Lemhannas RI-UNNES Bersinergi

Senin, 9 Oktober 2017 | 13:40 WIB


Lemhannas RI-UNNES Bersinergi

Peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXI Tahun 2017, Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) berkunjung ke Universitas Negeri Semarang (UNNES) dalam rangka kunjungan lapangan pelaksanaan kegiatan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN).

Kegiatan dengan tema Peran Pancasila Dalam Memperkokoh NKRI diikuti 70 orang terdiri atas 27 pejabat Lemhanas, 12 pejabat Polda Jateng, 21 pejabat UNNES (Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Ketua Senat, Ketua Majelis Rektor), dan 10 mahasiswa, Senin (9/10) di rektorat kampus UNNES Sekaran Gunungpati.

Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito SE MM diwakili pimpinan rombongan Marsekal Muda TNI Yoyok Yekti Setiyono didampingi Tenaga Ahli Prof Dr Ir Dadan Umar Daihani DEA menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk membekali para peserta PPSA Lemhannas RI agar memiliki cakrawala berpikir yang lebih komprehensif dan integral tentang kondisi objektif dari suatu daerah yang merupakan bagian integral dari NKRI, terutama tentang kearifan lokal pelaksanaan pembangunan nasional di daerah serta kondisi ketahanan nasional daerah/provinsi tersebut.

Selain itu, juga mempertajam kemampuan peserta untuk menemukan isu-isu strategis di daerah yakni untuk mengambil keputusan dalam arti memberikan saran/rekomendasi kebijakan, serta memprediksi implementasi dari rekomendasi kebijakan yang disarankan.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat paparan menyampaikan, UNNES sudah menjalin kerjasama dengan Lemhannas sejak 2015 lalu. Kerjasama ini perlu ditingkatkan lagi.

Prof Fathur juga mengemukakan, UNNES tetap konsisten masih menyelenggarakan Pendidikan Pancasila walau pun perguruan tinggi lain menghapusnya, karena mata kuliah ini pernah dihapus dalam kurikulum perguruan tinggi pada tahun 2006.

UNNES merupakan Perguruan Tinggi Negeri Unggul yakni Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Unggul (A) dari 4.500 perguruan tinggi di Indonesia.

Publikasi Internasional, jurnal UNNES terindeks Scopus 1 jurnal, terakreditasi nasional (9 jurnal), terindeks DOAJ (83 jurnal), terindeks google scholar (119 jurnal), dan artikel terindeks scopus (319 artikel).

Selain itu, di UNNES dijuga melakukan Deklarasi dari Semarang untuk Indonesia yakni menjunjung tinggi NKRI berdasarkan Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa dan UUD 1945, menjaga semboyan Bhineka Tunggal Ika, anti radikalisme/terorisme, anti narkoba/obat terlarang, cinta tanah air dan bela negara.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 286 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X