Kesempatan Terakhir Masuk Unnes setelah Gagal di SBMPTN

Rabu, 16 Juli 2014 | 16:59 WIB


Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-Unnes), yang selama ini dikenal sebagai SPMU, akan menjadi kesempatan terakhir bagi lulusan SMA atau yang sederajat meraih kursi di universitas ini.

Pendaftaran Seleksi Mandiri telah dibuka sejak 2 Juni lalu hingga 22 Juli 2014. “Tersedia 713 kursi mahasiswa baru. Kuota sebanyak itu tersebar di delapan fakultas atau 65 program studi jenjang S1 dan D3,” ungkap Ketua Panitia Dr M Khafid MSi kepada unnes.ac.id.

M Khafid juga mengemukakan, pendaftaran didahului dengan pengisian formulir pendaftaran di laman http//seleksimandiri.unnes.ac.id sejak 22 Juni lalu hingga 22 Juli 2014. Pada tahap ini, yang perlu disiapkan adalah data identitas diri dan data pendidikan terakhir. Peserta pada tahap ini akan mendapatkan formulir pendaftaran.

Tahap berikutnya, lanjut Ketua Panitia, pendaftar membayar biaya ke Bank BNI 46 di seluruh Indonesia pada tanggal 22 Juni hingga 23 Juli 2014. Pada tahap ini, pendaftar membayar sebesar Rp200.000 dan khusus untuk memilih program studi seni/olah raga masih harus membayar biaya uji praktik Rp150.000. “Dengan formulir pendaftaran, PIN, dan biaya pendaftaran, pendaftar akan memperoleh bukti pembayaran dari bank,” katanya.

Setelah itu, kata M Khafid, peserta mencetak kartu peserta di laman http://seleksi mandiri.unnes.ac.id yang terjadwal hingga 23 Juli 2014 pukul 23.59 WIB dengan berbekal bukti pembayaran, PIN, dan tanggal lahir pendaftar. “Kartu peserta merupakan bukti bahwa pendaftar sudah sah sebagai calon peserta Seleksi mandiri,” tandasnya.

Pembantu Dekan I Fakultas Ekonomi Unnes ini mengemukakan, tes tulis digelar di Unnes pada 5 Agustus 2014, sedangkan tes keterampilan bagi pemilih program studi seni/olah raga pada hari berikutnya, 6 Agustus 2014. Adapun hasil seleksi akan diumumkan 9 Agustus 2014.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 11.967 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

47 komentar pada “Kesempatan Terakhir Masuk Unnes setelah Gagal di SBMPTN

  1. Assalamualaikum,
    Bapak /Ibu peserta yang lolos ujian mandiri UNNES UKTnya akan dimasukkan dalam kategori berapa?
    Terima kasih
    Wassalamualaikum,

  2. Assalamualaikum
    Saya bingung, waktu saya buka website sbmptn, saya dinyatakan lulus di unnes jurusan pendidikan biologi. Tapi ketika saya buka di unnes nya nama saya ga ada. Itu gimana ya?
    Terima kasih

  3. Saya mau tanya, saya lupa masukin nilai raport pas mau cetak kartu peserta? Itu nilai raport mempengaruhi hasil umptn ga ya? Trimakasih mohon dijawab

  4. @Liya Rohmawati : Untuk besaran UKT nanti akan diumumkan lebih lanjut setelah peserta tersebut dinyatakan lolos test dan telah melakukan pengisian data pokok.
    @ahmad zam : Untuk bidikmisi tidak dikenakan biaya pendaftaran (gratis).
    @Annisa rzs : jika memang benar-benar dinyatkan lolos sbmptn unnes tetapi datanya belum ada silahkan langsung melakukan pengisian data pokok di website datapokok.unnes.ac.id login menggunakan nomor pendaftaran dan tanggal lahir. Data untuk pengumuman di unnes masih dalam proses updating.
    @fernando surya m : pendaftaran via online jadi tidak perlu datang langsung ke Unnes.
    @AGUNG JERI MANTIRI : kalau kartu peserta ujian hilang silahkan tlp ke panlok terkait untuk minta bantuan.
    @siti aulia : jika hanya mendaftar bisa dilakukan dimanapun yang penting bisa terkoneksi dengan internet, karena pendaftarannya dilakukan via online. Kalau masalah tempat test memang hanya menggunakan lokasi-lokasi di Semarang.

  5. saya kemaren dinyatakan ketrima di unnes prokdi ilmu sejarah, saya juga ikut bidik misi, trus syarat daftar ulangnya apa saja? dan kapan terakhir daftar ulangnya?

  6. Assalamualaikum..saya mau tanya, bagi yg sudah lulus SBMPTN dan sudah mengisi data pokok selanjutnya harus bagaimana ya pak? mohon d jawab…terimakasih

  7. saya mau tanya, setelah pengisian data mendapatkan lembar pin, di lembar pin tertulis untuk transfer ke bank BRI sedangkan di website tertulis untuk transfer di bank BNI46, yang benar yang mana ?

  8. maaf mau nanya. di beranda unnes kan bilang pendaftaran seleksi mandiri ditutup sampai tanggal 22 juli 2014. tapi knp pendaftaran di seleksimandiri.unnes.ac.id tertera “PENDAFTARAN SPMU TAHUN 2014 TELAH DITUTUP” terimakasih…

  9. assalamualaikum wr wb
    maaf ganggu
    mau tanya. aku kan mau ikut spmu unnes. nomor rekening pembayarannya berapa ya. ?
    tolong bantu

  10. asalamualaikum,,pak saya mau tanya ,,kalau saat mengisi nilai rata-rata itu bukan nilai per kelas melainkan semua siswa ..boleh tidak soalnya saat mengisinya per semua siswa yang ada di sekolah tersebut..dan tidak bisa dirubah lagi

    terima kasih,,wasalamualaikum

  11. apa setelah jalur mandiri ini tidak ada kesempatan lagi pak ?? kemarin dapat informasi, ada tes yg langsung ke univ dan tesnya menggunakan komputer, pengumumannya pun langsung bisa diumumkan pada hari itu juga. apa itu benar ??

  12. maaf pk, kemarin saya daftar jalur bidikmisi tapi ada keterangan kalau saya belum sah jadi peserta karena saya belum bayar.. lalu dibawah jurnal pendaftaran juga ada keterngan kalau peserta itu yg sudah membayar. itu gmana ya pak? terimakasih

  13. maaf, saya mengalami kendala dengan pengisian data pokok. pasword saya, saya ganti. tapi waktu mau logi lagi nggak bisa? itu bagaimana? mohon bantuannya

  14. ass
    tahun 2012 dulu kan pgsd yang dibuka hanya pgds kampus tegal.
    lalu apakah tahun ini juga hanya kampus tegal saja?
    terimakasih :)

  15. jika berasal dari kota bekasi, pelaksanaan ujian tulis dan ujian keterampilan berlokasi dimana?
    apakah tetap di universitas negeri semarang atau di permudah sekitar wilayah kota bekasi? terimakasih

  16. tadi saya ke teller sekitar jam 2an trus antri banget, jadi jam 3 lewat saya baru dapet giliran. trus waktu mau bayar mandiri unnes, kata tellernya gak bisa, ada dua kemungkinan katanya, pertama offline dari pihak univnya. yg kedua blm dibuka untuk pembayarannya. kira2 knpa gk bisa ya?

  17. Permisi, saya mau tanya..kan saya tadi udah bayar biaya pendaftaran di BANK BNI 46. Tapi mau cetak kartu peserta kok ada tulisan ” Maaf saat ini ruang ujian tidak tersedia ! silahkan tunggu penambahan ruang oleh panitia SPMU ! “. itu gimana ya ? apakah tetap ada penambahan ruang. dan apakah saya tetap bisa mengikuti tes SPMU ? Mohon di jawab..terimakasih

  18. Saya ingin bertanya, jika saya sudah mendaftar dan mencetak kartu peserta tetapi saya ingin ganti jurusan apa bisa ? Sebelumnya terimakasih

  19. saya mau bertanya, saya di trima d unnes jurusan pndidikan b inggris lewat jalur SBMPTN, dan tadi sudah slesai mengisi data pokok calon mahasiswa unnes, semua data sudah saya isikan, namun setelah saya finalisasi dan isian data tersebut muncul kembali, ada data yang tidak muncul, data tersebut adalah scan kk, pkb, slip gaji, rek. listrik dan pbb. .,itu apakah saya masih tetap masuk sebagai calon mahasiswa atau tidak. .,mohon jawaban dan sarannya agar saya tetap masuk sebagai mahasiswa unnes. .,??
    terimaksih

  20. um nya gak bisa diluar kota smrg pak? kayak Undip 14 kota seindonesia, tapi saya gak dft, maunya unnes saja, kapok saya.

  21. selamat malam bapak / ibu,..saya bingung saya sudah daftar dan kirim uang,dan uang tersebut telah berhasil terkirim (saya sudah menerima bukti transfernya)tapi waktu saya mau cetak kartu itu katanya uangnya belum terkirim,ini gimana saya gk bisa cetak kartu…mohon penjelasanya… terimakasih

  22. selamat siang,,,,saya mau tanya kalau mau ambil kelompok prodi campuran,gimana caranya,,,,karena dipilhan cuma ada SAINTEK&SOSHUM,,,,makasih.

  23. Terakhir pengisian data pokok unnes untuk lolos sbmptn tidak bidikmisi tanggal berapa ya mohon dibalas. Jika belum lengkap dan sudah ditutup lalu bagaimana?

  24. Maaf saya ingin bertanya, nilai raport yg akan diisikan di data SPMU jenjang S1 & D3 pada saat ingin mencetak kartu itu reratanya hanya dari nilai teori atau dengan nilai praktek ? Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X