Inilah Cara Mendaftar Program Sarjana Mendidik di Pelosok Indonesia

Inilah Cara Mendaftar Program Sarjana Mendidik di Pelosok Indonesia

Anda ingin mendaftarkan diri ke dalam program Sarjana Menddik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) tapi belum tahu caranya? Inilah petunjuk praktis jika Anda ingin bergabung dalam program yang berada di bawah naungan Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia itu, terutama jika lewat Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Perlu diketahui dulu, kuota Unnes untuk program ini 300 orang. Mereka nantinya diterjunkan ke tiga daerah, yakni Kabupaten Manggarai, Kabupaten Ende (keduanya Nusa Tenggara Timur), dan Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Yang bisa mendaftar lewat Unnes tidak hanya alumni universitas konservasi ini , tetapi juga lulusan dari perguruan tinggi mana pun, asalkan program studinya sudah terakreditasi.

Sarjana dari program studi apa saja yang dibutuhkan? Ada 14 prodi, yakni Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Sejarah, Pendidikan Siologi dan Antropologi, Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Ekonomi.

Penentuan itu didasarkan pada dua hal: kebutuhan daerah sasaran dan ketersediaan program studi di Unnes yang sudah berwenang menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jadi, sekalipun daerah sasaran membutuhkan guru seni dan budaya, misalnya, tapi karena prodi terkait di Unnes belum berkewenangan mengadakan PPG bidang studi itu, maka tidak ada formasi untuk itu lewat Unnes. Maklumlah, kelak setelah setahun mengabdi, para sarjana itu akan mendapatkan tiket sekaligus beasiswa mengikuti PPG.

Apa pula makna PPG? PPG merupakan program untuk mendidik para sarjana pendidik menjadi guru profesional. Jadi, lulusannya kelak menjadi guru profesional.

Cara Mendaftar

Dalam pendaftaran program ini, pendaftar tidak perlu datang langsung ke Unnes atau LPTK lainnya ataupun mengirimkan berkas pendaftaran via jasa Kantor Pos. Kecuali jika nanti diumumkan dan dinyatakan diterima, baru melengkapi berkas-berkas persyaratan dan dating langsung untuk diverifikasi.

Peserta cukup melakukan pendaftaran secara online melalui http://majubersama.unnes.ac.id dengan mengisikan identitas diri pada formulir yang telah disediakan. Selain itu, mengunduh beberapa surat pernyataan yang kelak diserahkan pada saat verifikasi, jika dinyatakan diterima. Adapun syarat-syarat dan ketentuan pendaftar dapat dibaca pada laman tersebut.

Kapan bisa mulai mendaftar? Semula dijadwalkan mulai 20 Oktober hingga 29 Oktober 2011, namun kemudian dimundurkan menjadi 24 Oktober hingga 5 November 2011.

Apa hak peserta selama mengikuti program ini? Mereka akan mendapatkan biaya hidup setiap bulan Rp2 juta sekaligus diasuransikan. Biaya perjalanan penerjunan (baik udara maupun darat) dan perjalanan pulang ditanggung penyelenggara.

Apakah ada jaminan mereka diangkat menjadi PNS setelah mereka mengikuti program ini? Mereka akan diterima dan diberi beasiswa untuk mengikuti PPG. Tidak ada ikatan untuk menjadi PNS setelah mengikuti program ini.

Meski demikan, Kemdiknas sudah meminta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara agar memprioritaskan lulusan PPG dalam penerimaan calon pegawai negeri untuk formasi pendidik.

160 Responses to “Inilah Cara Mendaftar Program Sarjana Mendidik di Pelosok Indonesia”

  1. Denik mengatakan:

    Maaf mau tanya, klo saya dr jurusan pendidikan tata busana bisa ikut sm3t tidak yaa??saya sangat berminat dng program ini…trimakasih

  2. Novita mengatakan:

    pak, kalau lulusan PAI bsa gak ikut pak,, terus disana tuch kita dapat fasilitas apa saja ??
    mohon di balas,, trims

  3. Muklis Riyanto mengatakan:

    Pak, saya pendidikan S1 Pend. Sejarah dan dan masih menempuh S2 Administrasi Pendidikan semester 3, bagaimana bisa tidak saya ikut,

  4. Muklis Riyanto mengatakan:

    Pak, saya pendidikan S1 Pend. Sejarah dan dan masih menempuh S2 Administrasi Pendidikan semester 3, bagaimana bisa tidak saya ikut, bagaimana solusinya

  5. harry mengatakan:

    kenapa pemerintah daerah sendiri tidak mengadakan pendaftaran guru kontrak, kan banyak sarjana yang ada di daerah itu.

  6. frans mengatakan:

    Kenapa gak ada untuk Jurusan Agama
    Apakah merekah gak butuh pelajaran agama ?

  7. wayan suar mengatakan:

    pak tahun 2017 masih ada program ini pak.
    klo ada tlong info iy.

  8. libertus mengatakan:

    pak tahun 2015 adakah pembukaannya ? kalo ada tlg info ya.

  9. Dewi Nurmayasari mengatakan:

    Pak mau tanya saya sekarang masih kuliah pendidikan matematika semester 4,,bagaimana caranya agar bisa ikut program ini?mohon info dan bantuannya

Tinggalkan Balasan