Lolos Bidikmisi, 1.554 Calon Mahasiswa Unnes Kuliah Gratis

Sabtu, 20 Juli 2013 | 9:29 WIB


Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengumumkan proses seleksi Bidikmisi bagi calon mahasiswa jalur SBMPTN, Kamis (18/7) kemarin. Sebanyak 820 calon mahasiswa jalur SBMPTN akan menikmati kuliah gratis setelah permohonan Bidikmisi mereka dikabulkan. Bahkan mereka juga akan menerima uang saku Rp600 ribu per bulan dan berbagai program pembinaan.

Sebelumnya, di jalur SNMPTN Unnes juga telah menyalurkan 734 beasiswa Bidikmisi. Pada jalur tersebut sebanyak 968 calon mahasiswa yang mengajukan namun 234 di antaranya gugur saat dilakukan verivikasi lapangan. Ini berarti telah 1.554 calon mahasiswa Unnes yang berhak kuliah gratis selama 8 semester di Universitas Konservasi.

Seleksi penerima beasiswa Bidikmisi dilakukan melalui proses panjang agar beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu itu tepat sasaran. Proses diawali dengan melakukan pendaftaran secara online di laman bidikmisi.dikti.go.id. Setelah tes tertulis dan calon mahasiswa dinyatakan diterima, Unnes melakukan verivikasi ke rumah calon mahasiswa. Data hasil visitasi itulah yang digunakan untuk menentukan penerimaan permohonan bidikmisi.

“Di Jalur SNMPTN ada 1.152 calon mahasiswa yang mengajukan permohonan Bidikmisi. Yang permohonannya diterima sebanyak 734,” kata Kepala UPT Humas Sucipto Hadi Purnomo.

Diinformasikan, kuota Bidikmisi Unnes tahun ini sebanyak 1.750. Ini berarti masih ada 196 beasiswa Bidikmisi lagi yang akan disalurkan kepada mahasiswa jalur SPMU. Kuota ini akan diperebutkan oleh 1.294 calon mahasiswa jalur SPMU yang mengajukan permohonan Bidikmisi.

Di hari yang sama Unnes juga mengumumkan sebanyak 184 calon mahasiswa jalur SBMPTN mendapat UKT kategori I. Ini berarti 184 mahasiswa tersebut hanya dibebani biaya kuliah Rp500 ribu per semester selama menempuh pendidikan di Unnes.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 3.468 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

5 komentar pada “Lolos Bidikmisi, 1.554 Calon Mahasiswa Unnes Kuliah Gratis

  1. maaf. . Sya itu mau registrasi online Sbmptn, tp sya tdk menemukan opsi untk registrasi. . Apakah harus login di didaerh kanan itu yg bertuliskan login. . Mohon bantuannya

  2. sebaiknya seleksi bidikmisi lebih tepat sasaran karena masih banyak mahasiswa bidikmisi yg secara ekonomi mampu bahkan melebihi mahasiswa reguler terbukti saya adalah mahasiswa reguler namun tinggal di asrama mahasiswa dan dari pengalaman tersebut saya mengamati bahwa mahasiswa bidikmisi banyak dari kalangan mampu seperti jatah uang perbulan tidak pernah diambil hingga jutaan karena orang tua mereka masih bisa membiayai hidup mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *