Ketua Kwarda: Hard Skill Tak Berarti Tanpa Culture-Religion Skill

Sabtu, 26 Maret 2011 | 23:50 WIB


Ketua Kwarda: <em>Hard Skill</em> Tak Berarti Tanpa<em> Culture-Religion Skill</em>
Agus Sp/Humas

Ketua Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah Prof Dr Ir S Budi Prayitno M Sc (kiri) dan Dzunuwanus Ghulam Manar.

Hard skill tidak akan ada artinya tanpa dibarengi dengan soft skill. Demikian juga soft skill, tidak akan ada maknanya jika tidak digunakan dengan baik dengan lambaran culture and religion skill.

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 11 Jawa Tengah Prof Dr Ir S Budi Prayitno MSc mengemukakan hal itu pada diskusi Penegak Pandega (TD) dengan Dewan Kerja Nasional (DKN) dan Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda). Diskusi berlangsung di Grha Cendekia Fakultas Teknik Unnes, Sabtu, (26/3).

“Ibaratnya hard skill adalah lingkaran kecil yang dibungkus oleh lingkaran soft skill yang lebih besar, dan terbungkus lagi oleh lingkaran culture and religion, yang merupakan budi dan akal manusia yang tak terpisahkan dari agama,” kata guru besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip itu.

Dalam sekolah dan kuliah di dalam kelas, kata Kak Budi, hanya hard skill yang dilatihkan. “Tapi dalam kegiatan di lapangan seperti kepramukaan ini, 90 persen yang dilatihkan adalah soft skill serta  culture and religion. Sebagai pramuka, kita beruntung karena bisa mengembangkan skill yang menentukan kesuksusan dan kematangan personal ini,” katanya.

Diikusi diikuti ratusan peserta Perkemahan Jumat-Sabtu-Minggu (Perjusami) dan Sosialisasi Undang-Undang Gerakan Kepramukaan. Diskusi dilanjutkan api unggun, pentas seni, dan malam keakraban.


DIUNGGAH : Agus Setyo Purnomo Dibaca : 5.820 kali
EDITOR : Agus Setyo Purnomo

2 komentar pada “Ketua Kwarda: Hard Skill Tak Berarti Tanpa Culture-Religion Skill

  1. Selamat pramuka Indonesia, semoga dengan UU No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, pramuka mampu menjadi pilar utama pembentuk karakter generasi muda. Krisis kepercayaan, krisis jati diri, krisis kepribadian/karakter dapat diatasi dengan gerakan pramuka.
    Mari bergandeng tangan dan bahu membahu membangun dan menjaga karakter generasi muda Indonesia!!!

  2. Salam pramuka, semoga Gerakan Pramuka Di Jawa Tengah khususnya tambah berkembang dan maju terus. salam kenal sobirin pembina gugus SDN sayung 2, kapan Kwarda akan mengadakan KPD (Kursus Pelatih Dasar)? saya siap jadi peserta.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X