Inilah Ketentuan Beasiswa Unggulan 2012

Sabtu, 17 Maret 2012 | 7:29 WIB


Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tahun 2012 kembali berinisiatif menyelenggarakan program beasiswa unggulan (BU) bagi calon pendidik dan tenaga kependidikan tetap. Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi akademik dosen dan tenaga kependidikan yang memenuhi kualifikasi unggul.

Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Supriadi Rustad, dalam surat edaran bernomor 620.1/E4.4/2012 menyatakan, program BU merupakan beasiswa untuk mengikuti pendidikan bergelar tingkat Pascasarjana (magister atau doktor) pada perguruan tinggi, di dalam dan di luar negeri dengan memprioritaskan pada bidang-bidang keilmuan strategis.

Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi bagi calon pendaftar, Indek Prestasi Komulatif (IPK) lulusan S1 3,0 untuk calon yang akan melanjutkan ke program S2, dan IPK 3,25 untuk lulusan S2 yang akan melanjutkan ke program S3. Pendaftar berusia maksimal 26 tahun untuk calon yang akan melanjutkan S2 dan maksimal 30 tahun untuk calon yang akan melanjutkan S3 (untuk calon dosen).

Selain itu, berusia maksimal 38 tahun untuk calon yang akan melanjutkan S2 dan maksimal 40 tahun untuk calon yang akan melanjutkan S3 (untuk tenaga kependidikan). Ketentuan dan persyaratan lengkap penerimaan program beasiswa unggulan dapat dilihat dalam panduan beasiswa unggulan melalui laman http://dikti.go.id, sedangkan pendaftaran BU online dapat diakses melalui laman http://beasiswa.dikti.go.id/bu.

Persyaratan lain, pelamar BU dalam negeri selain mendaftar online pada laman tersebut, juga harus menyerahkan semua dokumen persyaratan pengajuan BU kepada Program Pascasarjana yang dituju (dokumen persyaratan tidak lagi dikirimkan ke Ditjen Dikti). Sedangkan pelamar BU luar negeri selain mendaftar online, juga mengirimkan semua dokumen persyaratan pengajuan beasiswa unggulan, disampaikan secara resmi ke Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi gedung D Lantai 5, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan, Jakarta 10002.

“Pendaftaran program beasiswa unggulan ini akan ditutup 30 Mei 2012,” tandas Supriadi Rustad dalam surat edaran itu, serta mengajak sesiapa pun untuk menyebarluaskan informasi ini kepada program studi yang relevan, calon dosen dan tenaga kependidikan yang berkompeten di lingkungan perguruan tinggi.

Panduan BU 2012 dapat diunduh di sini.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 7.260 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

13 komentar pada “Inilah Ketentuan Beasiswa Unggulan 2012

  1. Adakah peluang bagi guru yang IP & usianya tdk memenuhi syarat ? misalnya via jalur swadaya khusus balon Pengawas Dikmenum

  2. Saya ambil contoh tentang persyaratan mengikuti seleksi balon penerima sertifikasi pendidikan belum S1 tapi usia sdh diatas 55 th bisa mengikuti seleksi

  3. mohon minta informasi alamat link lengkap tentang beasiswa calon dosen ini dan universitas2 mana saja yg membuka peluang pd thn 2012..
    trima kasih

  4. Selamat sore..
    saya mau tanya,,maaf sebelumnya,, dari daftar perguruan tinggi yg terdaftar sebagai penyelenggara BU DIKTI di buku panduan BU 2012, UNNES koq tidak terdaftar ya?? apakah di sana belum tercantum atau memang tidak terdaftar??
    MOHON kejelasannya, karena saya ingin daftar S2 dengan mendaftarkan diri di BU DIKTI 2012,,makasih ^ ^

  5. saya mau tanya knp UNNES tidak ada dalam daftar tuk BU 2012. Padahal saya mau daftar. harap penjelasannya. makasi sebelumnya

  6. selamat malam..
    saya adalah lulusan pendidikan teknik otomotif, yang waktu di jenjang D3 saya mengambil jurusan teknik mesin maintenance. apakah hal ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi dikti untuk diluluskan pada beasiswa unggulan dikti ini, karena saya pindah jurusan dr teknik mesin maintenance ke pend. teknik otomotif..???. mohon penjelasannya…dan terima kasih sebelumnya..

  7. Saya seorang guru, sekarang sedang kuliah S3 Program Studi Teknologi Pendidikan di UNJ mohon informasi, adakah beasiswa atau bantuan pendidikan bagi guru yang melanjutkan ke jenjang S3? Kalau ada mohon informasinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *