Karawitan Unnes Akan Ikuti Festival Gamelan

Sabtu, 8 September 2012 | 15:43 WIB


Kelompok Seni Karawitan Dosen dan Mahasiswa (Sekar Domas) Universitas Negeri Semarang (Unnes), akan mengikuti Festival Karawitan The 2nd International Jogjakarfest, 23 September 2012, di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Koordinator kesenian Widodo Brotosejati mengatakan, dalam kesempatan itu, Sekar Domas akan membawakan repertoar gending-gending Semarangan. “Ada banyak gaya karawitan yang akan ditampilkan, Unnes dipercaya menampilkan gending dengan gaya Semarangan,” ungkap dosen Karawitan di Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes itu.

Kompetisi

Selain festival, Widodo menuturkan, acara juga diramaikan dengan Kompetisi Solo Gender dan Kompetisi Gadhon tingkat internasional.

Pada kompetisi Solo Gender, selain memperebutkan trofi RL Martopangrawit, juara I juga akan mendapatkan uang sejumlah Rp5.000.000, juara II Rp3.000.000, juara III Rp2.000.000.

Pada kompetisi Gadhon, juara I akan mendapat trofi Ki Tjokrowarsito dan uang sejumlah Rp7.000.000, juara II Rp5.000.000, juara III Rp3.000.000.

Juri lomba adalah para pakar karawitan dari ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, Kasunanan Surakarta, dan kalangan seniman.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 2.027 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

4 komentar pada “Karawitan Unnes Akan Ikuti Festival Gamelan

  1. Salam Sukses untuk Sekar Domas…, selalu membawa nama baik Unnes di Mata Internasional. Semoga bapa Widodo Brotosejati beserta rekan-rekan dan anak didiknya menjadi contoh dalam “nguri-uri” budaya Jawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *