MAJU BERSAMA

Inilah Cara Mendaftar Program Sarjana Mendidik di Pelosok Indonesia

Sabtu, 22 Oktober 2011 | 11:43

Berita Terkait

Anda ingin mendaftarkan diri ke dalam program Sarjana Menddik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) tapi belum tahu caranya? Inilah petunjuk praktis jika Anda ingin bergabung dalam program yang berada di bawah naungan Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia itu, terutama jika lewat Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Perlu diketahui dulu, kuota Unnes untuk program ini 300 orang. Mereka nantinya diterjunkan ke tiga daerah, yakni Kabupaten Manggarai, Kabupaten Ende (keduanya Nusa Tenggara Timur), dan Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Yang bisa mendaftar lewat Unnes tidak hanya alumni universitas konservasi ini , tetapi juga lulusan dari perguruan tinggi mana pun, asalkan program studinya sudah terakreditasi.

Sarjana dari program studi apa saja yang dibutuhkan? Ada 14 prodi, yakni Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Sejarah, Pendidikan Siologi dan Antropologi, Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Ekonomi.

Penentuan itu didasarkan pada dua hal: kebutuhan daerah sasaran dan ketersediaan program studi di Unnes yang sudah berwenang menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jadi, sekalipun daerah sasaran membutuhkan guru seni dan budaya, misalnya, tapi karena prodi terkait di Unnes belum berkewenangan mengadakan PPG bidang studi itu, maka tidak ada formasi untuk itu lewat Unnes. Maklumlah, kelak setelah setahun mengabdi, para sarjana itu akan mendapatkan tiket sekaligus beasiswa mengikuti PPG.

Apa pula makna PPG? PPG merupakan program untuk mendidik para sarjana pendidik menjadi guru profesional. Jadi, lulusannya kelak menjadi guru profesional.

Cara Mendaftar

Dalam pendaftaran program ini, pendaftar tidak perlu datang langsung ke Unnes atau LPTK lainnya ataupun mengirimkan berkas pendaftaran via jasa Kantor Pos. Kecuali jika nanti diumumkan dan dinyatakan diterima, baru melengkapi berkas-berkas persyaratan dan dating langsung untuk diverifikasi.

Peserta cukup melakukan pendaftaran secara online melalui http://majubersama.unnes.ac.id dengan mengisikan identitas diri pada formulir yang telah disediakan. Selain itu, mengunduh beberapa surat pernyataan yang kelak diserahkan pada saat verifikasi, jika dinyatakan diterima. Adapun syarat-syarat dan ketentuan pendaftar dapat dibaca pada laman tersebut.

Kapan bisa mulai mendaftar? Semula dijadwalkan mulai 20 Oktober hingga 29 Oktober 2011, namun kemudian dimundurkan menjadi 24 Oktober hingga 5 November 2011.

Apa hak peserta selama mengikuti program ini? Mereka akan mendapatkan biaya hidup setiap bulan Rp2 juta sekaligus diasuransikan. Biaya perjalanan penerjunan (baik udara maupun darat) dan perjalanan pulang ditanggung penyelenggara.

Apakah ada jaminan mereka diangkat menjadi PNS setelah mereka mengikuti program ini? Mereka akan diterima dan diberi beasiswa untuk mengikuti PPG. Tidak ada ikatan untuk menjadi PNS setelah mengikuti program ini.

Meski demikan, Kemdiknas sudah meminta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara agar memprioritaskan lulusan PPG dalam penerimaan calon pegawai negeri untuk formasi pendidik.

Diunggah oleh :
Editor: Luthfi Emka

156 Komentar untuk “Inilah Cara Mendaftar Program Sarjana Mendidik di Pelosok Indonesia”

  1. Fitriyatul marzukah

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 12:08

    Aslmualaikm pak,mhn penjelasanya mengenai tempat tinggal.apakah kita nanti akan bertempat tinggal di asrama atau mencari tempat tinggal sendiri didaerah tsb?dan berkelompok atau sendiri?mhn pnjelasanya pak,makasi

  2. Yeni

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 12:12

    SAYA SANGAT TERTARUkk,,,,
    terimakasih buat smuanya yg telah menyelenggarakan program ini

  3. Arman

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 12:14

    Mohon dijawab Pak Sucipto..Apakah benar sertifikat PPG dapat dijadikan persyaratan untuk sertifikasi nantinya ketika menjadi guru swasta atau negeri yang ingin mengajukan syarat sertifikasi?,,terima kasih sebelumnya, pertanyaan saya mewakili pertanyaan beberapa teman lain yang menanyakan hal yang sama..

  4. Arman

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 12:23

    Oya yang dimaksud dengan guru profesional itu apakah profesional secara kualitas saja, atau kesejahteraan juga berbeda dibandingkan yang belum profesional? terima kasih sebelumnya…

  5. Slamet Turah, S.Pd

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 12:33

    Pak Websitenya susah dibukan pak…..

  6. zawa

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 14:09

    Terimakasih atas informasinya pak..

  7. gnwn pencari lowker

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 15:09

    loh ko tidak ada ikatan untuk menjadi PNS……berarti kalau balik ke jawa,mencari tempat wiyata lg?

  8. gilang

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 15:48

    syarat2 apa sj ya? apakah yg sdh berkeluarga d perbolehkan? terima kasih.

  9. Syarif

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 16:02

    Padahal, saya sangat antusias ingin ikut tapi prodi saya tidak terdaftar. adakah solusi lain?

  10. fedi

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 16:29

    Walaupun nantinya utk prodi PGPJSD (olahraga khusus SD) blm tersedia utk PPG, apakah tetep bs ikut program perekrutan guru di pelosok……?????
    karena saya ingin sekali mengikuti program tersebut.

  11. etika

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 16:30

    saya sangat tertarik dengan program ini, tetapi prodi saya tidak terdaftar disini. bagaimana pendapat dan solusinya???? trimakasih

  12. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 16:56

    Saudara Syarif, cobalah “mengintip” website LPTK lain, barangkali di sana tercantum program studi Saudara untuk diikutkan dalam program ini. Salam.

  13. AMIR

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 18:15

    pak,sya sarjana pendidikan islam pngn ikut program SM_3T tersbut. gmna dong kalau formasinya gkda.

  14. catur sari dewi

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 18:54

    saya berminat..,saya jurusan pendidikan matematika. mau tanya untuk tesnya apa saja. terima kaksih

  15. datik

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 18:57

    Mohon infrmasinya pak apakah pndftrn prgram maju bersama ini dilksnakan serentak (24 okt-5 nov) di 12 LPTK trmasuk UNY. Mhon pnjlsannya.trmksih

  16. caca

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 19:07

    ass..,
    apakah setelah dri daerah SM3T ini kita mendapat sertifikat sehingga dengan sertifikat itu kita bisa mudah mendapat tempat yang baru didaerah masing2 kelak. dan untuk PPG itu apakah yang sudah lolos dri 1 tahun di daerah SM 3T ini sudah bisa langsung tanpa tes mengikuti PPG. mohon dijawab.
    lalu didaerah SM 3T ini kita mendapat asrama/tempat tinggal yang layak. terima kasih

  17. hery tok

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 19:08

    sya berminat, tapi pengabdian di sana berapa lama pastinya???

  18. Ki Kutil Mangku negoro

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 19:54

    Bung ini si namanya KKN jilid 2. yang dibutuhkan rekan2 alumni pekerjaan tetap dan layak hidup.kalo sekedar program nanti pas jatuh tempo kami dikemanakan???sama aja cetak penganguran, pas pulang kita cari pekerjaan lebih sulit lagi karena lowongan pekerjaan sudah di isi alumni yang baru lulus.SEDIH SAYA…

  19. ion iskandardhinata

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 20:02

    tertarik utk mncari pengalaman mngajar didaerah plosok..,gmna dgn tempat tinggalnya pak..mhon dijwab..
    terima kasih

  20. okta

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 20:15

    pendaftaran d’buka tgl 24 yah?
    krn saya mau mendaftar belum terdeteksi form pendaftaran’y.trimakasih dan mohon info’y..

  21. latif

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 20:38

    sy sdh nyoba daftar tp ko tidak bisa

  22. latif

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 20:43

    apakah universitas pancasakti Tegal termasuk 12 LPTK Tersebut?

  23. AA SARI DEWI

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 21:37

    LPTK lain nya kok info nya belum ada ya pak? unnes yang info nya selalu update…

  24. Setyo Skalitresno

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 22:58

    Sebetulnya saya sangat berminat, tapi ternyata Seni dan Budaya tidak termasuk Prodi yang dibutuhkan.

  25. maria

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 01:48

    mohon info nya,,klo udah lolos,,apakah disana disediakan tmpt tinggal?,.
    tq,..

  26. Sain Widianto

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 07:55

    SEMANGAT… Tapi Ingat Baik2.. tujuan kita kesana bukan main2.. YANG MAU IKUT ? dipikir2 lagi,,,, hanya yg Berjiwa “PENGAABDIAN” dan punya Dedikasi Tinggi sama dunia PENDIDIKAN yg Mampu Bertahan Hidup Disana.. BUkan Orang2 yg Menuntut Ini dan itu hanya Untuk “KESEJAHTERAAN”… Jadi, Jika Hati Anda BENAR-BENAR Terpanggil… “TAKL LESS DO MORE”… GO… Mari kita Mengabdi,,,, Salam Pendidikan! Semangat 3x

  27. Cut Rosnita

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 08:30

    kami putri aceh dan menetap diaceh, pertanyaan-a saya tamatan S1 Pendd. Agama Islam (PAI), tapi profesi saya selama ini (masih aktif) yaitu mengajar di PAUD, MIS dan SD, pngalaman ada tapi kualifikasi ijazah tidak ada diterima diprogram ini, apa saya dibolehkan ikut diprogram ini ??? mohon penjelasan. trims

  28. ummi

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 08:57

    assalkm. pak mohon dijelaskan, jika setelah program pengabdian 1 tahun lalu dilanjutkan PPG apakah peserta akan dikembalikan lagi ke daerah pengabdian untuk jangka waktu tertentu atau hanya berhenti sampai PPG selesai saja???
    Dan apakah sebenarnya fungsi sertifikat PPG itu sendiri,apakah dapat menjadi jaminan untuk bisa lebih mudah menjadi guru tersertifikasi tanpa harus mengabdi 5 tahun terlebih dahulu atau dapat jadi jaminan nilai plus ketika mendaftar jadi PNS??? terima kasih, mohon dijelaskan, wasslkm.

  29. Rio

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 09:24

    kenapa link buat pendaftaran onlinenya nggak bs dibukak.. syarat2nya apa saja? banyak sekali yg berminat tp sayang infonya tidak begitu jelas

  30. buwax

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 09:50

    ditunggu kapan online nya

  31. saiful rohmat

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 10:19

    wah pendidikan bhs arab kok tdk ada,

  32. dodo

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 10:35

    pak mohon diberi alasan kenapa syaratnya belum menikah? trimakasih sblumnya

  33. rita

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 10:46

    apakah boleh memilih wilayah penempatan pak?terima kasih

  34. arie

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 11:01

    assalamualaikum,
    maaf pak,,minta penjelasan.
    misal sudah selesai masa kontrak selama 1 tahun pengabdian, bagaimanakah kejelasan masa depan yg ikut program ini, adakah ikatan/ jaminan PNS di daerah penempatan? jika kembali ke jawa apakah masih harus mencari sekolah wiyata lagi?? ?? dan untuk pendidikan PPG akan di mulai setahun setelah kita mengabdi di daerah penempatan?? ….. …. mohon penjelasannya. matur nuhun

  35. bisri yacob

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 11:05

    saya tertarik interested. alamatnya wat ngisi form kok susah dibuka ya. tq

  36. Ida

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 11:23

    sama-sama sedang mencari informasi–sekedar solusi sederhana, bagi yang prodi nya belum dibuka melalui unnes, mungkin bisa mendafatar melalui LPTK lain yang menyelenggarakan PPG untuk prodi tersebut. (Itu yang saya simpulkan dari beberapa informasi di laman unnes).

  37. zaenal

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 11:37

    kok web nya gak bisa dibuka ya pak? maaf apkah yang sudah lulus namun belum dapat ijazah bisa berpartisipasi (saya sangat antusias) trima kasih…

  38. fajar

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 12:19

    Mhon penjelasan mengenai hak yang diterima peserta pak??biaya hidup di tempat tujuan itu sudah di tanggung penyelenggara atau ya yg 2juta per bulan itu?terimakasih

  39. akhid

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 13:32

    saya tertarik dengan program ini, karena memudahkan setiap insan siap langsung menjadi guru profesional. terimakasih dan mohon maaf

  40. zaenal

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 13:40

    klo sulit buka http://majubersama.unnes.ac.id/ ini bisa teman…http://ksg.dikti.go.id/majubersama/tentang/…ingin sekali ikut namun apa daya…belum punya ijazah meski sudah lulus hanya SKL di tangan….andaikan bisa…padahal begitu yakin dan optimis sekali memenuhi syarat yang ada (#ngarep)

  41. bagus

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 14:41

    sebenarnya sy sgt tartarik dg program ini akan tetapi kok ada wacana klo pendaprt blm menikah padahal sy sdh berkeluarga, tlg d pertimbangan lg syarat tsb. terima kasih.

  42. wiwik

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 15:09

    Mohon penjelasannya pak, apakah nanti setelah di terima kita dapat memilih tempat sendiri atau ditentukan? trimakasih

  43. utara

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 16:50

    Mohon segera dikomentari pak pertanyaan teman2 diatas karena kami jg butuh kepastian. terimakasih

  44. azizah berbagi info

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 18:05

    sekedar berbagi info.
    bagi tmn2 jurusan Bhs arab, seni rupa, seni tari&musik, bhs jerman, bisa mendaftar di UM (Univ Negeri Malang).

  45. iwan

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 19:21

    mohon penjelasan, apakah nantinya di tempatkan di SD, SMP, SMA ?? terimakasih

  46. deuis

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 19:39

    bagaimana prosedur seleksinya pak?? via online atau tatap muka?? terimakasih

  47. maharani

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 19:50

    Kq pendidikan guru olahraga tidak ​ªϑå pa? Padahal saya pengen mendaftar.apakah bisa?

  48. JAWARA

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 19:53

    PEMERINTAH HANYA PANDAI MEMBUAT RENCANA DAN PROGRAM !!! SUKA LATAH/ IKUT2AN ..!! ITU KARENA SEKARANG LAGI IRI DENGAN KEMAJUAN PENDIDIKAN MALAYSIA!!! HANGAT2 TAHI AYAM !!! KASIHAN JIKA TAHINYA SUDAH DINGIN, NASIB PEMUDA GURU (SM3T) BAKALAN TERLANTAR!!! MANIS RENCANANYA, PAHIT DAMPAKNYA…. DUIT 2… SEMUA ORANG BUTUH DUIT… JADI PNS DARI DULU PERLU DUIT…!!! MAKANYA NEGARA JADI SARANG DEMIT>>!!!

  49. Andi

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 20:02

    Saya setuju dengan koment di atas, kebijakan di negeri ini selalu berubah2, saya takut jika 1 tahun kedepan kebijakan berubah lagi…Ganti pemimpin ganti kebijakan.! dulu Wiyata, Guru Kontrak, Data Base, sekarang PPG nah tahun depan??? padahal Guru Wiyata msh bnyak, Guru kontrak dan Data Base juga ribuan?? pejabat mau menutup mata?? apa malah mau cari muka?? GILAAA..!!

  50. ruli dinasti

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 20:40

    Prodi pendidikan tata boga ga ada ya formasinya?

  51. asnawi

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 21:00

    saya tertarik dengan program ini pak karna saya sudah mengbdi 7th dan saya siap untuk mengabdi dimana saja mohon di pertimbangkan. trimakasih.

  52. ranny

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 21:49

    menurut saya rejeki itu sudah ada yang ngaturr,,,,,,,,,,,,,,hehe

  53. Ja'far Choirul Huda

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 22:50

    Pak Kok untuk jurusan Agama atau PAI malah nDAK ADA YA…?

  54. yudit akbar

    Senin, 24 Oktober 2011 | 08:50

    silahkan kesempatan baik ini diikuti dan dijalani sebaik-baiknya, mengabdi 1 thun di daerah luar jawa tidak lama. niat, fisik dan mental perlu diutamakan disana. sukseskan education for all in our lovely country ;-).

  55. fajri

    Senin, 24 Oktober 2011 | 10:47

    mau ty kk saya kan lulusan Pendidikan Agama Islam,. kira2 bisa daftar gag ya..
    trimaksh..

  56. andien

    Senin, 24 Oktober 2011 | 11:41

    sayangnya….yg sdh berkeluarga tdk d perbolehkan mendaftar

  57. wulan

    Senin, 24 Oktober 2011 | 12:46

    untuk prodi pendidikan agma islam / PAI bgmn y…pakah bis mengikuti ppg ??????

  58. Rizqi Shaomi

    Senin, 24 Oktober 2011 | 14:03

    DOSEN2 PADA KAGAK INTERNET NICH,,,NDAK ADA KOMENTAR ATAU JAWABAN YANG MEMUASKAN!!!

  59. Rizqi Shaomi

    Senin, 24 Oktober 2011 | 14:08

    Maaf bukannya kami tidak perduli pada banyak pertanyaan itu tapi malas menanggapinya. Kami juga lagi banyak pikiran.

  60. sulistyanto

    Senin, 24 Oktober 2011 | 14:12

    kapan bisa mulai daftarny tuh…
    kuk ngak bisa bisa.
    udah niat ini…

  61. Nana

    Senin, 24 Oktober 2011 | 15:10

    1. Pak apakah pendaftarannya serentak di setiap universitas termasuk UNY?
    2. Apakah di setiap universitas penempatanny jg berbeda beda?

  62. izza

    Senin, 24 Oktober 2011 | 15:16

    saya sangat tertarik. semoga program ini bisa berjalan dengan lancar.

  63. fatah,S.Pd

    Senin, 24 Oktober 2011 | 15:31

    saya kepengen ikut tapi untuk tempat tinggalnya bagaimana apa dikondisikan olh panetia apa cari sendiri-sendiri???????? bagaimana pak?????

  64. NUR IKA

    Senin, 24 Oktober 2011 | 15:57

    mohon dipertimbangkan lg syarat2nya,sy niat skali mengabdi tp dah b’kluarga….

  65. adi kurniawan

    Senin, 24 Oktober 2011 | 16:41

    kok blm bisa2 link form pendaftaranyya…. saya insyaAlloh tertarik.. wlw menunda menikah dulu :-)

  66. aiyu

    Senin, 24 Oktober 2011 | 17:31

    UNTUK PRODI PENJAS ADA TIDAK?

  67. adityo

    Senin, 24 Oktober 2011 | 20:02

    kalau hanya 2 juta mungkin kurang buat makan apalagi didaerah terpencil.harusnya ada kominmen dari pemerintah secara tegas untuk mengangkat peserta yang lolos jadi pns jadi nantinya peserta yg daftar benar2 lulusan2 trbaik dibidangnya……….sebab tidak ada profesionalisme tanpa kesejahteraan

  68. Hendra Apriyadi,S.Pd

    Senin, 24 Oktober 2011 | 20:33

    Assalammu”alaikum
    Terima kasih atas informasi dan program maju bersama mencerdaskan Indonesia, Mudah mudahan ini menjadi yang baik jika kita ikhlas mengikuti dengna baik, maka mari kita bersama sama ” Fastabiqul Khairot” / Berlomba lomba dalam kebaikan” Mudah mudah dalam penyeleksian program ini bisa adil jujur dan Ikhlas, mari kita bersama-sama mengamalkan ilmu pengetahuan kita untuk mengimplikasikan di daerah SM 3T. Kurang Lebihnya Mohon maaf ” Fastabikul Khairot
    Hendra Apriyadi,S.Pd. @ PBSI UPS Tegal Jateng Indonesia

  69. Aliyah

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 03:02

    Assalam.
    saya sgt berminat sekali utk mengikuti program ini, sy dr progdi PAI,,,bg tmn2 yg pnya informsi LPTK lain utk progdi PAI mhn infony ya,,,trm ksh

  70. Three_soesanto

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 07:47

    1. uang 2jt thu cuma gaji bersih apa masih kotor(makan sendiri and tempat tinggal sendiri) kok ada jawaban buat pertanyaan ini.
    2. 3T kok cuma 1 tahun……..apa bisa membuat daerah yang tertinggal bisa maju dalam 1 tahun.program kedepane ganti lagi apa lanjut 3T.mohon diperjelas

  71. imunk

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 10:02

    sebenarnya saya sangat membutuhkan, tapi prodi PAI tidak di butuhkan. dan saya juga sudah menikah

  72. Vita Aryani,S.Pd.

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 10:32

    Saya jurusan bahasa Indonesia. Semoga diterima, Amin.

  73. taufik

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 11:28

    pleaseee untuk Pendidikan Olahraga bisa di ikutkan ???

  74. uyabari

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 14:09

    wah,,,orang2 atas makin gendut neh,,,,,proyek2,,,,,

  75. uyabari

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 14:10

    wah,,proyek baru yg bikin orang atas makin genduttt

  76. muzaki mahar

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 15:37

    selain UNNES yang mengumumkam program SM-3T, LPTK mana yang menerima untuk jurusan pendidikan olahraga???saya harus cari kemana,makasih…..

  77. milla

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 18:52

    selain UNNES apkh ada program SM-3T,LPTK ?mana yg menerima untuk jurusan pendidikan agama islam??saya hrs cri dmn?

  78. aas dewi

    Rabu, 26 Oktober 2011 | 03:11

    pak..bisa kah kami mendaftar di 2 LPTK yang berbeda?

  79. isna

    Rabu, 26 Oktober 2011 | 08:14

    bagi yg ingin mengabdi di pelosok,seluruh Indonesia,ada alternatif lainya.silahkan search Indonesia Mengajar.

  80. Purna

    Rabu, 26 Oktober 2011 | 10:17

    Pak, kalau kimia murni kira-kira bisa ikut daftar tidak? makasih….

  81. YESSY

    Rabu, 26 Oktober 2011 | 12:06

    tesnya itu datang langsung keUNNES, atau online gitu?berarti kalau sudah diterima, tugas disana selama berapa tahun jatahnya?karna kan saya sudah punya suami dan dinasnya di jawa timur.saya juga ingin mengabdi pada negara, dan ingin membantu mereka yang didaerah terpencil dengan ilmu yang saya miliki.tolong dijawab ya

  82. ACHAY

    Rabu, 26 Oktober 2011 | 12:13

    maaf pak, mau tanya untuk tesnya apa harus datang ke UNNES langsung atau bisa online gitu?kalau sudah diterima, tugas disana jatahnya berapa tahun?tempat tinggal dicarikan diasrama atau cari sndiri dilingkungan warga gitu pak?

  83. miswardi

    Kamis, 27 Oktober 2011 | 11:11

    maaf pak, saya mau tanya, kapan pengumuman peserta yang telah terdaftar secara online maju bersama’ jadi berkas berkas bagaimana cara mengirimkannya

  84. miswardi

    Kamis, 27 Oktober 2011 | 11:12

    maaf pak, saya mau tanya, kapan pengumuman peserta yang telah terdaftar secara online maju bersama’ jadi berkas berkas bagaimana cara mengirimkannya??????????????????????????????????????????????

  85. Nuryanti

    Kamis, 27 Oktober 2011 | 14:54

    saya setuju dgn diadakannya program ini…

  86. Endang M Kurnianti

    Kamis, 27 Oktober 2011 | 14:54

    Selamat ya untuk Universitas Negeri Semarang yang memprakarsai program ini. Kembangkan kesejawatan! Salam ceria!

  87. Moh Tri Maryono

    Jumat, 28 Oktober 2011 | 08:51

    untuk jurusan pendidikan elektro kog gak ad y.padahal pgen daftar..

  88. villa arimby

    Jumat, 28 Oktober 2011 | 20:20

    untuk prodi manajemen pendidikan bisa ikut gak????

  89. Hidayat Fernando

    Sabtu, 29 Oktober 2011 | 13:00

    ass..
    saya hidayat dari Universitas Negeri Padang,
    saya mohon bantuannya,
    bagi tman2 yang tau mengenai tahapan tes (Jenis soalnya seperti apa) tolong dunk kirimn k email saya (fernando_hidayat@ymail.com)

  90. Putikhah

    Sabtu, 29 Oktober 2011 | 13:14

    Jadi bingung,,,,, djawa udah kerja meski swasta. Kata hati sih pengen nyoba hal yang baru (SM3T), tapi pasti ga’ yaaaaaaa! Misale dah lewat satu tahun kita pulang kejawa trus ngapain??????????

  91. sugeng k

    Sabtu, 29 Oktober 2011 | 17:45

    wah sayang q dah berkeluarga,klo belum pengin ke NTT.tp klo sekalian ma istri daftar senua boleh ga ya???

  92. Ratih felycia

    Minggu, 30 Oktober 2011 | 09:44

    mengapa link untuk mendaftar LPTK tdk bsa dibuka??

  93. syamsul ulum, S.Pd.I

    Senin, 31 Oktober 2011 | 10:43

    apakah bisa daftar,kalau lain jurusan contoh saya jurusan pai mau mendaftar d SD???????????

  94. wong purbalingga

    Senin, 31 Oktober 2011 | 10:59

    usia dibatasi ga? misalnya tidak boleh melewati 40 tahun.

  95. sartini

    Senin, 31 Oktober 2011 | 12:31

    kalo jurusan akuntansi ditrima g?tp bukan pendidikan

  96. Risal

    Senin, 31 Oktober 2011 | 17:50

    Tolong u/kami yg berada & sedang mengabdi di daerah ter pencil &tertinggal u/mengikuti program tsb & mendaftar cara nya gimana?Krn daerah kami belum terjangkau pasilitas informasi yg memadai u/ikut

  97. desri

    Senin, 31 Oktober 2011 | 21:00

    jurusan pendidikan teknik elektro bisa ikut gak……
    bisa ngajar TIK kok…

  98. rikardus

    Rabu, 2 November 2011 | 23:23

    saya rikardus dari manggarai NTT MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA universitas negeri malang,,, apakaah itu untuk s2 ,,,, n apakah nanti ahun ADA lagi tahun 2015

  99. sadaruddin

    Kamis, 3 November 2011 | 14:17

    apakah ada sertifikasi klw jangka sudah habis dalam satu tahun

  100. chusniah

    Kamis, 3 November 2011 | 22:37

    kok pada ga pada di balesin ini komen2nya yah??
    aku sastra indonesia tapi bukan pendidikan.. bisa ngga??

  101. luthfi

    Jumat, 4 November 2011 | 21:25

    Banyak teman2 yang berminat mengikuti program ini, tetapi ketika membaca bahwa untuk tes harus langsung ke UNNES maka teman2 menjadi enggan. Kalau boleh saran, untuk berikutnya jika benar2 ingin menjaring tenaga profesional seharusnya di setiap provinsi disediakan tempat penjaringannya walaupun pusatnya di UNNES yang baru berwenang untuk PPG. Terimakasih.

  102. ardi

    Jumat, 11 November 2011 | 21:46

    pa saya jg mau ikut program

  103. fitrawati latif

    Rabu, 16 November 2011 | 07:24

    Asslam…..Pak apakah kita dimintai pembayaran pada saat proses pendaftaran sampai diterima jadi anggota terpilih dari program ini ?????????? tlong Y di jwab

  104. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Rabu, 16 November 2011 | 10:59

    Tak ada biaya apa pun sebelum, selama, dan seusai program ini berlangsung. Salam konservasi.

  105. haniatuz zulfa

    Sabtu, 28 Januari 2012 | 16:43

    telat aku baca info ini,,,,,,,sungguh menyedihkan,,,,,

  106. agrim

    Selasa, 31 Januari 2012 | 12:20

    pakah ada program di tahun 2012 ini, dan bagai pendaftarannya

  107. winarno

    Minggu, 15 April 2012 | 21:00

    Mengapa untuk lulusan S1 kependidikan kususnya teknik, mengapa tidak ada program studi yang dibuka?

  108. Timoteus Ajito

    Rabu, 18 April 2012 | 08:56

    Apakah ada program di tahun 2012 ini, dan bagaimana pendaftaranya.

  109. Mirawati

    Rabu, 20 Juni 2012 | 11:20

    Alhamdulillah, senang sekali ada program seperti ini. Bukan sebatas pengabdian, tapi sebagai bentuk ibadah yang menguntungkan… ^^

    semoga tahun ini di buka lagi programnya…^^ aminnn

  110. Rabusit

    Kamis, 5 Juli 2012 | 18:40

    Alhamdulillah, tapi mohon impormasinya jangan simpangsiur alias ga jelas.
    dan mohon juga buat surat edaranya kesekolah-sekolah….oke

  111. nayumi

    Rabu, 11 Juli 2012 | 05:46

    bagaimana sech pendaftaran SM-3T. kok aq buka fom pendaftaran mlh muter2 gag da yang harus diisi. ksh website biar bsa langsung masuk ke form pendaftarannya dunk.

  112. Lilik

    Minggu, 22 Juli 2012 | 14:38

    pingin ikut ndaftar, tapi untuk daerah kalimantan barat ada gak ya?

  113. dyka

    Rabu, 22 Agustus 2012 | 15:32

    susah memang pendidikan Indonesia mau maju, mau daftar sm3t tp banyak minta ini itunya, minta jaminan, kalo memang hati terpanggil lakukanlah dgn ikhlas bkn krn iming2 ato mina jd pns,,, medan sm3T bknlah spt di kota besar,,, butuh perjuangan n kesabaran yg lebih,,,

  114. Mahdi

    Sabtu, 8 September 2012 | 11:01

    Sy sudah mngikuti pndaftaran sm3t di taun ini 2x..di gelombang 1 dn 2…tpi ttp blum bsa memenuhi prsyaratan,masalahnya cma di umur..pdhal sya ingin skali ikut mncerdaskan indonesia brbagi ilmu dn mngamalkan apa yg sya punya buat adik2 di luar jawa..sungguh mngecewakan program ini di batasi usia max 28th..usia sya 29th,sekedar saran : prsyaratn untuk ikut sm3t klo bsa jngan di batasi oleh usia,mslah kemampuan fisik dn mental bsa di uji mlalui fase pembekalan..trimakasih

  115. Mulyono,S.Pd.I

    Senin, 19 November 2012 | 12:12

    untuk guru PAI ada gk y?mhon infonya ni no saya 085725578928

  116. Samsul hidayat

    Senin, 10 Desember 2012 | 06:00

    Sya mahasiswa UT,sya berniat ikt PPG trsebut…dn lulus skitar tahun 2013 dn wisuda tahun 2014,
    Apakah ada rencana PPG untuk tahun 2014 san?
    Krim infonya lewat email caranya untuk mendaftar!
    Terima kasih,salam pendidikan indonesia dan terus maju.

  117. febri

    Sabtu, 26 Januari 2013 | 06:27

    ditunggu info program sm3t tahun 2013….mohon informasinya ya….

  118. yusi amelia

    Jumat, 1 Februari 2013 | 19:18

    Ok trimakasih infonya

  119. yusi amelia

    Jumat, 1 Februari 2013 | 19:21

    Saya mau tanya universitas apa saja yg dapat di jadikan tempat mendaftar secara online?

  120. Nur Endy

    Selasa, 5 Maret 2013 | 18:55

    tertarik sekali,tapi masih rencana lulus S1 bulan agustus 2013. tahun dpan smoga ada lagi

  121. dwi

    Rabu, 6 Maret 2013 | 10:30

    Asslamu’alaikum wr.wb
    Pak, untuk tahun 2013, kapan dibuka pendaftaran sm-3t lagi?saya tertarik untuk ikut program tersebut.
    Trimakasih

  122. rianh

    Jumat, 8 Maret 2013 | 10:08

    masih ada gak pendaftaran tuk tahun ini ???,,masih banyak yang tertarik dengan sm-3t ,,tmsuk juga sy,,heheh..
    selamatkan anak bangsa dengan sm-3t,,kurangi sarjana pengangguran juga…
    sm-3t is the best,,!!!

  123. anggi

    Minggu, 10 Maret 2013 | 10:28

    apakah di tahun ini masih ada pendaftaran utk program SM-3T pak???

  124. nidya

    Rabu, 3 April 2013 | 13:00

    Apa masih ada pendaftaran untuk tahun 2013?mksh infonya!

  125. sucii

    Rabu, 17 April 2013 | 23:27

    kapan dibuka pendaftaran untuk tahun 2013,??
    saya dari lampung, dan bagaimana cara pendaftaran hingga pemberangkatan nya?

  126. ismawaty

    Senin, 29 April 2013 | 13:46

    kapan dibuka pendaftaran untuk tahun 2013???
    sy di sulawesi

  127. Budi Hartono

    Senin, 13 Mei 2013 | 09:33

    Assalamu Alaikum Wr. Wb.
    Untuk pndaftaran di tahun 2013 kapan Pak?
    terima kasih.
    wasalam.

  128. WIRA JUSASTRAWAN

    Selasa, 14 Mei 2013 | 01:01

    kapan kira2 ada pendaftaran untuk tahun 2013,,,,

  129. ririn mega sartika

    Minggu, 2 Juni 2013 | 12:22

    webstenya susah di buka si pak?

  130. lola weny

    Kamis, 6 Juni 2013 | 06:56

    slmt siang pak. saya sudah dftar dan plihan lokasi PPGnya di Universitas Negeri Jakarta. bgaimana cara menggantinya? soalnya saya mau lokasi PPG yang lain. terima Kasih.

  131. yarid nubatonis

    Kamis, 6 Juni 2013 | 12:34

    bagaimana sech pendaftaran SM-3T. kok aq buka fom pendaftaran mlh muter2 gag da yang harus diisi. ksh website biar bsa langsung masuk ke form pendaftarannya dunk.

  132. iwan saputra

    Sabtu, 22 Juni 2013 | 17:22

    saya tamatan pendidikan fisika IAIN imam bonjol padang
    apakah prodi saya masuk list
    dan kasih website resmi untuk daftar (formulirnya dunk)

  133. zhe zhelvya

    Sabtu, 6 Juli 2013 | 09:57

    m’f mau tx gmna cara dftarx…………
    mhon penjelasannya pak……….tkz

  134. MAHENDRA PAMUNGKAS

    Sabtu, 10 Agustus 2013 | 23:34

    untuk 2013 masih ada gak program seperti ini,saya berminat

  135. sudarsono

    Minggu, 1 September 2013 | 19:06

    mohon daerah sasaran diprioritaskan semua daerah Kalimantan yang berbatasan dengan malaysia dan daerah Irian yang berbatasan dengan PNG, terima kasih

  136. agus zulkarnain

    Jumat, 18 Oktober 2013 | 12:53

    assalamulaikum pak.pak mhhn info na, saya tertarik dgn program SM3T ni, apakah tahun dpn mash dibuka program ini dan kalau dibuka bulan berpa pndaftrannya kr2 pa.??????????????

  137. Syahrul ramadhan

    Selasa, 19 November 2013 | 12:34

    Assalamualaikum…..maaf untuk tahun 2014 apakah masih ada penerimaan SM3T? kalau ada kira2 bulan dan tanggal berapa?

  138. Dyah

    Minggu, 8 Desember 2013 | 13:05

    kalo udah ikut sm3t sama ppg trus kita ngapain? masih harus ngelamar buat jadi guru honorer kah? nanti pnsnya masih harus bayar gak? sama aja klo mau jadi pns masih harus ini itu dan lain sebagainya. programnya ttp aja bikin kita gak jelas. ujung ujungnya klo mau jadi pns juga disuruh bayar berjuta juta.

  139. Kahfi

    Kamis, 19 Desember 2013 | 07:37

    Setuju dengan mb Dyah.
    Tertarik sii,, tapi perlu melihat prospeknya ke depan, kelemahannya program ini tidak ada kaitannya dengan PNS. Memang sii dapat beasiswa PPG yang kalau tanpa beasiswa biaya pendaftarannya cukup mahal, tetapi sayangnya itu masih belum menjanjikan mengingat perekrutan PNS guru meskipun Kemdiknas memprioritaskan yang telah menempuh PPG tetapi praktik KKN dalam perekrutan PNS masih mengakar. Jadi bisa saja yang bukan dari lulusan PPG tapi punya uang ‘sogokan’ yang akan diterima menjadi PNS. Itu yang menjadi momok pikiran banyak masyarakat Indonesia, seolah harapan menjadi PNS menjadi harapan semu, yang masih belum pasti karena praktik KKN masih tetap ada.

    Hanya bisa berusaha dan berdoa, Allah SWT telah mengatur semuanya. Mudah-mudahan yang bathil segera lenyap.

  140. lina silfiyana

    Kamis, 26 Desember 2013 | 08:58

    assalamualaikum wr wb
    untuk tahun 2014 masih dibuka pendaftarannya, kalau masih bulan apa dan tanggal berapa?
    trimakasih

  141. isma malikhah

    Minggu, 5 Januari 2014 | 03:46

    bagus, semoga memberi banyak peluang dan manfaat. ditunggu info2 selanjutnya. terimakasih. wasalamu’alaikum

  142. Faridhotun Dwi Ayuningsih

    Jumat, 10 Januari 2014 | 19:20

    saya sangat tertarik dan ingin sekali ikut program ini, mengabdi sebagai guru di daerah pelosok

  143. Faridhotun Dwi Ayuningsih

    Jumat, 10 Januari 2014 | 19:22

    saya lulusan UMS lulus tahun 2013 jurusan pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, kapan pendataran tahun 2014 aka di buka pak??

  144. nurmala samosir

    Minggu, 9 Februari 2014 | 00:53

    Pak,saya lulusan dari universitas HKBP Nommensen jurusan Bahasa indonesia
    Saya tertarik dgn progrqm ini n saya,ingin sekali mngajar di daerah pelosok.
    Pak kpn mulai pendftaran SM3T-nya pak.

  145. arif

    Selasa, 18 Maret 2014 | 23:14

    terimakasih infonya sangat bermanfaat, Semoga Unes tambah maju

  146. dedi irama, s.pd

    Rabu, 19 Maret 2014 | 12:20

    Mohon infonya rekruitmen sm3t untuk tahun 2014..di tunggu ya…

  147. Mochtar M.sanusi

    Kamis, 20 Maret 2014 | 12:38

    Untuk tahun 2016 pa apakah masih di buka klo memang di buka bulan berpa pa???

  148. Astrid

    Selasa, 25 Maret 2014 | 11:39

    Untuk 2014 dibuka kapan yah ??untuk biayanya gimana ? Mohon infox ..

  149. mike

    Rabu, 26 Maret 2014 | 10:38

    untuk pendaftaran pada tahun 2014 kapan??? mohon infonya terima kasih….

  150. septiyani rahmawati

    Minggu, 13 April 2014 | 15:14

    pendaftaran untuk tahun 2014 kapan ya?? terimakasih :D

  151. rida silaban

    Minggu, 4 Mei 2014 | 09:32

    Tertarik banget.
    Mohon Info untuk pendaftaran 2014 yaaa

  152. Denik

    Jumat, 16 Mei 2014 | 20:20

    Maaf mau tanya, klo saya dr jurusan pendidikan tata busana bisa ikut sm3t tidak yaa??saya sangat berminat dng program ini…trimakasih

  153. Novita

    Senin, 16 Juni 2014 | 18:09

    pak, kalau lulusan PAI bsa gak ikut pak,, terus disana tuch kita dapat fasilitas apa saja ??
    mohon di balas,, trims

  154. Muklis Riyanto

    Kamis, 2 Oktober 2014 | 18:01

    Pak, saya pendidikan S1 Pend. Sejarah dan dan masih menempuh S2 Administrasi Pendidikan semester 3, bagaimana bisa tidak saya ikut,

  155. Muklis Riyanto

    Kamis, 2 Oktober 2014 | 18:03

    Pak, saya pendidikan S1 Pend. Sejarah dan dan masih menempuh S2 Administrasi Pendidikan semester 3, bagaimana bisa tidak saya ikut, bagaimana solusinya

  156. harry

    Kamis, 2 Oktober 2014 | 20:01

    kenapa pemerintah daerah sendiri tidak mengadakan pendaftaran guru kontrak, kan banyak sarjana yang ada di daerah itu.