Besaran biaya untuk calon mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang mendaftar melalui SNMPTN jalur undangan 2012, telah dapat dilihat pada laman registrasi.unnes.ac.id atau dapat juga dibuka melalui banner di sudut kanan laman ini (Besaran Kuliah Mahasiswa Baru Unnes).

Adapaun CARA MELAKUKAN PEMBAYARAN biaya pendidikan dan registrasi online adalah sebagai berikut:

Selain calon mahasiswa Bidikmisi, wajib membayar biaya pendidikan yang terdiri atas SPP, Sarana Pendidikan, dan Sumbangan Pengembangan Lembaga (SPL), dan lain-lain sesuai dengan Program Studi calon mahasiswa dengan besaran biaya yang telah diumumkan. Pembayaran biaya pendidikan dapat dilakukan mulai tanggal 11 s.d. 18 Juni 2012 dengan menunjukkan Kartu Peserta SNMPTN 2012 Jalur Undangan, melalui:

  • BNI 46 di seluruh Indonesia dengan cara (1) membayar langsung melalui teller; (2) ATM; atau (3) Internet Banking. Tata cara pembayaran melalui ATM dan internet banking selengkapnya dapat dilihat melalui situs registrasi http://registrasi.unnes.ac.id;
  • BRI di seluruh Indonesia dengan cara membayar langsung melalui teller;
  • Bank Mandiri di seluruh Indonesia dengan cara membayar langsung melalui teller;
  • BTN di seluruh Indonesia dengan cara membayar langsung melalui teller.

Selain itu, peserta melaksanakan registrasi secara online melalui website dengan alamat http://registrasi.unnes.ac.id, mulai tanggal 11 s.d. 18 Juni 2012 dengan syarat telah melunasi biaya pendidikan (kecuali calon mahasiswa Bidikmisi). Selanjutnya mencetak Formulir Lapor Diri, Formulir Registrasi, dan Surat Pernyataan menaati peraturan.

VERIFIKASI REGISTRASI/LAPOR DIRI

-Calon mahasiswa WAJIB HADIR (tidak boleh diwakilkan dengan alasan apapun) pada pembekalan 12-13 Juni 2012. Dengan jadwal, 12 Juni untuk FIP, FBS, FT, FIK dan 13 Juni 2011 untuk FIS, FMIPA, FH, FE. Pembekalan dimulai pukul 07.00 WIB di auditorium Unnes kampus Sekaran Gunungpati Semarang.

-Calon mahasiswa juga WAJIB HADIR (tidak boleh diwakilkan dengan alasan apapun) dalam kegiatan Verifikasi Registrasi/Lapor Diri yang akan dilaksanakan mulai pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB dan paling lambat hadir pukul 08.30 WIB sesuai dengan jadwal masing-masing fakultas/program studi, bertempat di Gedung Auditorium Unnes Kampus Sekaran Gunungpati Semarang;

-Jadwal kegiatan Verifikasi Registrasi/Lapor Diri diatur sebagai berikut.

  •  Selasa, 19 Juni 2012 untuk FIP, FT, FIK
  • Rabu, 20 Juni 2012 untuk FIS, FMIPA, FH
  • Kamis, 21 Juni 2012 untuk FBS, FE

-Calon mahasiswa yang tidak hadir kegiatan Verifikasi Registrasi/Lapor Diri sesuai dengan jadwal, dianggap mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa Unnes;

-Dalam kegiatan Lapor Diri calon mahasiswa wajib menyerahkan berkas yang meliputi:

-Bukti setor lunas pembayaran biaya pendidikan, kecuali untuk calon mahasiswa yang diterima untuk program Bidikmisi;

-Formulir Registrasi yang telah ditempeli pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 cm;

-Formulir Lapor Diri yang dicetak melalui laman registrasi.unnes.ac.id;

-Surat Pernyataan menaati peraturan yang telah ditandatangani di atas materai Rp6.000;

-Fotokopi tanda pengenal (KTP/SIM/KK);

-Pasfoto berwarna ukuran 3 x 3 cm sebanyak enam lembar, dan 3 x 4 cm sebanyak dua lembar;

-Hasil pemeriksaan kesehatan dari tim kesehatan Unnes yang dilakukan saat verifikasi registrasi;

-Surat keterangan kewarganegaraan dan surat ijin dari Dikti bagi Warga Negara Asing (WNA);

-Khusus bagi calon mahasiswa yang melamar beasiswa Bidikmisi maka wajib melampirkan Surat Pernyataan Peserta Program Bidikmisi yang dicetak melalui laman registrasi.unnes.ac.id.

-Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir dapat diserahkan ke Sub-Bagian Registrasi dan Statistik BAAKK Unnes selambatnya pada tanggal 10 September 2012;

KETENTUAN LAIN

Hak sebagai calon mahasiswa dinyatakan GUGUR apabila:

  1. Tidak memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan;
  2. Memberikan keterangan yang tidak benar pada waktu pendaftaran dan registrasi;
  3. Tidak mengikuti pembekalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
  4. Tidak melakukan verifikasi registrasi pada waktu yang telah ditentukan;
  5. Tidak memenuhi ketentuan dan persyaratan kesehatan calon mahasiswa baru.

Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

119 Balasan ke “Inilah Prosedur Registrasi SNMPTN Jalur Undangan”

  1. Elok Prayogi mengatakan:

    kalo misalnya belum punya KTP itu no.ID nya bisa pake nomer di Kartu Keluarga?
    mohon dijawab

  2. synthia mengatakan:

    ya walaupun di nomor 7 dikatakan “Melaksanakan registrasi online melalui situs ini hingga dihasilkan cetakan formulir registrasi dan Surat Pernyataan (11 Juni s.d 18 Juni 2012)” tapi di berita diatas ada tertulis berkas yang harus dibawa pada saat lapor diri, dan salah satunya adalah : “Formulir Lapor Diri yang dicetak melalui laman registrasi.unnes.ac.id” nah itu gimana dong? kok sampai sekarang gak ada form lapor dirinya ? klarifikasi dari pihak UNNES juga belum ada ? dimana ya kirakira form lapor dirinya ? MOHON KEJELASANNYA.

  3. maryam mengatakan:

    kenapa smpai skrg kmi msh kesulitan melekukan registrsi online? pdhal sy sdh mmbyr sejk 2 hr yg llu…bgmn solusinya? trima ksh

  4. ardy mengatakan:

    kalau bayarnya tgl 19 bsa apa gag y?

  5. Sucipto Hadi Purnomo Sucipto Hadi Purnomo mengatakan:

    Adik-adik, jika sampai saat ini masih ada di antara Adik-adik masih mengalami hambatan untuk melakukan registrasi online, termasuk mendapatkan keterangan “Anda belum melakukan pembayaran”, tak perlu panik. Memang telah beberapa kali terjadi ganggungan pada jaringan kami dan kami terus-menerus melakukan pembenahan. Konfirmasi dari pihak bank mitra kami, tidak ada satu pun kegagalan dalam pembayaran –termasuk yang oleh sistem registrasi online disebut “Anda belum melakukan pembayaran”. Adapun ikhwal formulir lapor diri, silakan itu Adik-adik kesampingkan, karena dengan adanya perubahan jadwal yang sedianya lapor diri dilakukan sebelum pembekalan, formulir ini tidak lagi menjadi sebuah kelengkapan yang wajib dipenuhi. Meskipun demikian, jika masih ditemukan kesulitan lagi, silakan untuk diselesaikan saat verifikasi registrasi/lapor diri mulai 19 Juni 2012. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi selama ini. Kami berjanji akan senantiasa melakukan penyempurnaan dalam layanan ini. Salam konservasi.

  6. mahdum mengatakan:

    assalamualaikum

    bapak sucipto hadi pornomo

    mau nanya ..?

    begini pak waktu registrasi online saya salah mengisikan data pada nama orang tua salah .yang seharusnya sa’dullah setelah di cetak teryata jadinya ( sa/// )

    bagaimana pak ..?

  7. Syafrina mengatakan:

    maaf, saya mau tanya mengenai pengisian data nilai ujian nasional. nilai yang harus diisikan nilai yang ujian nasional murni atau yang nilai akhir?
    data saya telah terlanjur keisi dengan nilai ujian nasional yang murni.
    saya mohon kejelasannya dengan sangat. terimakasih

  8. tyas mengatakan:

    maaf sya mw tanya no pserta n no pndftran it yg mna iia????tlong bntuanya…drtd sy blum bsa log in…

  9. ardhi samodra mengatakan:

    kalau buta warna parsial masih bisa diterima gak ya?

  10. bapak Sucipto, terima kasiih.
    untuk adek2ku, formulir lapor diri sudah di sediakan oleh pihak unnes pada saat jadwal laor diri tgl 19-21 besok, untuk lebih jelasnya silakan lihat di situs registrasi.unnes.ac.id di bagian REVISI: Prosedur Registrasi Calon Mahasiswa Baru
    semoga bermanfaat.

  11. nisa mengatakan:

    assalamu’alaikum
    bapak Sucipto Hadi Purnomo ,, saya Khoirun Nisa’ dr FMIPA sudah melakukan registrasi sesuai prosedur dan telah mengisi semua data dg benar. Namun saat mencetak formulir registrasi nama lengkap saya yg tertera bukan KHOIRUN NISA’ melainkan KHOIRUN NISA\’
    Apakah hal tersebut akan berpengaruh saat saya lapor diri tgl 20 juni 2012 nanti??
    Mohon penjelasannya pak..
    terima kasih
    Wassalamu’alaikum

  12. nita mengatakan:

    gmn cara melaukakn pembayaran lewat atm ?

  13. eva mengatakan:

    formulir lapor diri blm ada d laman registrasi online,bagaimana?

  14. yuliia nurma mengatakan:

    gimana jika terjadi kesalahan pengetikan pada biodata orang tua ?
    apakah berpengaruh ?

  15. aprillia putri mengatakan:

    kaka,aku mau tanya gimana klo pas pengisian biodata ad kesalahan pas bagian gol.darah ?? apakah itu termasuk pembohongan ??

  16. Prasetya Bahar mengatakan:

    Mohon infonya apabila terjadi kesalahan pengisian data,bisakah direvisi saat lapor diri???

  17. andos mengatakan:

    GIMANA CARA MENDAPATKAN SURAT KETERANGAN KEWARGANEGARAAN?

  18. nurul mengatakan:

    bpak yth.
    saya diterima di Unnes hri ni DARI JLUR UNDANGAN setela melihat oengumuman tapi ada persyaratan bahwa saat pembekalan saya harus membawa kartu peserta sNMPTN, namun pada saat pendaftaran saya lupa mencetak kartu itu..
    bagaimana solusinya,mohon jawab1

Tinggalkan Balasan