Kesulitan Isi PDSS? Kontak Saja 08041450450

Senin, 6 Januari 2014 | 17:40 WIB


Kesulitan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)? Tak perlu bingung, karena panitia pusat telah menyediakan help desk untuk mencarikan solusi atas setiap permasalahan dalam SNMPTN.

Caranya gampang. Telepon saja nomor 08041450450. Segera akan tersambung dengan petugas help desk yang akan mendengarkan dan mencatat keluhan Anda.

Mungkin sekali tidak serta merta pertanyaan atau keluhan itu mendapatkan jawaban. Namun petugas pasti berjanji akan segera menghubungi balik, baik lewat telepon maupun terutama melalui e-mail. Karena itu, jangan lupa menyebutkan e-mail ketika menyampaikan aduan.

Berdasarkan catatan unnes.ac.id, semenjak akses pengisian PDSS dibuka Senin (6/1), telepon kantor Pusat Humas Unnes kerap kali berdering dari sekolah yang menanyakan ikhwal pengisian pangkalan data tersebut. Sebagian pertanya bisa terjawab, tapi sebagian yang lain terpaksa diteruskan ke help desk panitia pusat.

Di luar itu, Ketua Badan Pengembang Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK) Sugiyanto MSi bersama Kepala Pusat Humas Sucipto Hadi Purnomo juga melakukan uji petik mengenai akses PDSS dari beberapa sekolah. “Kami lakukan uji petik secara acak dengan menghubungi beberapa sekolah di berbagai wilayah,” katanya.

Hasilnya, lanjut Sugiyanto, hanya sebagian kecil sekolah yang telah mulai mengisi pangkalan data yang bakal menjadi pijakan utama dalam 2014. “Contohnya SMA 1 Karanganyar Kebumen. Namun sebagian besar yang lainnya belum melakukan pengisian,” katanya.

Ada beberapa alasan sekolah yang dicatat oleh pihaknya atas kondisi tersebut. “Ada yang beralasan masih menunggu sosialisasi, ada yang menyatakan jadwal pengisian masih panjang, tetapi ada juga yang menyatakan belum tahu bahwa PDSS sudah bisa diakses,” katanya.

Dia mengakui, sosialisasi langsung ke dinas-dinas pendidikan baru dilakukan Selasa (7/1). “Namun sebenarnya sosialisasi ke berbagai media, termasuk media sosial, telah kami lakukan,” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tahapan SNMPTN dimulai dengan pengisian PDSS mulai 6 Januari 2014. Di dalam PDSS terekam kinerja sekolah, nilai rapor siswa, dan prestasi lainnya yang menjadi dasar SNMPTN, di samping hasil Ujian Nasional (UN).

Setelah tahapan pengisian PDSS yang akan berlangsung hingga 6 Maret 2014, pendaftaran oleh siswa bakal dibuka 17 Februari – 31 Maret 2014.


DIUNGGAH : Nana Riskhi Dibaca : 3.253 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

12 komentar pada “Kesulitan Isi PDSS? Kontak Saja 08041450450

  1. selamat siang pak, sy operator dari SMA N 2 BADAR daerah aceh tenggara, sy mau menanyakan bagaimana cara mendapatkan password login pdss karena sy operator baru, prosedur mendapatkan password di website pdss sudah dilakukan tapi kendalanyanya, pertama email lama sudah tidak digunakan lagi karena passwordnya sudah hilang, kedua sy coba melalui unduh berkas untuk mendapatkan password baru tapi loading nya terlalu lama memakan waktu berjam – jam, sebelumnya sy ucapkan terima kasih atas bantuannya….

  2. malam ini situs pdss.snmptn.ac.id tidak bisa diakses… saya dari konawe sulawesi tenggara. padahal sudah mau deadline beberapa menit lagi????????

  3. pak bagaimana nilai siswa yang mutasi sebagian belum di masukkan ke pdss apakah bisa mendaftar snmptn??? mohon solusinya.. trimakasih

  4. Selamat siang… sy operator dari SMA Swasta Satria daerah Binjai sumatera utara. sy mau bertanya bagaimana mendaftarkan sisiwa ke Perguruan Tinggi yang ada pada PDSS sementara siswa tersebut belum memiliki no Ujian Nasional TP 2013 / 2014. Siswa saya sudah terdaftar pada PDSS. mohon segera di balas

  5. Assalamu’alaikum wr.wb, maaf pa, operator pdss sekolah, pada tahun pdss tahun kemarin dapat uang lelah/tidak…
    sebelumnya saya ucapkan minta maaf..
    saya ucapkan terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X