Jalur Afirmatif, Unnes Terima 9 Mahasiswa Papua

Kamis, 6 September 2012 | 8:28 WIB


Jalur Afirmatif, Unnes Terima 9 Mahasiswa Papua
SHP/HUMAS

Ilustrasi: Siswa SMA di Papua.

Universitas Negeri Semarang (Unnes) menerima sembilan mahasiswa asal Papua dan Papua Barat dalam program afirmatif. Para lulusan SMA/SMK itu akan menempuh pendidikan strata satu di Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi.

Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Unnes Prof Dr Fathur Rokhman mengemukakan hal itu kepada unnes.ac.id di kampus Sekaran, setibanya dari Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura. Di Uncen, Prof Fathur menerima penyerahkan sembilan mahasiswa tersebut.

Kesembilan mahasiswa itu berasal dari wilayah Manokwari, Wamena, Biak, Tomohon, Raja Ampat, Sentabni, Sorong, dan Fak-Fak. Mereka masing-masing akan menempuh pendidikan di program studi Teknik Mesin, teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Kimia, dan Akuntansi.

Selain Unnes, dengan jumlah yang beragam, mahasiswa asal kedua provinsi itu juga dikirim ke sejumlah perguruan tinggi negeri ternama, seperti Universitas ndonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Panjadjaran, dan Universitas Diponegoro.

“Mereka masuk Unnes tanpa melalui seleksi apa pun. Meskipun demikian, tiadak ada perlakuan khusus terhadap mereka selama kuliah. Mereka harus terus memacu prestasi, karena kekhususan hanya diberikan pada akses mereka masuk Unnes,” kata Prof Fathur.

Sekalipun demikian, selama menjalani kuliah, mereka akan mendapatkan pembiayaan dari pemerintah. “Selain itu, mereka akan tinggal di asrama. Rumah susun sewa (rusunawa) Unnes akan menampung mereka selama mereka kuliah,” katanya.

Tahun lalu, Unnes juga menerima 32 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi (PPGT) pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Mereka berasal dari Papua, Aceh, dan Nusa Tenggara Timur, terutama yang berasal dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Selama 4,5 tahun kuliah, mereka diasramakan dan seluruh biaya kuliah dan biaya hidup ditanggung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 2.091 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

4 komentar pada “Jalur Afirmatif, Unnes Terima 9 Mahasiswa Papua

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X