Linpranas Dorong Kreasi Alat Peraga Inovatif

Minggu, 24 Juli 2016 | 15:10 WIB


Linpranas Dorong Kreasi Alat Peraga Inovatif
SETYO/HUMAS

Untuk kedua kalinya, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan Lomba Inovasi Praktikum dan Alat Peraga Nasional (Linpranas) di gedung D5 FMIPA UNNES, Minggu (24/6).

Lomba ini terdiri dari dua kategori, yaitu kategori siswa SMP/MTs dan guru serta kategori mahasiswa. Lomba ini digelar untuk memacu lahirnya inovasi alat peraga serta menampilkan inovasi praktikum di bidang MIPA.

Peserta yang mengikuti lomba ini berasal dari berbagai daerah, seperti Universitas Lampung, Universitas Jember, Universitas Muhamadiyah Jakarta, STKIP PGRI Tulungagung, Universitas Negeri Makasar, dan Universitas PGRI Semarang.

Pemenang katagori mahasiswa adalah Novitiyono Wisnu H dengan membuat alat “Gerak Lurus Berubah Beraturan” dari Universitas Lampung. Adapun juara untuk katagori kategori siswa SMP/MTs dan guru adalah Wahyudi SPd dari SMPN 1 Rakit Banjarnegara. Pemenang mendapatkan Piala Rektor UNNES, piagam, dan uang pembinaan.

Saat menutup acara ini Dekan FMIPA UNNES Prof Dr Zaenuri menyampaikan,” Untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menarik diperlukan inovasi alat peraga”.

“Alat peraga di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar,memahami karakteristik siswa, menentukan tujuan pembelajaran, menentukan penghubung antara pengetahuan, keterampilan, dan prilaku siswa dengan tujuan yang akan dicapai melalui pembelajaran, menetukan metode dan format media yang cocok atau tepat, menggunakan media, melibatkan siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran,” katanya.

Ketua panitia Linpranas 2016 Parmin SPd MPd berharap,”Linpranas ke-2 ini mampu mendorong mahasiswa dan guru MIPA untuk berinovasi membuat alat peraga yang lebih menarik guna menjawab tantangan kemajuan teknologi akan datang,” pungkasnya.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 949 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *