Kerja Sama Tripartit Perlancar Ujian Nasional

Rabu, 16 April 2014 | 17:56 WIB


Kerja Sama Tripartit Perlancar Ujian Nasional
HUMAS / LINTANG HAKIM

Kerja asama tiga pihak (tripartit) yakni Dinas Pendidikan, polisi, dan terguruan tinggi dalam pengawasan Ujian Nasional (UN) 2014 memperlancar agenda tahunan itu. Berdasarkan pantauan Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes Prof Dr Masrukhi MPd di Pekalongan dan Tegal, seluruh proses UN berjalan lancar, baik dalam proses distribusi, pelaksanaan ujian, maupun dalam pengiriman lembar jawab Ujian Nasional (LJUN).

“Semua pengawas hadir semua, demikian pula pemantau. Tempat penyimpanan soal di kota dan subrayon memenuhi standar pengamanan dan dijaga oleh polisi. Begitu pula pengawasan satuan pendidikan, seluruhnya berjalan baik,” terang Prof Masrukhi seusai memantau pelaksanaan UN di Pekalongan, Selasa (15/4).

Pemantauan di Tegal dilaksanakan bersama Kepala Bidang SMK dan SMA Dinas Pendidikan Kabupaten Tegal Drs Marwoto dan Pembantu Dekan II Fakultas Ekonomi Amir MAchmud. Tiga sekolah yang dikunjungi adalah SMK BP Dukuhwaru, SMA 1 Dukuhwaru, dan MAN Babakan.

Meski demikian, berdasarkan pengawasan dan laporan, Prof Masrukhi memberikan tiga catatan terhadap pelaksanaan UN di dua wilayah tersebut. Pertama, di Kabupaten Tegal, kertas LJUN tebal namun jika lingkaran dihapus akan mbrudhul. Kedua, di Brebes ada sekolah yang kekurangan lembar soal. Ketiga, di Brebes muncul perdebatan tentang biografi Joko Widodo.

“Semua persoalan itu sudah diselesaikan oleh tim pengawas di lapangan. Di sekolah yang kekurangan soal, misalnya, para pengawas memutuskan untuk menggandakan dengan fotokopi,” terangnya.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.431 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X