banyak saya bisa menceritakan dan memberikan bukti.
    kalo ga tahu ga sah banyak omong dan hanya berani dari belakang saja.
    terimakasih……………,

  12. waw………, ko rameeeeeeee…mper ya,
    memang yang mendahului adanya konservasi di unnes dilihat dari kenyataanya memang MAHAPALA, dan sekarang alhamdulillah sudah berkembang pesat di UNNES, dan UNNESpun jadi Universitas KOnservasi, yang kita bersama bisa nikmati manfaatnya sekarang dan seterusnya,
    sejalan berkembangnya Unnes Konservasi pastinya berkembang juga organisasi yang bergerak di bidang konsevasi, ada MAHAPALA, GC, dan mapala2 fakultas lainya…., bok yao jangan saling adu PEDAS begitu, kalo kita bersatu kan Unnes konsevasi makin maju…ya ga sih? kalo saling adu PEDAS kaya begini kan bisa2 jadi perang sodara…., ga lutcu ah
    …………
    saya akui teman2 mahapala memang luar biasa, saya saja sampai geleng kepala, mungkin hanya sedikit orang yang memahami, karena biasanya orang cepat menilai sesuatu dari keburukanya, Mereka bisa mencapai puncak tertinggi DUnia……..its ok.,,,,,,prestasi yang membanggakan, jujur saja kadang saya iri dengan teman2 mahapala, tapi saya akui itu kemampuan anak2 mahapala. Mungkin kalo teman2 dari mapala fakultas dan teman2 yang lain bisa mengharumkan nama UNNES di dunia internasional merasa bangga kan…?,
    ya lebih baik kita belajar untuk yang lebih baik dan bersainglah secara sehat….,
    dan untuk mahapala yang punya angkatan baru…, adek2nya di didik secara benar…., jangan sampai merekla lupa daratan atas prestasi yang telah diraih mahapala, karena saya yakin mereka belum tau apa2, prestasi yang mahapala perolh adalah warisan dari senior kan?, kadang saya tidak suka kalo ada bocah cilik kementus….

  13. gn ja jgn pd adu argumen d sini dh,prcma klo cmn omong2 doang.
    buat MAHAPALA bktikan dong,kalo klian itu kncervtionis klian kn sudah d dkung oleh dana bsr dr unnes. bktikan scra nyta,untuk hari ini,besok,dst. tdk ush trllu bangga dgn keberhasilan senior2kalian. hari ini ya hari ini,dulu ya dulu.
    BUWAT MAPALA2 jg sama,jgn omongannya doang yg d gede2in,tp tak berisi sm sekali, cb tnjkkn slh1 mapala yg bnr2 terjun lngsung k lpngn untuk knsrvsi unnes

  14. KULONUWUN..
    maap ye ikut nimbrung..
    menurut saya, mbok yao kita sama2 ngaca. siapa toh diri kita ini?
    tidak ada yang lebih unggul antara satu dg yang lain.. pasti ada kelebihan dan kekurangan masing2.. mbok saling melengkapi lah..
    MAHAPALA bisa seperti ini karena memang mereka punya kapasitas dan kapabilitas yang mungkin belum dimiliki UKM ato OPA2 lain.. belajarlah dengan mereka.
    OPA2 lain, saya mengenal mereka dengan kekeluwargaannya yang begitu kental..nyaman rasanya jika srawung dengan mereka.. mungkin MAHAPALA perlu belajar tentang itu..

    komentar2 diatas, saya yakin adalah pendapat subjektif dari masing2 individu. BUKAN pendapat ORGANISASI atau yang mewakili organisasi..
    jadi, bagi para pembaca jangan menjustifikasi bahwa komentar dan kritikan diatas adalah komentar dan kritikan dari organisasi tertentu, meskipun membawa nama organisasi dalam komenntarnya..ITU SALAH!!!
    walaupun sebenarnya kritikan (yang membangun) itu perlu..

    Duduk bareng untuk membahas permasalahan itu penting..agar tidak ada prasangka dan saling curiga.. Teman2 OPA Se-Unnes baik ditingkat fakultas dan jurusan punya wadah yang menampung aspirasi mereka, yakni Paguyuban Pecinta Alam Unnes (PAPANES). mungkin MAHAPALA bisa mempelopori adanya diskusi yang melibatkan MAHAPALA dan PAPANES, untuk Unnes Konservasi yang lebih baik..NUWUN
    SALAM LESTARI !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  15. penasaran banget sama sodaraku yang ikut mahapala, katanya suruh buka blognya mahapala,
    jarang pulang, cewe,
    tapi bagus, jadi ga brutal tambah baik dia, jadi tidak kuatir.meskipun kadang2 kambuh,
    terus berkarya.

  16. hihihi..rame bgt ya coment’ny…
    ap’pun it,, yg MAHAPALA comentny mzti ngdukung MAHAPALA,,
    yg PAPANES a.k.a non-MAHAPALA,, y pasti gag ngedukung,
    tp yg penting qt smua niy sodara (yang mw dianggap sodara tp),,mari qt bersatu wujudkan UNNES KONSERVASI..
    Salam Lestari!!!!
    Sing penting ojo jotos2an…uke2..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *