Kesetaraan Gender dan Hak Anak Masih Harus Diperjuangkan

Selasa, 2 Februari 2016 | 10:31 WIB


Kesetaraan Gender dan Hak Anak Masih Harus Diperjuangkan
Humas / Dok

Pemenuhan hak-hak anak merupakan hal yang sangat penting diperjuangkan. Pemenuhan hak anak atas pendidikan, ruang, dan lingkungan yang tepat merupakan modal dasar dalam menciptakan generasi emas bangsa ini ke depan.

Kepala Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Evi Widowati SKM MKes mengatakan hal itu ketika menjadi narasumber pada pelatihan Konvensi Hak-Hak Anak (KHA) pada guru Bimbingan Konseling (BK) SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Kendal, di Hotel Grand Edge Semarang baru-baru ini.

Menurut Evi, Kesetaraan gender dan hak anak masih menjadi sesuatu yang harus diperjuangkan.  “Sudah beberapa tahun, isu perempuan, anak dan gender diwacanakan. Namun kasus-kasus kekerasan berlatarbelakang gender dan anak masih sering diberitakan di media massa,” ungkapnya.

Evi juga berharap, rekomendasi dan hasil pembicaraan dalam seminar ini menjadi bahan penting dalam pengambilan kebijakan pemerintah.

Selanjutnya dibuatkan surat edaran atau surat himbauan dari Bupati Kendal atau Dinas Pendidikan yang mengamanatkan agar guru-guru yang telah dilatih ini dapat difasilitasi untuk melakukan diseminasi kepada semua guru di sekolah masing-masing sehingga pemenuhan hak anak, upaya pencegahan kekerasan di sekolah dan perwujudan Sekolah Ramah Anak (SRA) di Kabupaten Kendal dapat terwujud.

Selain Evi Widowati, anggota PSGA Dian Latifiani SH MH juga menjadi narasumber pada pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 742 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X