Inilah Cara Pembayaran SBMPTN

Kamis, 16 Mei 2013 | 14:04 WIB


Inilah Cara Pembayaran SBMPTN
POB/SBMPTN

Masih banyak calon peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang belum tahu cara pembayaran pendaftarannya. Inilah cara pembayaran yang sudah ditentukan panitia SBMPTN. Sebelum tahap tersebut, calon peserta perlu memahami kategori calon peserta Pendaftar SBMPTN.

Selanjutnya calon peserta dapat melakukan pembayaran melalui bank yang ditunjuk oleh panitia SBMPTN. Apabila melalui Internet Banking atau ATM, pilih menu 10000 bagi kategori 1 dan menu 10001 bagi kategori 3 dan 5. Sedangkan melalui Teller atau SMS banking, kategori 1 menggunakan pilihan Bayar Awal serta pilihan Tambah Bayar bagi kategori 3 dan 5.

Kategori

Ikut SNMPTN 2013

Calon Peserta Pendaftar Bidikmisi

Biaya Seleksi

1

Tidak

Tidak

Bayar

2

Tidak

Ya

Tidak Bayar

3

Ya

Ya

Tidak Bayar

4

Ya

Tidak

Bayar

5

Ya

Ya

Bayar

Selain melalui bank Mandiri, calon peserta dapat melakukan pembayaran di ATM yang berlogo ATM Bersama dengan pilihan menu BAYAR/BELI, pilih menu Pendidikan. Bank Mandiri juga sudah bekerjasama dengan kantor Pos untuk melayani pendaftaran. Calon peserta cukup mencantumkan nama, tanggal lahir bagi pembayaran baru dan nomor KAP bagi pembayaran tambahan, nominal pembayaran dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Untuk kategori 1 akan mendapatkan nomor Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN) untuk SBMPTN 2013. Sedangkan kategori 4 atau 5 akan menerima PIN SBMPTN saja. KAP dan PIN ini bersifat rahasia.

Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id. dengan menyiapkan KAP dan PIN SBMPTN 2013.

Informasi selengkapnya bisa didownload di sini.

A Amalia


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 6.792 kali
EDITOR : Agestia Putri Nusantari

11 komentar pada “Inilah Cara Pembayaran SBMPTN

  1. Bagaimana kalau kategori 3 terlanjur mbayar dg cara kategori 1, karena petugas bank salah (tidak bertanya apa2 langsung dimasukkan)

  2. Saya masih belum paham dengan kateori pesertanya. Ada perbedaan kategori peserta denga di web resmi? lalu apa bedangan kategori 3 dan 5 yang ditulis di atas?

  3. kalau saya ambil yang ipc pembayarannya itu bayar ujian ipc saja atau skalian bayar ujian ketrampilan juga?
    teruz ujian ketrampilannya ada berapa macam?
    biaya untuk pendaftaran ada apa enggak? atau cukup bayar ujian ipc dan ketrampilan saja?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *