Inilah Biaya Kuliah di Unnes

Sabtu, 11 Juni 2011 | 22:58

Berita Terkait

Berapakah biaya kuliah di Universitas Negeri Semarang (Unnes)? Benarkah mereka yang diterima melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMU), yang notabene merupakan jalur ujian mandiri, biaya kuliahnya tidak lebih mahal daripada yang diterima lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Pertanyaan seperti itulah yang kerap kali mengemuka pada masa penerimaaan mahasiswa baru seperti saat ini. Maklumlah, pada kenyataannya kuliah bukan hanya ditopang oleh kemampuan intelektual, tetapi juga yang tak kalah penting adalah ketersediaan materi finansial.

Lebih-lebih ketika belakangan ini kerap kali didengungkan bahwa kuliah itu mahal. Sampai-sampai, muncul ungkapan “Orang miskin dilarang kuliah!”

Padahal kenyataan yang sesungguhnya tidaklah demikian. Setidaknya di Unnes.

Di universitas konservasi ini, mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi namun memiliki prestasi, bisa memperoleh beasiswa full study. Artinya, beasiswa itu diberikan untuk menutup seluruh biaya kuliah sepanjang masa kuliah (delapan semester). Bahkan peneraimanya memperoleh uang saku Rp500 ribu per bulan (tahun ini meningkat menjadi Rp600 ribu).

Tak tanggung-tanggung jumlah penerimanya. Tahun lalu, yang memulai menerima beasiswa bertajuk Bidik Misi itu 400 orang. Sementara mahasiswa angkatan 2010 sebanyak itu terus mendapatkan aliran dana beasiswa, 450 mahasiswa baru angkatan angkatan 2011 akan mendapatkan beasiswa yang sama. Sebagian dari mereka sudah direkrut melalui SNMPTN Jaur Undangan, sedangkan selebihnya lewat SNMPTN Ujian Tulis dan SPMU.

Di luar beasiswa tersebut, setiap tahunnya Unnes selalu mengucurkan beasiswa bagi ribuan mahasiswa. Misalnya beasiswa Supersemar, Bank Mandiri, Djarum, PPA, dan BBM.

Bagaimana dengan mereka yang tidak bergolong miskin, namun tidaklah termasuk kaya? Mungkinkah mereka juga bisa mengenyam pendidikan di Unnes?

“Saya tak mengatakan biaya kuliah di Unnes mahal atau sebaliknya, murah. Silakan masyarakat yang memberikan penilaian,” kata Sucipto Hadi Purnomo, Kepala UPT Pusat Hubungan Masyarakat Unnes.

Sucipto lantas menyebutkan, jika seseorang diterima sebagai calon mahasiswa baru, saat registrasi total yang mesti dibayarkan sebesar Rp 7,4 juta. “Itu sudah termasuk SPP Rp 400 ribu, BOP Rp 450 ribu, dan SSP bagi mahasiswa esakta Rp 600 ribu sedangkan noneksakta Rp 500 ribu yang nanti dibayar per semester dan SPL Rp 5,9 juta yang dibayar sekali selama kuliah,” katanya.

Dia juga menandaskan, tak ada perbedaan biaya kuliah antara mereka yang diterima lewat SNMPTN dan jalur ujian mandiri, SPMU. “Sama,” tandasnya.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

141 Komentar untuk “Inilah Biaya Kuliah di Unnes”

  1. Afni

    Minggu, 12 Juni 2011 | 05:36

    Alhamdulillah,… Bagus dah..

    Pak admin, dimanakah bs melihat daya tampung untuk prodi2 d SPMU?
    Terimakasih

  2. Muh. Sholeh

    Minggu, 12 Juni 2011 | 06:31

    setelah saya membandingkan biaya kuliah di Unnes dengan di perguruan lain khususnya di kawasan Semarang, biaya kuliah di Unnes tetap lebih ringan

  3. syarif07

    Minggu, 12 Juni 2011 | 08:22

    oke, biaya masuk hanya 7,4 juta. Coba kita tanyakan, berapa biaya semesteran (SPP dan Sardik) di Unnes untuk tahun ini?????

  4. agust hutabarat

    Minggu, 12 Juni 2011 | 20:35

    brarti jika ditotal per semester mahasiswa bayar registrasi sebesar Rp. 1.350.000,00.
    hanya beda tipis dengan swasta, tetangga kita yang di Undip tidak sebesar itu (kecuali yang kelas ekstensi)…
    mohon maaf pak kalau saya bilang itu mahal banget.
    Jayalah UNNES.

  5. rizky

    Minggu, 12 Juni 2011 | 20:55

    mmm . . . . . . kalo biaya persemesterannya mulai tahun ini berapa yah ?
    tks

  6. ssfh

    Senin, 13 Juni 2011 | 05:36

    bagus pak Cip informasi panjenengan bamyak orang bertanya

  7. Desi

    Senin, 13 Juni 2011 | 12:27

    ToLong Pak untuk menampilkan prodi dan biaya kuliah di Unnes..
    Terimakasih..

  8. bagus dewe

    Senin, 13 Juni 2011 | 13:40

    itu mah sudah program dari Pusat… setiap Universitas juga seperti itu… Beasiswa itu sudah ada alokasinya… yang penting institusi itu mau ndak mengikuti program dari pusat…. hahahahaaha

  9. bagus dewe

    Senin, 13 Juni 2011 | 13:42

    Logikanya Adalah Beasiswa di buat kepentingan untuk menarik minat peserta didik di unnes… masak dari tahun 2010 SPL naik turun??? kalau tidak ada kepentingan tidak mungkin naik turun… ckckck…. kayak kurs dolar adja…

  10. wahyu

    Senin, 13 Juni 2011 | 14:30

    semoga saya diterima di unnes, amin

  11. chanif

    Senin, 13 Juni 2011 | 19:23

    Mahal atau murah itu tergantung dari penilaian masing-masing orang. Bila biaya itu dirinci perbulan, tentunya biaya kuliah di Unner relatif lebih murah daripada biaya sekolah (SMA/SMK) diluar biaya hidup.

  12. Yunan Sang Alumni

    Selasa, 14 Juni 2011 | 09:49

    … apapun, jerbasukimawabea, tho?

  13. suwandi cah cherbon

    Selasa, 14 Juni 2011 | 20:14

    Mahal atau tingginya biaya kuliah akibat dari bayak faktor, jg tidak terlepas dari regulasi pusat yang pd akhirnya berdampak pd terbentuknya “standar minimal biaya” yg harus dikeluarkan oleh mahasiswa/calon mahasiswa. Hal ini merupakan bentuk adaptasi dari sikon sekarang, dan jika ingin bertahan apalagi berkembang, maka unnes mutlak harus beradaptasi. Walau demikian saya harap unnes harus menjadi kebanggaan bagi cln/mhs smart dari kalangan bawah….

  14. suwandi cah cherbon

    Selasa, 14 Juni 2011 | 20:35

    poro konco alumnus bio 96 piye kabare? ono nang ndi? gi ngopo? yuk pada komen demi kemajuan unnes kita tercinta….

  15. isma widya

    Rabu, 15 Juni 2011 | 20:11

    pak. mhon rincian biaya untuk kelas PKG thun ini.terima kasih

  16. Adimas

    Rabu, 15 Juni 2011 | 20:47

    Mudah2an aku ketrima di unnes pada tes snmptn tahun ini… Amien :-D

  17. chamim abdurahman

    Kamis, 16 Juni 2011 | 08:28

    saya bersyukur dgn adanya info ini. Ini akan sangat membantu sekali bagi saya. Trimakasih,

  18. info lomba

    Jumat, 17 Juni 2011 | 00:46

    Asyik banyak beasiswa

  19. Alfian Dian Permana

    Sabtu, 18 Juni 2011 | 10:15

    semoga saya dapat diterima di UNNES karena termasuk dalam salah satu impian saya dalam jangka pendek..!!!!! amiiiinnnnn ^_^

  20. agnes

    Senin, 20 Juni 2011 | 17:32

    saya ingin sekali kuliah tetapi sama sekali tidak mempunyai biaya

  21. ANDI

    Selasa, 21 Juni 2011 | 21:06

    Saya mau nanya. Untuk ambil akta 4 sbgai syarat mnjdi guru pendidikan gimana ya? mohon penjelasanya ke email saya andisaputro85@gmail.com . terima kasih.

  22. ratna puspita

    Rabu, 22 Juni 2011 | 09:44

    stelah sy mmbaca artikel d atas, lumayan murah.
    akan tetapi, trkadang biaya yg tertulis di atas brbda dgn penuturan tman2 yg sdh dftr dsna, kta mreka lebih dr 10 jt…
    it bgaimana ya???
    sy jd bngung,mhon pnjelasannya,terima kasih…

  23. rava

    Jumat, 24 Juni 2011 | 10:39

    biaya sich msh lmayan tuk kalangan kurang mampu,,
    taapi msih kurang jelas karna ndak ada perincian biayanya.
    tolong di kasih perincianya. terima kasih

  24. dika

    Selasa, 28 Juni 2011 | 09:21

    bneran gag tu om ?

    trus biaya pendaftarannya brpaa ?

    tq :))

  25. wiwin herlina

    Selasa, 28 Juni 2011 | 11:26

    pak admin biaya padaftaran ujian madiri barapa?

  26. nana

    Selasa, 28 Juni 2011 | 12:27

    tolong perincian biayanya ya,, makasih.. ^_^

  27. siti maisaroh

    Rabu, 29 Juni 2011 | 07:14

    q mw tanya biaya kuliah di unnes th 2011 ini dong. soalnya saya bingung.kalau boleh mohon di kirim di email saya aj di may2zero_itis@yahoo.co.id soalnya ini sudah mw pengumuman kalau di terima di unnes biar th nanti. ini saya di internet g nemu2. dikirim secepatnya y? trima kasih

  28. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Rabu, 29 Juni 2011 | 07:48

    Saudara Siti, tentang biaya kuliah di Unnes, terutama saat registrasi, silakan Saudara cermati kembali paragraf kedua dari terakhir berita ini. Salam.

  29. eissya

    Rabu, 29 Juni 2011 | 23:22

    alhamdulillah om saya lolos SNMPTN UNNES. semoga berkah, semangat buat semuanya!!

  30. Khikmah

    Kamis, 30 Juni 2011 | 08:54

    deadline daftar ulang sampai kapan ya Pak?

  31. devy

    Kamis, 30 Juni 2011 | 11:54

    klo biaya per sks brp???

  32. oky

    Kamis, 30 Juni 2011 | 14:27

    momod, tolong perincian prodi dan biayanya.

  33. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Kamis, 30 Juni 2011 | 16:43

    Unnes tidak mengenal biaya per SKS. Biaya seperti yang tertera pada bagian akhir berita ini.

  34. dyah

    Kamis, 30 Juni 2011 | 19:54

    kenapa tidak ada rincian biaya untuk masing2 prodi di masing2 fakultas pak??masak biayanya sama tah di semua fakultas…tolong rinciannya secara lengkap ditampilkan atau kalau mau tau lebih jelasnya tanya ke apa ya?atau liat dimana?terima kasih pak..
    klo ada tolong kirim ke email saya pak
    dyah.nurfar@gmail.com

  35. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Jumat, 1 Juli 2011 | 09:21

    Saudara Diyah, silakan Saudara buka registrasi.unnes.ac.id. Salam.

  36. iqbal

    Sabtu, 2 Juli 2011 | 11:22

    terima kasih infonya pak admin. saya mw tanya apakah unnes membuka jalur ekstensi ? kalau ya, bagaimana prosedurnya dan apakah benar biaya kuliahnya jauh lebih besar?

  37. Rochsid Tehape

    Sabtu, 2 Juli 2011 | 11:41

    di unnes tidak ada jalur ekstensi

  38. muza

    Senin, 11 Juli 2011 | 21:47

    pak admin, mohon diberikan rincian biaya kuliah di UNNES untuk jurusan Ekonomi (akuntansi S1) dan ketentuan beasiswa yang ada.
    Terima Kasih…

  39. hd

    Rabu, 20 Juli 2011 | 12:12

    haduh…………….5.9 jt per semester…………..
    mana aku punya segitu……………haduh.
    bismilah wes…………..smoga bisa ngutang.

  40. hd

    Rabu, 20 Juli 2011 | 12:16

    mo minta tolong denah lokasi kampus unnes

    terima kasih

  41. tari

    Jumat, 22 Juli 2011 | 10:58

    kenapa ada pembedaan biaya untuk angkatan 2010?
    tahun 2010 naik drastis dari angkatan sebelum2nya, setelah itu angkatan yang 2011 kembali turun. .
    itu sebenarnya ada apa di tahun 2010?

  42. Lily

    Rabu, 24 Agustus 2011 | 11:48

    tolong dong rincian S2 pendidikan ekonomi

  43. Lily

    Rabu, 24 Agustus 2011 | 11:51

    rincian biaya

  44. Amel

    Sabtu, 10 September 2011 | 11:50

    brapa dan biaya apa aja yang harus dikeluarkan untuk kuliah di UNNES????? makasih

  45. biman sentana

    Sabtu, 15 Oktober 2011 | 12:39

    unes bagi saya cukup membantu orang miskin tapi jangan sampai salah sasaran ya

  46. Ayuk

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 13:06

    Mw minta informasi untuk program ekstensi S1 sastra jepang Dan teknik, pendaftaran beserta biayanya…di web nya blm tersedia ya? Terimakasih

  47. bino

    Senin, 7 November 2011 | 13:48

    pa klo pindah d’unnes mhal ga biayanya

  48. mona

    Rabu, 23 November 2011 | 13:05

    bagai mana cara mendapat beasiswa jika tidak memiliki prestasi yang lebih atau kapasitas otak pas-pasan dan ekonomi kurang mampu ?????????????????????

  49. dwi

    Rabu, 30 November 2011 | 17:46

    kalau saja semua-nya dapat disama ratakan,gak melulu dibagi kelas2 dalam pembayaran. Begitu menyenangkan jika akses bisa terbuka luas,tidak lagi membedakan kemampuan secara ekonomi tapi murni kemampuan secara intelektual. Kita kan ingin membangun kualitas manusia, tanpa terkecuali.

    Biaya acap kali menjadi pembatas manusia untuk dapat mengakses fasilitas publik baik itu pendidikan, kesehatan, pekerjaan dan segala fasilitas publik yang disediakan oleh negara. Sekarang bukan lagi era politik etis zaman penjajahan Belanda, dimana yang punya kuasa (ekonomi) pada saat itu (bangsawan) yang bisa mengakses pendidikan. Indonesia konon sudah menyatakan merdeka, gak perlu kita mewarisi tradisi penguasa kolonial toh.

    Saya hanya seorang putra dari pasanagan petani di daerah Kuarasan, Gombong, Kebumen yang melihat realitas pendidikan di Indonesia. Wabilkhusus Unnes. Nuwun

    Salam Kenal, Dwi

  50. sasuke uchida

    Sabtu, 3 Desember 2011 | 01:09

    Snmptn th ajarn 2012 tu kpn d mulai yah?
    Please bgi yg tau mohon kasih info ke saya yah
    Krm psan k fb saya aja d ibnu hajar d
    Please n mksih..

  51. Roe

    Selasa, 3 Januari 2012 | 20:13

    Di unnes ada kuliah s0re atau kuliah extensi nggak?

  52. IQKE MESA

    Kamis, 19 Januari 2012 | 12:32

    berapa rincian biaya kuliah fakultas matematika untuk tahun 2012 ini, kapan buka pendaftaran mahasiswa baru,,,,??

  53. andre-kun hansamu

    Kamis, 26 Januari 2012 | 09:22

    terlalu mahal kli pak…apa tidak bisa dikurangi biaya nya……..

  54. rian abi

    Kamis, 26 Januari 2012 | 17:23

    aslm… pak/ibu, mhn penjelasan ttg info s2 di unnes 2012, selengkapnya. sy guru semesta semarang, berminat s2 tahun ini..

    syukran.

  55. dini

    Kamis, 26 Januari 2012 | 20:55

    .asalamualikum pak,, saya mau nanya biaya di fakultas pendidikan kimia berapa yah? dan apa kira-kira UNNES mengutamakan putera daerah? soalnya saya bukan dari semarang tapi ingin masuk UNNES.. mohon dijawab ya

  56. sri rahayu

    Selasa, 31 Januari 2012 | 13:12

    asalamualaikum pak saya mau nnya bagaima persyaratan tentang program bidikmisi d unes karena diinfo belum jelas ..
    mohon di jawab ya

  57. siti alfiyah

    Selasa, 31 Januari 2012 | 13:15

    assalamualaikum pak saya mau nnya tentang biaya program akuntansi di unes?
    kpn di buka pndaftarannya??
    mohon di jawab

  58. pujiyono

    Jumat, 3 Februari 2012 | 14:11

    assalamualaikum pak saya mau nnya tentang biaya program teknik informasi dan komunikasi di unes?

  59. yayui irma sari

    Jumat, 3 Februari 2012 | 14:23

    assalamualaikum…
    maaf pak,,
    tolong tampilkan biaya kuliah setiap prodi yaa……….

  60. pujiono

    Sabtu, 4 Februari 2012 | 16:21

    ass……. saya mau tanya brpa biaya masuk unnes fak ilmu pendidikan prodi teknologi pendidikan?

  61. liansirian

    Minggu, 26 Februari 2012 | 11:15

    bisa di kasih rincian biaya kuliah semua prodi gak… klo gak send via email boleh..

  62. WIWIK ERMAWATI

    Rabu, 7 Maret 2012 | 16:06

    assalamualaikum saya mau tanya biaya masuk awal di unnes yang tidak lwt bidikmisi sekitar berapa ea?ada lagi beasiswa bgi calon mahasiswa baru tidak selain bidikmisi .saya sangat berhaarap sekali ada karena pendaftaran lwt bidikmisi sudah di tutup jd saya tidak bisa lewat situ untuk mengurangi biaya nanti ,
    terutama biaya untuk fakultas olahraga .terima kasih mhon banget penjelsannya

  63. eva pradita

    Kamis, 8 Maret 2012 | 07:15

    pak, tolong taMpilkn tbeL biaya kuliah untuk smua prodi na
    terima kasih

  64. puji rahayu

    Minggu, 11 Maret 2012 | 10:29

    assalamualaikum wr wb
    saya mau tanya, biaya masuk awal di unnes untuk semua prodi sama tidak?
    ada beasiswa lain selain bidik misi? dan bagaimana cara untuk mendapatkan beasiswa itu,
    terima kasih (:

  65. erma sofrotul umah

    Sabtu, 31 Maret 2012 | 22:39

    pak,tolong tgl pendaftaran th ini and biaya masuk untuk prodi s1 ditampilka.terima kasih

  66. firman

    Senin, 2 April 2012 | 22:42

    Assalamualaikum wr wb ….
    pak’ tolong biyaya pendaftaran yang di tampilkan lengkap per prodi…
    syukron trimakasih…
    waalaikumsalam wr.wb

  67. irma muslimah

    Rabu, 4 April 2012 | 22:59

    Assalamu’alaikum,
    Saya mau nanya sama kaya yang datas pak,
    Soalnya saya mau kuliah dunnes tp saya dr jakarta,
    Saya ingin tahu dulu kira2 brapa biaya ksluruhan awal masuk dan berapa biaya persemesternya, khususnya untuk Fakultas tekhnik prodi ptik..
    Terima kasih ,

  68. eli yatus aeni

    Sabtu, 28 April 2012 | 10:42

    mikum,,,,
    bpa saya mau nnya kalau biaya pertama masuk itu smua sama atau tidak soalya saya ingn masuk unnes,,,,
    kalau biaya pertama masuk untuk fakultas bahasa inggris atau indonesia itu berapa?????
    dan saya jugha mnta jadwal pendaftaran yang lebih lengkap,,,
    terima kasih,,,,

  69. ana dwi listiani

    Jumat, 18 Mei 2012 | 15:19

    bpak, saya mau tanya. tahun ini kira2 biaya di UNNES brapa yaa,, total keseluruhannya untuk jurusan Pend. Bahas Jawa,,, makasih

  70. Achmad Ashrofi

    Senin, 21 Mei 2012 | 10:24

    Alhamdulillah , tapi saya mau tanya pak , apa kira-kira biaya diunnes tetap sama misalkan untuk calon mahasiswa baru tahun2012/2013 pak?dan berapa ya pak biaya untuk di jurusan pend.akuntansi sama ekonomi pembangunan ? terima kasih ^_^

  71. nina

    Sabtu, 26 Mei 2012 | 17:31

    tolong informasikan rincian biaya pendidikan FKM Unnes…terima kasih.

  72. pani nur cahyani

    Minggu, 27 Mei 2012 | 16:11

    Assalamu’alaikum wr wb…
    maaf saya mau tanya biaya kuliah pendidikan matematika di unnes sampai berapa ya?
    terus biasanya langsung di bayar semua atau boleh di angsur?
    makasih sebelumnya…

  73. Febrian Fajar Soekarno Putra

    Senin, 28 Mei 2012 | 12:35

    Assalamu’alaikum wr wb…
    maaf sebelumnya pak, saya mau tanya tentang biaya pembayaran untuk jurusan PPKN ?

  74. rian lutfiasih

    Senin, 28 Mei 2012 | 13:56

    asslmkum…tolong biaya daftar ulang untuk jalur undangan di tampilkan lengkap secepatnya….wlkumslam…

  75. hafid

    Senin, 28 Mei 2012 | 15:04

    permisi pak klo jurusan tehnologi pendidikan rincian biayanya berapa
    saya calon mahasiswa di unnes
    mohon penjelasanya
    trimakasih

  76. hafid

    Senin, 28 Mei 2012 | 15:08

    permisi pak klo jurusan tehnologi pendidikan rincian biayanya berapa
    saya calon mahasiswa di unnes
    mohon penjelasanya
    trimakasih

    juyu

  77. amanah putri dewi

    Senin, 28 Mei 2012 | 20:26

    asslmu’alaikum . . mf saya dari tadi cari rincian biaya registrasi/biaya pembayaran ko g dpt-dpt yh . . berapa yah pak biaya keseluruhan untuk manajemen ? wslm . .

  78. bondan gayuh

    Selasa, 29 Mei 2012 | 01:12

    permisi pak klo jurusan tehnologi pendidikan rincian biayanya berapa
    saya calon mahasiswa di unnes
    mohon penjelasanya
    trimakasih

  79. fuad mahfudz

    Selasa, 29 Mei 2012 | 06:20

    assalammualaikum,,
    teknolgi pendidikan biayanya berapa ya??
    di website tanggal 28 akan di umumukan,tapi ini udah tanggal 29??
    .
    pengumumannya lewat apa ya??

    terimakasih atas jawabannya??

  80. royyananisa laila ichwanda

    Selasa, 29 Mei 2012 | 07:07

    ass. pak saya mau tnya rincian biaya registrasi untuk fbs, dri kmarin sya cari kok ga ad. tolong kasih tau secepatnya. trma kash. wass

  81. winda yuda

    Selasa, 29 Mei 2012 | 10:37

    sebelumnya saya minta maaf,saya mau tanya biaya regristrasi untk jalur undangan kok belum dipublish???
    saya calon mahasiswa unnes jurusan tek.arsitektur,kira2 biaya keseluruhannya berapaa?

  82. asri widiarti

    Selasa, 29 Mei 2012 | 16:12

    sebelumnya saya minta maaf,saya mau tanya biaya regristrasi untk jalur undangan kira2 brp dan sekaligus biaya persks untuk prodi pkn brp?

  83. siti yulia hanuji

    Selasa, 29 Mei 2012 | 20:03

    bingung ..biaya’a berapa ????
    udh tgl 29 ini..

  84. irfan sugianto

    Rabu, 30 Mei 2012 | 10:10

    ayolah saya belum tahu biaya registrasi online, kan sebelum registrasi online itu harus bayar dulu biaya pend.. ke bank, nah tp sampe skrg kok data nya belum d upload saya dan temen2 pusing, pengen cepet2 registrasi undangan biar kelar biar tenang.. mhon bantuan nya y siapa aja a :)

  85. ely

    Rabu, 30 Mei 2012 | 12:40

    rincian biaya yang harus dibayar berapa ya??
    mohon secepatnya di unggah ini sudah tgl 30 qo masih blom d unggah jg..

  86. Nurahmad Aprianto Jauhari

    Rabu, 30 Mei 2012 | 12:58

    biaya untuk registrasi unnes th 2012 jaLur undangan kok sampai sekarang beLum di unggah..??
    saya rahmad caLon mahasiswa unnes fakuLtas teknik mesin..
    untuk biaya registrasi fakuLtas teknik mesin tahun 2012 berapa..??
    mohon penjeLasannya..

  87. martha

    Jumat, 1 Juni 2012 | 13:17

    pak biaya yang tahun 2012????

  88. hanif

    Jumat, 1 Juni 2012 | 20:51

    ass,,, pak tlg untuk rincian biaya jur teknik mesin selengkapnya,, suwun..

  89. listy

    Senin, 4 Juni 2012 | 23:04

    biaya fh ny berapa yah pak?

  90. Pungky

    Selasa, 12 Juni 2012 | 19:28

    Sudah ngbet banget masuk unnes di fakultas ilmu olahraga,namun persaingan begitu ketat.
    tolong admin,saya butuh informasi berapa persen bisa masuk unnes di fakultas ilmu olahraga..?

  91. imaduddin

    Rabu, 13 Juni 2012 | 22:45

    pengen masuk PTN di semarang mungkin terjangkau dibanding PTN di DKI.
    tolong donk lebih rinci lagi pak administrasinya yar bisa kordinasi nyak babeh ni :-)

  92. mahmud kharis

    Kamis, 14 Juni 2012 | 21:36

    biaya kuliah di unnes untuk jurusan akuntansi th 2012 berapa ya?????jangan mahal-mahal njih pak,biar rakyat kecil bisa pada kuliah di unnes.

  93. handi gunardi

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 12:17

    pak admin saya bisa melihat rincian biaya prodi lewat SPMU UNNES dimna ya pak???
    mohon bantuannya

  94. hanif dewi

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 17:05

    per semesternya berapa???

  95. anni marinia

    Senin, 9 Juli 2012 | 16:28

    pak/bu admin saya bisa dilihatkan jumlah kapasitas mahasiswa yg akan diterima dalam jalur SPMU?
    terimakasih

  96. Yaya

    Selasa, 10 Juli 2012 | 21:09

    Dear Admin… Would you like to show me how much does the cost per semester in UNNES? thanks.

  97. Ery

    Rabu, 18 Juli 2012 | 17:27

    seUmpama udah d terima d spMu,,,kira2 total biaya’nya brpa ya per tahun???
    terima kasih

  98. sheila

    Jumat, 20 Juli 2012 | 12:52

    maaf, apakah bisa lulusan 2011, mendapat beasiswa bidikmisi atau beasiswa skm ?

  99. risky indriyani

    Selasa, 24 Juli 2012 | 10:38

    butuh donatur/sponsor yang bisa membiayai saya kuliah, saya sungguh pengen sekali bs kuliah di unnes tpi brhubung biaya belom ada jd tahun ini sya akn bkrja kras dlu ngmpulin duit biar thun dpan bs kuliah..mohon informasinya kalo ada yg bs mmbantu saya…terimakasih

  100. intan

    Minggu, 2 September 2012 | 00:32

    apakah di Unnes membuka kuliah S1 program ekstensi? Mohon informasi jurusan/prodi apa saja dan jadwal perkuliahannya. Terima kasih….

  101. yunus

    Rabu, 31 Oktober 2012 | 19:49

    saya butuh info biaya masuk fakultas kesehatan masyarakat…????

  102. Dwi

    Selasa, 20 November 2012 | 15:53

    berapa biaya di UNNES untuk jurusan bahasa inggris sastra?

  103. budiyono

    Rabu, 23 Januari 2013 | 15:35

    pak mulai kapan bayar registrasi semester 2 pkg tranfer.dan paling lambat bulan apa.

  104. diian

    Rabu, 20 Februari 2013 | 22:30

    maf, mau tnya ..
    brapa kira” biaya daftar ulang th inii
    mkasiih ..

  105. Puput

    Kamis, 21 Februari 2013 | 19:05

    maaf mau tanya, prodi pendidikan bahasa mandarin di UNNES itu beneran ada atau gak? jika ada akreditasinya apa, dan berapa biaya kuliah persemesternya. terimakasih :)

  106. Alfi slalu sukses

    Selasa, 26 Februari 2013 | 19:09

    ass,,
    maaf mw tanya ..,,saya kan masih kls 2 SMA tpi saya dri purwokerto,klw saya kuliah di UNNES apakah akan lebih mahal pmbayarannya??umm klw 7,9 jt keatas saya kayaknya kurang mampu :/ ,,
    #share ke fb’ku ya.. Khan Eliecia Ledhos
    .
    .thx :)

  107. titik hidayati

    Selasa, 5 Maret 2013 | 10:51

    ass,,
    apa di unnes ada kuliah paralel buat karyawan,,
    kalau ada, biaya buat masuk kesitu lewat program bidik misi berapa,

  108. rizki

    Kamis, 7 Maret 2013 | 17:15

    assalamu’alaikum calau biaya masuk dan semester berapa tahun in??????? terima kasih

  109. ayrin

    Sabtu, 13 April 2013 | 10:02

    berarti untuk semua jurusan biayanya sama

  110. Hery satria

    Jumat, 26 April 2013 | 19:39

    Kalo biaya masuk tahun 2013/2014 berapa ?

  111. ratna safitri

    Rabu, 1 Mei 2013 | 13:11

    maaf pak, sebelumnya biaya kuliah di unnes bisa diangsur atau harus dibayar sekaligus.

  112. april

    Sabtu, 4 Mei 2013 | 16:15

    tdk ada kelas ekstensi?

  113. mira

    Rabu, 8 Mei 2013 | 20:43

    assalamualaikum
    berapa biaya masuk tahun ini dan berapa per semesternya ?
    terus biaya kuliahnya diangsur atau di bayar langsung.

  114. Ihsanul

    Jumat, 24 Mei 2013 | 11:48

    kalau dibandingin sama perguruan yang setara dan tetangga ternyta UNNES udah lumayan murah,,
    moga aja aku dtrima disitu, syukur2 dpet beasiswa
    amin

  115. nike

    Sabtu, 25 Mei 2013 | 08:36

    kira-kira biaya tahun ini lebih ringan apa lebih banyak dibandingkan tahun kemarin ?

  116. prince dark

    Selasa, 28 Mei 2013 | 14:29

    beneran nggak tuh pak ??

  117. angga dwi winarno

    Jumat, 31 Mei 2013 | 10:02

    pada tahun 2013 ini kira-kira biaya masuk berapa?
    saya dengar berita di suara merdeka kok tahun ini lebih murah di bandingkan tahun kemarin

  118. widi

    Minggu, 9 Juni 2013 | 19:36

    jadwal pendaftaran fakultas keolahragaan kelas ekstensi unnes kapan ta?

  119. Gherry

    Kamis, 13 Juni 2013 | 11:40

    Untuk biaya masuk jurusan akuntansi berapa pak..?
    Mohon penjelasannya.

  120. Rosline

    Sabtu, 15 Juni 2013 | 16:27

    assalamu’alaikum
    saya mau tanya, untuk tes saringan masuk pps BK bagaimana.??? seperti apa.?? apa yang diujikan..
    atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih
    wassalam

  121. assya

    Selasa, 18 Juni 2013 | 20:38

    itu kan postingan dulu, apa sekarang ada perubahan???
    kalo ada apakah sudah di posting lagi ?? kalau ada perubahan mohon di posting lagi karena mungkin banyak yg butuh info, dan jika tidak ada perubahan segera di beritahukan, trimakasih

  122. agus

    Sabtu, 22 Juni 2013 | 15:08

    mudah mudahan program UKT,bisa sesuai harapan semuanya,sehingga indonesia tercinta bisa menjaring generasi yg punya potensi

  123. fia

    Kamis, 18 Juli 2013 | 14:50

    assalamu’alaikum
    mau tanya tentang biaya persemester untuk thun skarang…brapa ya????
    terima ksih
    wassalamu’alaikum

  124. taufik

    Minggu, 4 Agustus 2013 | 02:56

    Mau tanya mas admin nich, sy lgi lo2s S2 kepengawasan Unnes thn nich bisa ksih tau di gedung mana biasanya perkul pasca,daerah kost terdekat n perkiraan beayanya per thn berapa? Mtr tnk u jwbnya, slm knal dr pacitan,ok.

  125. sulis

    Jumat, 23 Agustus 2013 | 00:14

    ternyata jawa lebih kaya dari mana pun di INDONESIA ini

  126. shofi

    Rabu, 4 September 2013 | 00:36

    Admin saya lulusan thn ini tp sya thun ini gg bsa kulyh krna gg punya biyaya,thn dpt sya pgn skli bsa kulyah diunnes bsa msh bsa gg ikut yg bidikmisi,saya bner2 gg mampu n bner2 pgn bgt kulyah mhon bantuannya y

  127. laila

    Minggu, 3 November 2013 | 13:03

    bingung

  128. samsul maafri

    Senin, 25 November 2013 | 21:02

    semoga tahun ini biaya d unnes gx naik……

  129. nuraeni

    Selasa, 26 November 2013 | 22:16

    Asswrwb admin,mohon bantuan info nya untuk kuliah S1 kesehatan jalur extensi atau khusus karyawan,untuk jalur ini terakreditasi apa yaa? Pendaftaran biasa bulan brp untuk tahun ajaran 2014.saya lulusan SPK ’97 dan pengen banget kuliah….atas jawabannya saya haturkan terimakasih.

  130. ILA

    Senin, 30 Desember 2013 | 10:06

    Ass.wr.wb. mau tanya ada tidak beasiswa bagi anak sma yang mengahafl quran,maksud saya beasiswa untuk tahfidz quran di unnes.terima kasih

  131. ILA

    Senin, 30 Desember 2013 | 10:12

    Kalau belum ada mohon untuk diusulkan,misalnya gratis bagi siswa /siswi sma yang mau kuliah diunnes yang sudah hafal 30 juz full gratis,karena Al Qur’an adalah pegangan dan petunjuk hidup,dengan berpegang teguh dengan alquran hidup akan selamat dunia dan akhirat.amin.wah lebih hebatnya jika diunnes berkumpul mahasiswa yang tahfidz qur’an.pasti unnes tambah jaya…dan tambah berkah..amin..mohon untuk diusulkan kalau belum ada.thanks

  132. ILA

    Senin, 30 Desember 2013 | 10:17

    Satu lagi ya pak cip…mudah – mudahan dengan program itu unnes akan menjadi universitas negeri yang beda dengan yang lain, cetaklah sarjana bahasa inggris .sarjana ekonomi, hukum dll.menjdi khafidz seperti program Ust.Yusuf mansur, jadilah dokter dokter yang hafal quran, jadilah polisi polisi yang hafal quran, jadilah pengacara, pengacara yang hafal quran, supaya nanti ketika diberi amanh, berupa pekerjaan dan jabatan selalu ingat, sehingga tidak mudah korupsi dan lain- lain….

  133. Antika Esty Septiyani

    Selasa, 31 Desember 2013 | 22:11

    Berapa biaya kuliah di Unnes tiap semesternya?

  134. tyas

    Senin, 13 Januari 2014 | 12:11

    assalamu’alaikum….maaf sebelumnya mau tanya…mohon informasinya daya saing dan daya minat di setiap jurusan di fakultas ilmu sosial?

  135. tyas

    Senin, 13 Januari 2014 | 12:13

    terus tidak lupa juga biaya per semesternya

  136. lia larasati

    Jumat, 17 Januari 2014 | 08:18

    pak kalo 2014 brp ya biaya uang mukanya? dan biayaya apakah naik? trimsh

  137. rosa

    Jumat, 17 Januari 2014 | 13:19

    Hallo saya rosa dari jakarta. boleh kah saya tahu informasi biaya kuliah magsiter akuntansi dan manajemen 2014. dan apakah unnes mengadakan program magister kelas perkuliahan weekend ? Terima kasih

  138. toni

    Kamis, 20 Februari 2014 | 14:12

    wih,,, keren.. saya masih kelas 2 sma ,, tapi pengen banget bisa cepat kuliah di UNNES,, pengen gratisan

  139. bela

    Minggu, 23 Februari 2014 | 18:45

    ma’af saya mau minta informasi. berapa biaya per semester untk fakultas pendidikan biologi?

  140. Nely Frestiantin

    Selasa, 11 Maret 2014 | 13:09

    mf kalau biaya pertama masuk unnes itu kira2 berapa?
    ada biaya bulanan atau hanya biaya per semester saja?
    terimakasih

  141. Anita Rachma Sari

    Jumat, 14 Maret 2014 | 08:38

    saya ingin menjadi mahasiswa UNES namun saya lulusan sekolah tahun 2011, apakah saya masih mampu mengikuti jalur beasiswa mandiri atau SMPTN?? saya yakin karena memiliki nilai tinggi lulusan SMK Akuntansi. namun karena materi finansial, saya melanjutkan untuk berkerja terlebih dahulu.
    saya mohon jawabannya,
    terimakasih.