Kedepankan Kejujuran dalam Melaksanakan UN

Selasa, 8 April 2014 | 16:14 WIB


Kedepankan Kejujuran dalam Melaksanakan UN
HUMAS/SIHONO

Para profesor dan doktor Universitas Negeri Semarang (Unnes) secara aktif memberikan pendampingan ujian nasional (UN) 2014 di berbagai wilayah di Jawa Tengah melalui Program Profesor dan Doktor Go to School.

Profesor bidang Pendidikan Luar Sekolah di Unnes, Prof Tri Joko Raharjo MPd, dalam kunjungannya ke Klaten mengungkapkan, dalam melaksanakan UN, para siswa, guru, dan kepala sekolah didorong untuk mengedepankan kejujuran.

“Hilang harta bisa cari ganti. Tapi jika sekolah kehilangan karakter, maka hancurlah bangsa ini,” kata dia, Senin (7/4) di Klaten. Kejujuran, menurut Prof Tri Joko, adalah salah satu hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap individu.

Hadir pula guru besar bidang pendidikan bahasa di Unnes, Prof Mursid Saleh MA PhD, dan Koordinator Pelaksana UN Dr Sutikno MT dan Usman Nurzaman MPd. Mereka ikut mengawal dan berkoordinasi pelaksanaan UN dengan 46 kepala sekolah dari SMA, SMK, MA, SMP, dan MTs di Klaten.

Prof Tri Joko mengatakan, program profesor dan doktor Unnes mengajar ke sekolah ini sudah dilaksanakan pada awal tahun ajaran 2013/2014 di sejumlah wilayah di Jawa Tengah, yakni di Kabupaten Kendal, Kabupaten Demak, dan Kota dan Kabupaten Semarang.

“Tahun 2014 ini jangkauannya diperluas mencakup 35 kabupaten dan kota se-Jawa Tengah,” jelasnya. Selain mengajar di sekolah dan mengawal Kurikulum 2013, program ini juga mendampingi pelaksanaan UN jenjang SMA/sederajat dan SMP/sederajat.

Secara teknis Dr Sutikno menyampaikan, dalam mengerjakan UN, sebisa mungkin peserta ujian nasional tidak dirugikan. “Misalnya, sebelum mengerjakan soal, peserta diharapkan meneliti dahulu mulai halaman pertama sampai akhir apakan soal itu rusak atau tidak,” ujarnya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.666 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

satu komentar pada “Kedepankan Kejujuran dalam Melaksanakan UN

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X