Kepala Dinas Minta Profesor dan Doktor Dampingi Guru Sampai Bisa

Rabu, 30 April 2014 | 13:51 WIB


Kepala Dinas Minta Profesor dan Doktor Dampingi Guru Sampai Bisa
HUMAS/SIHONO

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan Drs H Umaidi MSi meminta para profesor dan doktor dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) mendampingi para guru di wilayahnya hingga bisa mengimplementasikan Kurikulum 2013. Pasalnya, meski mayoritas guru di wilayah itu telah tersertifikasi, mereka masih mengalami beberapa kendala.

Permintaan tersebut disampaikan Umaidi saat Prof Ani Rusilowati, Prof Susilo, dan Dr Juhadi menggelar Profesor anda Doctor Go to School di daerah tersebut, Sabtu (26/4) di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalonga. Dalam acara yang dikemas sebagai pwlatihan itu, 19 guru SD, 19 guru SD, dan 2 pengawas sekolah hadir.

Berdasarkan catatannya, sudah 3.238 guru dari 5.559 guru sudah tersertifikasi. Namun, perkembangan pendidikan di Kabpuaten Pekalongan belum cukup menggembirakan. Ia berharap, setelah ada pendampingan dari Unnes para guru tidak lagi menemui kendala teknis.

“Dari 19 guru SD terpilih ini, setelah mengikuti pertemuan diharapkan menjadi pioner kepada guru-guru lainnya di kabupaten Pekalongan,” kata Umaidi.

Dalam kesempatan itu, Prof Ani Rusilowati menyampaikan strategi penilain autentik dalam Kurikulum 2013. Seperti telah diberitakan sebelumnya, aspek penilaian merupakan aspek yang menurut guru sebagai aspek yang tersulit.

“Penilaian sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari penilaian autentik, protofolio, penialain diri, hingga ujian nasional,” kata profesor pendidikan fisika ini.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.570 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

3 komentar pada “Kepala Dinas Minta Profesor dan Doktor Dampingi Guru Sampai Bisa

  1. Selamat dan sukses Profesor dan Doktor UNNES Semarang Go to School. Mohon untuk tanggal pelaksanaan di Kabupaten Pekalongan dikoreksi, tanggal 26/5 yang benar 26 April 2014 (sekarang tanggal 4/5/2014, kami bertiga juga sudah melaksanakan profesor dan doktor go to school di SMA Negeri 1 Purwodadi (8 April 2014) bersama Prof. Dr. Tri Marhaeni Pudji Astuti, M.Hum dan Prof. Dr. Joko Widodo, M.Si; dan di SMA Negeri 1 Kabupaten Grobogan (10 April 2014) bersama Prof. Dr. Joko Widodo, M.Si. hal yang sama juga diharapkan (pendampingan Guru dalam implementasi kurikulum 2013 dan kiat menulis karya ilmiah).

  2. Mohon perkenan ikut urun ralat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan adalah Bapak Drs. H. Umaidi, M.Si.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X