Inilah Prosedur Registrasi SNMPTN Jalur Undangan

Senin, 11 Juni 2012 | 9:56

Berita Terkait

Besaran biaya untuk calon mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang mendaftar melalui SNMPTN jalur undangan 2012, telah dapat dilihat pada laman registrasi.unnes.ac.id atau dapat juga dibuka melalui banner di sudut kanan laman ini (Besaran Kuliah Mahasiswa Baru Unnes).

Adapaun CARA MELAKUKAN PEMBAYARAN biaya pendidikan dan registrasi online adalah sebagai berikut:

Selain calon mahasiswa Bidikmisi, wajib membayar biaya pendidikan yang terdiri atas SPP, Sarana Pendidikan, dan Sumbangan Pengembangan Lembaga (SPL), dan lain-lain sesuai dengan Program Studi calon mahasiswa dengan besaran biaya yang telah diumumkan. Pembayaran biaya pendidikan dapat dilakukan mulai tanggal 11 s.d. 18 Juni 2012 dengan menunjukkan Kartu Peserta SNMPTN 2012 Jalur Undangan, melalui:

  • BNI 46 di seluruh Indonesia dengan cara (1) membayar langsung melalui teller; (2) ATM; atau (3) Internet Banking. Tata cara pembayaran melalui ATM dan internet banking selengkapnya dapat dilihat melalui situs registrasi http://registrasi.unnes.ac.id;
  • BRI di seluruh Indonesia dengan cara membayar langsung melalui teller;
  • Bank Mandiri di seluruh Indonesia dengan cara membayar langsung melalui teller;
  • BTN di seluruh Indonesia dengan cara membayar langsung melalui teller.

Selain itu, peserta melaksanakan registrasi secara online melalui website dengan alamat http://registrasi.unnes.ac.id, mulai tanggal 11 s.d. 18 Juni 2012 dengan syarat telah melunasi biaya pendidikan (kecuali calon mahasiswa Bidikmisi). Selanjutnya mencetak Formulir Lapor Diri, Formulir Registrasi, dan Surat Pernyataan menaati peraturan.

VERIFIKASI REGISTRASI/LAPOR DIRI

-Calon mahasiswa WAJIB HADIR (tidak boleh diwakilkan dengan alasan apapun) pada pembekalan 12-13 Juni 2012. Dengan jadwal, 12 Juni untuk FIP, FBS, FT, FIK dan 13 Juni 2011 untuk FIS, FMIPA, FH, FE. Pembekalan dimulai pukul 07.00 WIB di auditorium Unnes kampus Sekaran Gunungpati Semarang.

-Calon mahasiswa juga WAJIB HADIR (tidak boleh diwakilkan dengan alasan apapun) dalam kegiatan Verifikasi Registrasi/Lapor Diri yang akan dilaksanakan mulai pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB dan paling lambat hadir pukul 08.30 WIB sesuai dengan jadwal masing-masing fakultas/program studi, bertempat di Gedung Auditorium Unnes Kampus Sekaran Gunungpati Semarang;

-Jadwal kegiatan Verifikasi Registrasi/Lapor Diri diatur sebagai berikut.

  •  Selasa, 19 Juni 2012 untuk FIP, FT, FIK
  • Rabu, 20 Juni 2012 untuk FIS, FMIPA, FH
  • Kamis, 21 Juni 2012 untuk FBS, FE

-Calon mahasiswa yang tidak hadir kegiatan Verifikasi Registrasi/Lapor Diri sesuai dengan jadwal, dianggap mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa Unnes;

-Dalam kegiatan Lapor Diri calon mahasiswa wajib menyerahkan berkas yang meliputi:

-Bukti setor lunas pembayaran biaya pendidikan, kecuali untuk calon mahasiswa yang diterima untuk program Bidikmisi;

-Formulir Registrasi yang telah ditempeli pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 cm;

-Formulir Lapor Diri yang dicetak melalui laman registrasi.unnes.ac.id;

-Surat Pernyataan menaati peraturan yang telah ditandatangani di atas materai Rp6.000;

-Fotokopi tanda pengenal (KTP/SIM/KK);

-Pasfoto berwarna ukuran 3 x 3 cm sebanyak enam lembar, dan 3 x 4 cm sebanyak dua lembar;

-Hasil pemeriksaan kesehatan dari tim kesehatan Unnes yang dilakukan saat verifikasi registrasi;

-Surat keterangan kewarganegaraan dan surat ijin dari Dikti bagi Warga Negara Asing (WNA);

-Khusus bagi calon mahasiswa yang melamar beasiswa Bidikmisi maka wajib melampirkan Surat Pernyataan Peserta Program Bidikmisi yang dicetak melalui laman registrasi.unnes.ac.id.

-Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir dapat diserahkan ke Sub-Bagian Registrasi dan Statistik BAAKK Unnes selambatnya pada tanggal 10 September 2012;

KETENTUAN LAIN

Hak sebagai calon mahasiswa dinyatakan GUGUR apabila:

  1. Tidak memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan;
  2. Memberikan keterangan yang tidak benar pada waktu pendaftaran dan registrasi;
  3. Tidak mengikuti pembekalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
  4. Tidak melakukan verifikasi registrasi pada waktu yang telah ditentukan;
  5. Tidak memenuhi ketentuan dan persyaratan kesehatan calon mahasiswa baru.

Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Diunggah oleh :
Editor: Dhoni Zustiyantoro

119 Komentar untuk “Inilah Prosedur Registrasi SNMPTN Jalur Undangan”

  1. randy

    Senin, 11 Juni 2012 | 10:42

    kalau pendidikan sosiologi & antropologi itu masuk ke FIP/FIS?

  2. ila

    Senin, 11 Juni 2012 | 11:34

    untuk calon mahasiswa bidikmisi apakah melakukan registrasi online juga??? kok tidak ada kolom untuk bidikmisi??? tadi sy sudah mencoba melakukan registrasi online, tp ada tulisan “anda belum melakukan pembayaran”. padahal calon maba bidikmisi memamg tidak melakukan pembayaran. bagaimana pak, mohon penjelasannya. trimksh.

  3. Irma Rizqi Amalia

    Senin, 11 Juni 2012 | 11:49

    saya sudah melakukan registrasi online, dalam keterangan kita disuruh cetak formulir lapor diri, formulir registrasi, dan surat pernyataan. yang dimaksud formulir lapor diri yang mana? mohon informasi secepatnya..trimakasih

  4. akhwan

    Senin, 11 Juni 2012 | 12:07

    pend sosiologi antropologi masuk kedalam fakultas Ilmu Sosial FIS

  5. stephanie mutiara

    Senin, 11 Juni 2012 | 12:40

    formulir registrasinya jg didapat sehabis registrasi onlinhe ?

  6. rizki annisa

    Senin, 11 Juni 2012 | 13:38

    saya sudah membayar lewat bank, lalu mau registrasi online, tapi gak bisa.
    katanya saya belum tercatat melakukan pembayaran. padahal saya sudah menunggu lebih dari 1 jam. gimana ini…?

  7. devi mulyani

    Senin, 11 Juni 2012 | 14:31

    kalau pembayarannya nyicil apakah tidak bisa dan dianggap mengundurkan diri jika belum lunas hingga jadwal lapor diri ?

  8. Irfan sugianto

    Senin, 11 Juni 2012 | 14:40

    Assallamuallaikm pak bu siapa aja mohon bantuan nya.. ini kok no4 poin yang ke-3 tentang formulir lapor diri yang dicetak melallui laman registrasi.unnes.ac.id kok gak ada yah, yg tercetak itu hanya poin B dan D .. tolong jawaban nya pak saya mohon saya sdg registraasi, terimakasih

  9. diena

    Senin, 11 Juni 2012 | 16:44

    assalamualaikum,
    bapak ibu atau siapapun. saya sudah melakukan pembayaran lewat bank pagi tadi dan sore ini saya melakukan registrasi online tp tertulis bhwa saya belum membayar. bagaimana inii?
    wassalamualaikum,

  10. yessica rachel lupita tobing

    Senin, 11 Juni 2012 | 17:36

    saya sudah mencoba melakukan registrasi online tapi tidak bisa, padahal saya sudah melakukan pembayaran biaya pendidikan untuk program studi FMIPA pada pukul 13.36 melalui BNI.. bagaimana ini?

  11. Novi Suci P.

    Senin, 11 Juni 2012 | 17:46

    assalamu’alaikum….sya maw tanya..saya sudah registrasi online tp yg dicetak itu cuma Frmlir pndftran n srat p’nytaan, tidak ada frmlir lapor diri’y,,, terimakasih…tlng scpt’nya dijawab…

  12. Anna Fatchiyatuz Zakiyah

    Senin, 11 Juni 2012 | 17:53

    saya sudah byar di bank, tp kok gk bs registrasi ya? ini gmna??

  13. Laksmita HP

    Senin, 11 Juni 2012 | 18:05

    pak/bu mohon beri infonya,
    untuk calon mahasiswa bidikmisi apakah melakukan registrasi online juga? kok tidak ada kolom untuk bidikmisi? tadi sy sudah mencoba melakukan registrasi online, tp ada tulisan “anda belum melakukan pembayaran”. mohon penjelasannya lebih lanjut

  14. Afi Lathifa Maulida

    Senin, 11 Juni 2012 | 18:12

    untuk pakaiannya bebas rapi begitu ? terimakasih perhatiannya

  15. Liinah

    Senin, 11 Juni 2012 | 18:38

    heeeemzzz…. aq juga dah bayar lewat bank. Eeeeeeh,,,pas mau registrasi online gak bisa malah keluarnya kaya gni “Anda belum tercatat melakukan pembayaran registrasi mahasiswa baru angkatan 2012……..” :( padahal aq sudah bayar.
    Tolong bantuanya dunk…..

  16. Elsa

    Senin, 11 Juni 2012 | 18:44

    saya membayar di BTN Sendangmulyo dan BRI Kedungmundu tidak bisa , dapat informasi dari petugas unnes belum mengupload data jadi tidak bisa membayar di bank tersebut. Jadi di bank mana yang sudah menyediakan layanan untuk membayar registrasi ?

  17. RAGIL WASEZA

    Senin, 11 Juni 2012 | 18:48

    Assalamualaikum wr. wb.
    Bagaimana ini, saya sudah membayar lewat bank BNI jam 1 siang tadi tapi ketika saya login sore ini, kenapa keluar :

    “Anda belum tercatat melakukan pembayaran registrasi mahasiswa baru angkatan 2012. Jika Anda telah melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui bank, maka silahkan tunggu maksimum satu jam setelah transaksi. Jika telah melebihi batas waktu tersebut, maka silahkan melakukan komplain ke bank tempat Saudara melakukan transaksi. Registrasi online hanya dapat dilakukan setelah Saudara melunasi biaya pendidikan sebagaimana tercantum dalam pengumuman SPMU.”

    Karena hal ini saya mengklaim bank BNI, tapi kata petugas disana data pembayaran sudah masuk. kata petugasnya mungkin laman dan database UNNES belum di update..

    ..SABAR..SABAR..
    :: Mohon bantuan dan kejelasannya dari pihak UNNES ::

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum wr. wb.

  18. catur

    Senin, 11 Juni 2012 | 19:00

    mau tanya ini gimana ???
    yang ikut bidikmisi ikut registrasi online juga gak sih
    aku dari tdi nyoba kok gak bisa terus iya
    mohon di jelasin

  19. tesalonika

    Senin, 11 Juni 2012 | 19:26

    kalau pembayarannya tidak ada keringanan untuk mengangsur 2-3 kali ya?

  20. Aldhea Chinsi

    Senin, 11 Juni 2012 | 19:36

    Kok belum bisa regristrasi padahal saya sudah bayar tadi siang lho ?

  21. riwan sutandi

    Senin, 11 Juni 2012 | 19:38

    Mau tanya formulir lapor dirinya dimana ya..

  22. nayaka imadudin abdussalam

    Senin, 11 Juni 2012 | 19:48

    kalau pendidikan PPKN masuk apa??

  23. desi sesar warhayati

    Senin, 11 Juni 2012 | 20:21

    yaa sayaa satu pertanyaan dengan sdri. rizki annisa. :)
    saya sudah bayar lunas bahkan sudah ada bukti pembayarannya dari bank bersangkutan , tapi mau registrasi online kok pernyataannya saya blm tercatat melakukan pembayaran ????
    bagaimana ?
    apa saya harus menunggu sampai bsk ?
    tetapi maba lain ada yang sudah bisa .
    mohon kejelasan dan bantuannya :)))
    terimakasih :)

  24. Jevi Hemas Valen Pradana

    Senin, 11 Juni 2012 | 20:28

    saya ingin melakukan pembayaran, tetapi tidak tahu nomor rekeningnya? siapa saja yang tahu mohon bantuannya….

  25. fauzi

    Senin, 11 Juni 2012 | 20:40

    FORMULIR LAPOR DIRI YANG HARUS DI CETAK KO GAG ADA.???

    mohon kejelasannya

  26. Faaza Fairuza Miko

    Senin, 11 Juni 2012 | 23:26

    Surat Pernyataan menaati peraturan itu dapatnya/ambilnya dari mana pak?

  27. febri hary

    Selasa, 12 Juni 2012 | 05:22

    cara daftar ulangmya bagaimana yaa?

  28. frans leonardo

    Selasa, 12 Juni 2012 | 09:40

    no rekening biaya yg harus d tranfer brapa ya?

  29. Ainul Asri Almuthoharoh

    Selasa, 12 Juni 2012 | 10:01

    pengisian alamat di semarang (kos) pd saat registrasi online wajib dicantumkan tdk? soalnya saya blm punya…

  30. A.Mukti

    Selasa, 12 Juni 2012 | 10:43

    mohon penjelasan, saya melakukan pembayaran untuk jalur undangan lewat bank mandiri, sudah dua hari, belum bisa akses, mohon pejelasan dari UNNES,
    apa unnes belus konfirmasi dengan bang mandiri

  31. yessica rachel lupita tobing

    Selasa, 12 Juni 2012 | 11:03

    tolong dibantu…knp registrasi online gak bisa padahal sudah melakuka pembayaran. kami sudah menunggu hampir 24 jam tapi tetap gakk bisa. pembayaran sudah saya lakukan melalui BNI. petugas bilang belum di update UNES. tolong bantuannya.

  32. widya

    Selasa, 12 Juni 2012 | 11:18

    bkan’y smua’y bsa d dpet stlh byar regirtrasi dlu kan..??

  33. hestu dwi nastiti

    Selasa, 12 Juni 2012 | 11:37

    saya sdh byar uang kuliah lunas dan sdh mnerima bukti pembyran nya kemarin jam satu siang.tpi sampai saat ini saya blm bsa registrsai online.dan jwbnya “Anda belum tercatat melakukan pembayaran registrasi mahasiswa baru angkatan 2012. Jika Anda telah melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui bank, maka silahkan tunggu maksimum satu jam setelah transaksi. Jika telah melebihi batas waktu tersebut, maka silahkan melakukan komplain ke bank tempat Saudara melakukan transaksi. Registrasi online hanya dapat dilakukan setelah Saudara melunasi biaya pendidikan sebagaimana tercantum dalam pengumuman SPMU”.
    MOHON BANTUN DAN KEJELASANNYA.
    saya lihat sdh ada yg bisa,tpi punya saya blm bisa.nuwun

  34. chika

    Selasa, 12 Juni 2012 | 11:44

    assalamualaikum, saya sudah membayar lunas untuk uang pendaftarannya tetapi saat saya log in kenapa masih belum terdaftar ya? padahal sudah 1 jam lebih saya transaksinya.
    mohon kejelasannya, terima kasih

  35. elizabeth nurganing yumeidha

    Selasa, 12 Juni 2012 | 11:51

    buat jevi tinggal bilang sama tellernya aja nanti di beri petunjuk

  36. Aziz zindani

    Selasa, 12 Juni 2012 | 12:10

    ass
    nomor NISN yang di kartu SNMPTN undangan saya salah 1 digit paling belakang apakah pengaruh buat kelanjutannya..

  37. NAMI

    Selasa, 12 Juni 2012 | 12:38

    Saya sudah melakukan pembayaran dibank juga sudah saya tunggu satu jam,, mlh lebih,, tp kog dianggap belum melakuan pembayaran… mohon kejelasan’y
    thx

  38. Dyah Rizki Fatati

    Selasa, 12 Juni 2012 | 12:47

    Assalamu’alaikum…..Saya tadi pagi sudah membayar biaya registrasi lewat bank BNI cabang USM…..tapi waktu saya registrasi online yang keluar seperti ini “Anda belum tercatat melakukan pembayaran registrasi mahasiswa baru angkatan 2012. Jika Anda telah melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui bank, maka silahkan tunggu maksimum satu jam setelah transaksi. Jika telah melebihi batas waktu tersebut, maka silahkan melakukan komplain ke bank tempat Saudara melakukan transaksi. Registrasi online hanya dapat dilakukan setelah Saudara melunasi biaya pendidikan sebagaimana tercantum dalam pengumuman SPMU.”
    mohon bantuannya dari pihak UNNES…..
    Wassalamu’alaikum..

  39. bisma

    Selasa, 12 Juni 2012 | 12:59

    saya sudah bayar lunas di BNI, tapi kenapa tidak bisa reg. online..??
    mohon penjelasannya bagi yang tau..

  40. DIDI

    Selasa, 12 Juni 2012 | 13:08

    gimana saya juga udah melunasi biaya pendaftran tapi kok belum bisa reg onlne.,
    jawabannya pun sama .,
    unnes,jangan bikin calon mahasiswa baru galau dong,mohon segera di ambil tindakan secepat nya.,

  41. Fitri Inayati

    Selasa, 12 Juni 2012 | 14:21

    kemarin sktr jam 14.00 saya mau membayar d bank,ttpi kox blum bisa itu knp iya? pdhlkn registrasi d mulai tgl 11 kmrin kan?

  42. sandi tanti

    Selasa, 12 Juni 2012 | 15:27

    saya sudah bayar kBank sebesar biaya yg tercantum, tapi sampai sekarang ko saya belum bisa login, dan tampilanya kalo saya belum terdaftar..
    tolong kebijankanya…
    terima kasih

  43. anita widia

    Selasa, 12 Juni 2012 | 15:34

    PIHAK UNNES TOLONG SEKALI.
    KASIHAN KITA YG SUDAH MEMBAYAR TAPI BELUM BISA MELAKSANAKAN REGISTRASI ONLINE.
    MOHON INFONYA YG LEBIH JELAS.

  44. Jevi Hemas Valen Pradana

    Selasa, 12 Juni 2012 | 15:36

    terima kasih untuk elizabeth atas penjelasannya

  45. jumhan munif

    Selasa, 12 Juni 2012 | 17:40

    Assalam mualaikum wr wb
    bapak/ibu atau siapa saja, kejadian sya juga sama , sudah membayar untuk pendaftaran ulang tetapi belum bisa masuk untuk registrasi online yaaaa …..
    why ?

  46. veronica okming

    Selasa, 12 Juni 2012 | 18:35

    maaf kenapa yang tercetak hanya formulir registrasi dan pernyataan.?
    bagaimana dengan formulir lapor dirinya.?
    kenapa tidak ada.?

  47. Leni sri rahayu

    Selasa, 12 Juni 2012 | 19:03

    Assllmmm
    mau tanya , kan ada tabel buat ngisi nilai UN…
    itu teh bener harus di isi apa ggg ???

  48. Cupid

    Selasa, 12 Juni 2012 | 19:59

    Formulir “Lapor Diri” ???????????
    :O

  49. Shilvia Rosiyana

    Rabu, 13 Juni 2012 | 11:10

    ass..
    bagi yang bdikmisi gmn nomer pinnya ????
    klo gak ad nomer pinnya mbok gak bs cetak form regs, form lapor diri m surat pernyataan ????
    tlog sekalii di perjelas si …

  50. Uti tia

    Rabu, 13 Juni 2012 | 11:35

    saya sudah mmbyar di bank,,tapi kenapa sampai sekarang belum bisa reg.online….????

  51. Dian Novita

    Rabu, 13 Juni 2012 | 12:29

    saya sudah registrasi online, formulir registrasi dan surat pernytaan sudah tercetak lalu formulir lapordirinya kok gak ada ???
    mohon untuk pihak unnes segera memberi penjelasan tentang masalah ini.
    trimakasih

  52. yuliia nurma

    Rabu, 13 Juni 2012 | 13:25

    ga bisa registrasi onlone gara2 belum tau gol. darah .
    O.o

  53. ika

    Rabu, 13 Juni 2012 | 14:02

    bagaimana ya cara mendapatkan formulir lapordiri kalau sudah melakukan registrasi ?

  54. Syafrina

    Rabu, 13 Juni 2012 | 14:59

    saya sudah melakukan pembayaran sejak pagi, tapi masalahnya sama seperti yang telah dialami oleh teman2 diatas. sebenarnya apa yang terjadi?

  55. Intan Aistyawati

    Rabu, 13 Juni 2012 | 15:17

    saya sudah mmbyar di bank,,tapi kenapa sampai sekarang belum bisa reg.online

  56. eki yulianto

    Rabu, 13 Juni 2012 | 16:53

    gimana nih pihak unnes , cepet dong penjelasannya..
    kita yg udah pada bayar lunas di bank tp belum bisa registrasi online.

  57. anjar windasari

    Rabu, 13 Juni 2012 | 17:00

    assalam mu’alaikum wr.wb..pk tdi pagi saya sdh byar d’BANK,,tp ketika saya registrasi ONLINE kok blum terdaftar??..mhon DI JELASKAN!

  58. iis setyawati

    Rabu, 13 Juni 2012 | 17:18

    ini registrasinya bagaimana ?
    kok belum bisa ?
    infonya kurang jelas,,,
    banyak bank yang masih offline !!!
    MOHON DIPERJELAS !!!

  59. bendot

    Rabu, 13 Juni 2012 | 17:19

    semoga adek2 bisa di terima di UNNES…
    amin…

    bagi adek2 maba dari Tangerang bisa gabung FB di PERMATA UNNES..
    bagi adek2 dari mana saja bisa gabung di FB GTA 4EVER…

    sekali lagi semoga di terima di UNNES…
    AMIN..

  60. Menteri Luar Negeri BEM KM UNNES

    Rabu, 13 Juni 2012 | 17:21

    UNNES SEHARUSNYA MEMBERIKAN KLARIFIKASI SEJELAS-JELASNYA KENAPA MASIH TERJADI GAGAL REGISTRASI ONLINE BAGI PESERTA YANG SUDAH MEMBAYAR DI BANK.
    KALAU MAU PAKAI COMPUTERIZE SYSTEM, SEHARUSNYA JUGA SUDAH SIAP DAN BERTINDAK PROFESIONAL!
    SUDAH BANYAK KELUAHAN SEPERTI INI , MASIH SAJA TIDAK ADA TANGGAPAN DARI UNNES.
    BAGAIMANA MAU MENJADI KAMPUS YANG SEHAT, UNGGUL DAN SEJAHTERA KALAU TIDAK SEGERA BERBENAH!
    MOHON MENJADI PERHATIAN!

  61. nina

    Rabu, 13 Juni 2012 | 17:46

    saya sudah melakukan pembayaran tadi siang di bank BNI, tapi kenapa sampai sekarang belum bisa registrasi online juga? tapi temen saya yang bayar leawt bank BRI bisa, apa harus leawt bank BRI?

  62. luqmanul hakim

    Rabu, 13 Juni 2012 | 18:09

    assalamu’alaikum…
    maaf sebelumnya..
    td siang saya sudah bayar ke bank BNI lalu sya jam 6 malam saya egistrasi… and login
    kok ndak bisa ya..
    mohon keterangannya

  63. Riatul

    Rabu, 13 Juni 2012 | 19:50

    aku juga dah bayar td jam 1 siang tp knp mpe skrg lom sa registrasi online???? mhon bantuannya

  64. Riatul

    Rabu, 13 Juni 2012 | 19:55

    ASS

    tlg jwab p’tanyaan Q dng Q bth bget bantuan cz dr td Q registrasi OL pi gag bsa” pdhal Q dach byar td siang di BNI 46 Semarang

  65. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Rabu, 13 Juni 2012 | 21:50

    Saudara Menteri Luar Negeri yang terpelajar, penjelasan ikhwal registrasi online beserta berbagai kesulitan yang mungkin terjadi serta penyelesaiannya telah disampaikan secara langsung dan gamblang pada saat pembekalan, Selasa-Rabu (12-13/6). Peserta yang tidak hadir pada saat pembekalan tersebut, yang notabene bersamaan dengan ujian tulis SNMPTN, dianggap mengundurkan diri. Sekadar catatan, belum juga adanya kepastian tentang besaran biaya kuliah setelah turunnya edaran tentang uang kuliah tunggal (UKT) yang belakang ditangguhkan pemberlakuannya, sementara registrasi harus segera diselenggarakan sesudah pengumuman SNMPTN, memang telah menghadirkan kesulitan tersendiri, tidak hanya di Unnes tetapi juga di berbagai PTN lainnya. Unggahan berita beserta komentar kami dari waktu ke waktu kiranya cukup untuk menerakan hal itu. Sungguh senang jika Saudara Menteri senantiasa berkenan memberikan saran konstruktif bagi kemajuan institusi yang (semestinya) kita cintai ini sekaligus memberikan motivasi kepada adik-adik kita yang hendak mengenal “rumah” kita ini. Salam konservasi!

  66. roni

    Kamis, 14 Juni 2012 | 00:45

    saya harap masalah registrasi segera selesai………
    saya udah mbayar tapi di registrasi online”anda belum tercatat melakukan pembayaran….”. kan kaget,uangnya dah ludes…..
    Wassalam….

  67. jumhan munif

    Kamis, 14 Juni 2012 | 06:04

    trus konvirmasi kejelasannya sampai kapan pak ?
    orang tua kami menunggu kepastian untuk kami bisa registrasi online…
    mhon perhatiannya, dan trimakasih

  68. Rena

    Kamis, 14 Juni 2012 | 06:45

    Kenapa yg melakukan pembayaran lewat Bank BNI belum bisa melakukan registrasi online ya?

  69. Prasetya Bahar

    Kamis, 14 Juni 2012 | 07:03

    Apabila terjadi kesalahan teknis pengisian data registrasi,adakah pihak yang bisa segera dihubungi?

  70. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Kamis, 14 Juni 2012 | 08:27

    Adik-adik, jika sampai batas waktu yang kami tentukan untuk melakukan registrasi masih mengalami kesulitas untuk registrasi karena masaah teknis, Adik-adik bisa menuntaskan segala persoalan pada saat verifikasi registrasi/lapor diri mulai 19 Juni 2011. Salam konservasi.

  71. Prasetya Bahar

    Kamis, 14 Juni 2012 | 08:40

    Terima kasih,atas infonya…

  72. Afina Maryam Pratiwi

    Kamis, 14 Juni 2012 | 09:00

    Maaf, saya mau bertanya. Ketika pengisian data wkt regristasi online Alamat di Semarang (kos) wajib diisi? Karena saya blm memperoleh kos di semarang. Mohon penjelasannya. Terimakasih

  73. Sani ALim Irhamna

    Kamis, 14 Juni 2012 | 09:56

    maaf bapak, ini saya sudah berhasil registrasi, tapi untuk FORMULIR LAPOR DIRI itu tidak ada.. itu bagaimana bapak?

  74. Shilvia Rosiyana

    Kamis, 14 Juni 2012 | 11:10

    Assalamu’alaikum
    mv, untuk form lapor diri kok gak ada y ???

  75. Syafrina

    Kamis, 14 Juni 2012 | 11:41

    maaf, kenapa di laman registrasi.unnes.ac.id tidak terdapat link untuk mencetak formulir lapor diri?

  76. mifta

    Kamis, 14 Juni 2012 | 12:16

    tanya …?
    Kenapa biaya kuliah jalur undangan, tulis dan spmu gak dikeluarin bersama sama …?
    Apa terdapat perbedaan jumlah biaya kuliah antara snmptn undangan,tulis dan spmu ,,,,?

  77. afifah fitriani

    Kamis, 14 Juni 2012 | 12:45

    pak ,saya sudah byar di BNI 46 tp knp mch tertera blm melakukan pembyran…?pdhal sdh berjam2…

  78. ANNISA DIAN F.R.A

    Kamis, 14 Juni 2012 | 12:51

    maaf pak..saya mau tanya,,formulir lapor diri untuk verifikasi jalur undangan knp blm ada ya,terima kasih

  79. MICHAEL

    Kamis, 14 Juni 2012 | 14:32

    Maaf Pak,,, komentar bapak di atas harap diralat. bukan 19 juni 2011, tapi 19 juni 2012 (ambigu yooo,,). pak sy udah bayar daftar di BRI Pandanaran lewat teller. tapi koq belum bisa registrasi online????
    Sebenarnya bank mana aja yg bisa atau yang salah pak????
    knp sebagian teman2 udah ada yg bisa registrasi online????
    ayo dong tman2,, bagi2 info yaa. bg yang udah bisa registrasi online itu apa aja toh yg udah dilakukan??? kalian koq bisa??? :-)

  80. susanto

    Kamis, 14 Juni 2012 | 14:37

    pak minta kejelasannya. kok sudah byar tapi gk bisa reg online?

  81. Indri

    Kamis, 14 Juni 2012 | 14:41

    Saya mau tanya, saya sudah membayar dan saya sudah mencetak formulir registrasi dan surat pernyataan. namun formulir lapor dirinya kok gak ada ya ?

  82. Suryanto Hasudungan Sihombing

    Kamis, 14 Juni 2012 | 14:45

    Saya ingin bertanya nih saya kan udah bayar biaya pendaftaran ullang yang senilai Rp 7.225.000,00 ke Bank BRI dekat dengan kampus Unnes.. Nah setelah saya ingin mendaftar Online yang saya terima jawabannya bahwa saya belum membayar uang registrasi. Jadi saya ingin bertanya. Kenapa bisa begitu ??? Apa ada kesalahan terhadap Bank nya atau ada masalah di Unnes sebab ada teman saya juga begitu.

  83. FIQIH

    Kamis, 14 Juni 2012 | 16:00

    kok formulir lapor diri nya tidak ada???

  84. suci

    Kamis, 14 Juni 2012 | 16:03

    formulir lapor diri itu yang mana ya?koq gak ada!!!!

  85. ipank

    Kamis, 14 Juni 2012 | 16:23

    tolong pak kejelasan log in !

  86. Monica

    Kamis, 14 Juni 2012 | 16:41

    Yth. Bapak/Ibu panitia pendaftaran SNMPTN Undangan, saya mau bertanya. Saya sudah melakukan registrasi online, namun yang bisa dicetak hanya formulir registrasi saja. Sedangkan di persyaratan untuk verifikasi registrasi, yang dicetak adalah form.registrasi, form.lapor diri, dan surat pernyataan menaati peraturan. Nah, yang tertera setelah saya log in sebagai berikut
    Yang Wajib Anda Lakukan Adalah:
    VERIFIKASI DATA CALON MAHASISWA
    VERIFIKASI DATA NILAI UJIAN NASIONAL
    REVIEW DATA CALON MAHASISWA
    CETAK FORMULIR REGISTRASI
    CETAK SURAT PERNYATAAN (Khusus Calon Mahasiswa yang Mengajukan Beasiswa Bidik Misi)
    apakah hanya untuk mahasiswa bidikmisi saja surat pernyataannya, sedangkan dipersyaratan umum (bukan bidikmisi) juga ada dituliskan? dan form.lapor dirinya di mana ya?
    tolong dijelaskan.
    terima kasih

  87. galih

    Kamis, 14 Juni 2012 | 17:22

    Formulir LAPOR DIRI di mana ya…………????
    Mohon Bantuannya bagi yang tau..Terimakasih..,

  88. kesya

    Kamis, 14 Juni 2012 | 19:16

    yang dipake buat ngisi nilai ujian diregistrasi online pake yang nilai ujian murni apa nilai akhir yaa???tolong dikasih infonya dong,,,
    soalnya aq udah pake nilai ujian nasional yang murni,,

  89. Nurul Hidayah

    Kamis, 14 Juni 2012 | 21:24

    formulir lapor dirinya kok gak ada yaaa???

  90. Rena

    Kamis, 14 Juni 2012 | 22:32

    BAGI TEMAN TEMANKU SE-ANGKATAN.
    MOHON DILIHAT DI LAMAN http://registrasi.unnes.ac.id./
    LIHAT NOMOR 7.
    DISANA DISEBUTKAN BAHWA : Melaksanakan registrasi online melalui situs ini hingga dihasilkan cetakan FORMULIR REGISTRASI dan SURAT PERNYATAAN (11 Juni s.d 18 Juni 2012)
    SAYA RASA ITU SUDAH SUKUP JELAS TEMAN TEMANKU TERCINTA :)
    SAYA HARAP INFORMASI INI BISA MEMPERJELAS PEMAHAMAN TEMAN TEMAN SEMUA.
    TERIMAKASIH.

  91. RisaL Rahmad Jawri

    Kamis, 14 Juni 2012 | 23:07

    Mentri Luar Negeri BEM KM UNNES@ maaf kak, ini kami masih bingung soaL formuLir yang akan di cetak Lewat Laman “registrasi.unnes.ac.id”, di Laman tersebut hanya terdapat formuLir registrasi dan surat pernyataan kesanggupan menaati peraturan unnes, untuk formuLir Lapor dirinya tidak ada,
    mungkin sedianya kakak mau membantu kami mencarikan info soaL ini, formuLir Lapor diri bisa kami dapatkan dari sumber mana..??
    karna kami sudah bertanya pada bapak Sucipto Hadi Purnomo, namun tiada jawaban pasti mengenai haL ini,
    mohon bantuannya kak, kami caLon mahasiswa baru unnes benar” kebingungan mengenai ini, TOLONG BANTUANNYA KAK….
    terimakasih, saLam konservasi

  92. hamba Allah

    Jumat, 15 Juni 2012 | 00:00

    7. Melaksanakan registrasi online melalui situs ini hingga dihasilkan cetakan formulir registrasi dan Surat Pernyataan (11 Juni s.d 18 Juni 2012)
    i think form lapor diri memang tidak disertakan kawan2 :) thx

  93. ferdi f

    Jumat, 15 Juni 2012 | 07:57

    berarti emg gak ada kann formulir lapor dirinyaa??

  94. racie

    Jumat, 15 Juni 2012 | 08:06

    bagaimana klo terjadi sedikit kesalahan dlam hsil akhir??
    krna saya dlam pengisian biodata sudah bnar.
    tetapi setelah mncul hasil akhir kok jadi beda y?

    ex: marfu’ah hasil akhir mnjadi mar\’fuah
    gym dengan yg demikian?

  95. RisaL Rahmad Jawri

    Jumat, 15 Juni 2012 | 08:21

    @Rena + @Hamba Allah
    LaLu bagaimana dengan Syarat No.7 point C…??
    coba teman Lihat di : “http://registrasi.unnes.ac.id/?ft=63NHSHQ3CByl6CYSP7ir6SU@uaycXRMyb1Wyr2mXSouu6SW2qjlh@kZQUejGYY@b”

    di situ di sebutkan bahwa: “Formulir Lapor Diri yang dicetak melalui laman registrasi.unnes.ac.id;”

    itu bagaimana…??

  96. SUMARNI

    Jumat, 15 Juni 2012 | 09:53

    ASSALAMUALAIKUM PAK
    MAAF DIOMANA KAMI BISA MENCETAK FORMULIR LAPOR DIRI?KENPA DI LAMANNYA TIDAK ADA,YANG ADA HANYA FORM REGISTRASI DAN SURAT PERNYATAAN
    MOHON KEJELASANNYA,SUPAYA TIDAK ADA KESALAHAN YANG AKAN MEMBUAT RUGI CALON MAHASISWA BARU

  97. tri maheni

    Jumat, 15 Juni 2012 | 09:55

    saya sudah buka di alamat registrasinya,tp kog belum ada yang bisa dicetak.
    trimakasih

  98. sumarni

    Jumat, 15 Juni 2012 | 09:57

    form lapor diri mungkinkah disediakan di sana?

  99. Sumarni

    Jumat, 15 Juni 2012 | 10:28

    Pak form itu tdk bisa dicetak lagi? Kalo ada kesalahn bagaimana?memang tdk terlalu fatal,tapi kalo saya bisa menjelaskan,tidak apa2 kan pak?

  100. ulfa

    Jumat, 15 Juni 2012 | 11:26

    no ktp kalo belum ada diisi apa ya?#masih dalam proses soalnya

  101. Awwalufikas U F

    Jumat, 15 Juni 2012 | 14:33

    pak. saya sudah bayar biayanya tapi kok belum bisa registrasi online ya. padahal jarak pembayarannya sudah 4 jam lebih. mohon penjelasannya. trimakasih.

  102. Elok Prayogi

    Jumat, 15 Juni 2012 | 15:18

    kalo misalnya belum punya KTP itu no.ID nya bisa pake nomer di Kartu Keluarga?
    mohon dijawab

  103. synthia

    Jumat, 15 Juni 2012 | 15:34

    ya walaupun di nomor 7 dikatakan “Melaksanakan registrasi online melalui situs ini hingga dihasilkan cetakan formulir registrasi dan Surat Pernyataan (11 Juni s.d 18 Juni 2012)” tapi di berita diatas ada tertulis berkas yang harus dibawa pada saat lapor diri, dan salah satunya adalah : “Formulir Lapor Diri yang dicetak melalui laman registrasi.unnes.ac.id” nah itu gimana dong? kok sampai sekarang gak ada form lapor dirinya ? klarifikasi dari pihak UNNES juga belum ada ? dimana ya kirakira form lapor dirinya ? MOHON KEJELASANNYA.

  104. maryam

    Jumat, 15 Juni 2012 | 15:42

    kenapa smpai skrg kmi msh kesulitan melekukan registrsi online? pdhal sy sdh mmbyr sejk 2 hr yg llu…bgmn solusinya? trima ksh

  105. ardy

    Jumat, 15 Juni 2012 | 16:36

    kalau bayarnya tgl 19 bsa apa gag y?

  106. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Jumat, 15 Juni 2012 | 17:04

    Adik-adik, jika sampai saat ini masih ada di antara Adik-adik masih mengalami hambatan untuk melakukan registrasi online, termasuk mendapatkan keterangan “Anda belum melakukan pembayaran”, tak perlu panik. Memang telah beberapa kali terjadi ganggungan pada jaringan kami dan kami terus-menerus melakukan pembenahan. Konfirmasi dari pihak bank mitra kami, tidak ada satu pun kegagalan dalam pembayaran –termasuk yang oleh sistem registrasi online disebut “Anda belum melakukan pembayaran”. Adapun ikhwal formulir lapor diri, silakan itu Adik-adik kesampingkan, karena dengan adanya perubahan jadwal yang sedianya lapor diri dilakukan sebelum pembekalan, formulir ini tidak lagi menjadi sebuah kelengkapan yang wajib dipenuhi. Meskipun demikian, jika masih ditemukan kesulitan lagi, silakan untuk diselesaikan saat verifikasi registrasi/lapor diri mulai 19 Juni 2012. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi selama ini. Kami berjanji akan senantiasa melakukan penyempurnaan dalam layanan ini. Salam konservasi.

  107. mahdum

    Jumat, 15 Juni 2012 | 17:52

    assalamualaikum

    bapak sucipto hadi pornomo

    mau nanya ..?

    begini pak waktu registrasi online saya salah mengisikan data pada nama orang tua salah .yang seharusnya sa’dullah setelah di cetak teryata jadinya ( sa/// )

    bagaimana pak ..?

  108. Syafrina

    Jumat, 15 Juni 2012 | 18:44

    maaf, saya mau tanya mengenai pengisian data nilai ujian nasional. nilai yang harus diisikan nilai yang ujian nasional murni atau yang nilai akhir?
    data saya telah terlanjur keisi dengan nilai ujian nasional yang murni.
    saya mohon kejelasannya dengan sangat. terimakasih

  109. tyas

    Jumat, 15 Juni 2012 | 18:45

    maaf sya mw tanya no pserta n no pndftran it yg mna iia????tlong bntuanya…drtd sy blum bsa log in…

  110. ardhi samodra

    Jumat, 15 Juni 2012 | 20:26

    kalau buta warna parsial masih bisa diterima gak ya?

  111. Menteri Luar Negeri BEM KM UNNES

    Sabtu, 16 Juni 2012 | 08:19

    bapak Sucipto, terima kasiih.
    untuk adek2ku, formulir lapor diri sudah di sediakan oleh pihak unnes pada saat jadwal laor diri tgl 19-21 besok, untuk lebih jelasnya silakan lihat di situs registrasi.unnes.ac.id di bagian REVISI: Prosedur Registrasi Calon Mahasiswa Baru
    semoga bermanfaat.

  112. nisa

    Sabtu, 16 Juni 2012 | 10:16

    assalamu’alaikum
    bapak Sucipto Hadi Purnomo ,, saya Khoirun Nisa’ dr FMIPA sudah melakukan registrasi sesuai prosedur dan telah mengisi semua data dg benar. Namun saat mencetak formulir registrasi nama lengkap saya yg tertera bukan KHOIRUN NISA’ melainkan KHOIRUN NISA\’
    Apakah hal tersebut akan berpengaruh saat saya lapor diri tgl 20 juni 2012 nanti??
    Mohon penjelasannya pak..
    terima kasih
    Wassalamu’alaikum

  113. nita

    Sabtu, 16 Juni 2012 | 10:54

    gmn cara melaukakn pembayaran lewat atm ?

  114. eva

    Sabtu, 16 Juni 2012 | 16:07

    formulir lapor diri blm ada d laman registrasi online,bagaimana?

  115. yuliia nurma

    Sabtu, 16 Juni 2012 | 16:50

    gimana jika terjadi kesalahan pengetikan pada biodata orang tua ?
    apakah berpengaruh ?

  116. aprillia putri

    Minggu, 17 Juni 2012 | 11:55

    kaka,aku mau tanya gimana klo pas pengisian biodata ad kesalahan pas bagian gol.darah ?? apakah itu termasuk pembohongan ??

  117. Prasetya Bahar

    Minggu, 17 Juni 2012 | 20:12

    Mohon infonya apabila terjadi kesalahan pengisian data,bisakah direvisi saat lapor diri???

  118. andos

    Kamis, 12 Juli 2012 | 22:25

    GIMANA CARA MENDAPATKAN SURAT KETERANGAN KEWARGANEGARAAN?

  119. nurul

    Selasa, 28 Mei 2013 | 10:19

    bpak yth.
    saya diterima di Unnes hri ni DARI JLUR UNDANGAN setela melihat oengumuman tapi ada persyaratan bahwa saat pembekalan saya harus membawa kartu peserta sNMPTN, namun pada saat pendaftaran saya lupa mencetak kartu itu..
    bagaimana solusinya,mohon jawab1