Inilah Alur Pendaftaran SPMU

Sabtu, 7 Juli 2012 | 9:30

Berita Terkait

Ingin mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (Unnes) tapi masih bingung caranya? Berikut ini langkah-langkah yang mesti ditempuh.

Pertama, buka laman http://spmu.unnes.ac.id. Pada tahap ini, persiapkan data identitas diri dan data pendidikan terakhir. Isilah formulir yang tersedia di laman ini. Pada tahap tahap ini, kamu akan mendapatkan formulir pendaftaran dan PIN. Ingat, tahap ini berlangsung 7 – 20 Juli 2012.

Kedua, datanglah ke kantor Bank BRI atau anjungan tunai mandiri (ATM). Berbekal formulir dan PIN, lakukan pembayaran. Biayanya Rp200.000. Khusus yang memilih program studi seni atau olahraga masih harus menambah Rp100.000 untuk biaya ujian keterampilan. Keluar dari bank, kartu bukti pembayaran mesti sudah ada di tangan.

Ketiga
, kunjungi kembali laman http://spmu.unnes.ac.id. Berbekal formulir pendaftaran, PIN, dan kartu pembayaran, unggahlah foto kamu. Ingat, pas foto, bukan pas difoto sehingga kucing kesayangan tak perlu disertakan. Kalau sudah selesai mengunggah foto, cetaklah rangkap dua kartu tanda peserta. Jadwal buat mencetak kartu tanda peserta hanya sampai 21 Juli 2012.

Keempat, datanglah ke lokasi tes sesuai dengan jadwal. Ada baiknya mengecek lokasi sehari sebelum pelaksanaan. Persiapkan alat tulis, juga kostum olahraga/peralatan seni sesuai dengan tes keterampilan yang kamu ikuti. Jika kamu punya sertifikat atau piagam penghargaan, bawa dan tunjukkan kepada penguji keterampilan.

Nah, mudah kan? Selebihnya, tinggal belajar lebih giat, berlatih lebih keras buat yang ikut ujian keterampilan, dan tak lupa berdoa. Semoga salah satu dari 1.879 kursi kuliah Unnes dari seleksi mandiri ini jadi milik kamu.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

92 Komentar untuk “Inilah Alur Pendaftaran SPMU”

  1. amin sahri

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 09:41

    kalau pendaftar bidikmisi alurnya bagaimana, admin? bayar200.000juga atau ngga?

  2. Ahmad Farid Anami

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 09:52

    Mau Tanya… Untuk Biaya Masuk dan SPP per-Smester nya kalau ikut pendaftaran dengan menggunakan jalur SPMU berapa??
    kalau untuk jurusan Pendidikan Matematika…

    terimakasih

  3. Jonas Rulian G

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 09:57

    saya ingin daftar, tapi saya ada di bandung. lokasi ujiannya ada yang di bandung ga????
    makasih

  4. widodo

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 10:22

    cukup sederhana, thanks info dan petunjuknya.

  5. Bill Isaborn

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 11:00

    lokasi ujian apa harus di semarang?

  6. Herdiana kartika sari

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 11:12

    Assalamu’alaikum admin :)
    saya ingin bertanya, jika saya ingin mengikuti spmu jalur bidikmisi sprt snmptn yg tlah lalu apakah bisa ? Bagaimana alur pendftrannya jika memang bisa ? (saya lulusan thun 2012)
    terimakasih, wassalamu’alaikum :)

  7. irma s

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 11:13

    saya kn masuk progam ipa, tp pengen ambil pgsd dan bahasa jawa (spmu unnes). apakah boleh?
    nanti saya pas ngisi formulirnya pilih progam ipa atau ips? mohon di jawab

  8. asty

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 11:19

    ini gimana sih, spmu malah mubeng2,, gmna nih caranya????

  9. nieza

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 11:34

    kak,,mw nanya…gman luw ikt jlur bdikmisi……apa hruz ke bank jua wad adminztrazi???????????????

  10. Yunita Sari

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 12:03

    saya mau tanya,
    adakah perbedaan antara SPMU dan UMB untuk masuk ke UNNES ini????

  11. rahma

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 12:15

    thanks infnya,,,,

  12. sony

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 12:28

    untuk mahasiswa baru yg diterima SMPTN,daftar ulangnya kapan trus persyaratannya apa aja???

  13. niluh

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 13:06

    saya ingin daftar, tapi saya tinggal di jakarta.
    lokasi ujian nya ada yang di jakarta gaaaaaa??
    makasiiih :)

  14. indah.k

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 13:33

    pengumuman kelulusan’a kapan ?
    untuk jurusan psikologi, biaya per-semester dan biaya masuk’a berapa ?
    terimakasih..

  15. santi

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 13:51

    kalo pendaftaran bidik misi alurnya gimana ??
    mohon penjelasannya, terima kasih :)

  16. Isna Oktalia

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 13:54

    kalau untuk peserta bidik misi bisa apa ngga ?? kalau bisa bagaimana prosedurnya , mohon balasannya ya :) terimakasih

  17. santi

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 13:54

    eh ya, jalur bidikmisinya apa masih di buka ?

  18. zunas

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 14:59

    jka kita dari jurusan IPA tp memilih jurusan IPS apkah brarti yg di ujikan pljrn IPS ja ? Akuntansi jg d ujikan/ ndak?? tlong jwbnnya,… mkasih.

  19. nadzir

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 15:55

    aslm. kalo DAFTAR YANG BIDIK MISI BAGAIMANA CARANYA YA? Mohon bantuannya. trim

  20. wahyu

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 16:05

    Apakah jalur SPMU biaya sama dengan

  21. Arina

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 17:02

    Pak, saya kan sudah ke laman http:/spmu.unnes.ac.id cara ngisi formulirnya bagaimana? kok saya tidak menemukan formulirnya?
    Mohon dibales komen saya ya pak..makasih :)

  22. Flo-Zha

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 18:42

    kaloo jalurr yang pakee nilai snmptn ad gaa,,,?

  23. indra gunawan

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 19:27

    hadehhhh, bahasanya masih gaul aja pak cip

  24. JOHANES

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 19:28

    Saya ingin daftar tapi bagaiman caranya? saya sekarang tinggal d bandung.Apakah di Bandung juga ada tempat testnya?

  25. Hayyinsasanariaanjasmoro

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 19:39

    Aminn y allah.

  26. ahmad suryadi

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 19:54

    daya tampung pendidikan matematika dari jalur spmu unnes berapa?

  27. edy

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 20:04

    pak bisakah masuk ke unnes yang lulusan taun 2007/2008,kl bs bgaimana cara pendaftaranya…???

  28. Agus

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 20:04

    mau tanya…untuk mahasiswa yg pengen transfer ke unnes caranya gimana..Trims

  29. widodo

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 22:00

    cara mendaftar non regular bagaimana?

  30. nurul

    Sabtu, 7 Juli 2012 | 22:29

    kalau mau lihat kuota spmu dmn ya??

  31. ardiawan

    Minggu, 8 Juli 2012 | 09:04

    spmu itu ap sebutan lain dari ujian mandiri???
    trs bgaimana kalau yg lewat bidikmisi, syarat dan biaya pendaftarannya ap sama???
    untuk semesterannya ap sama juga dengan yg lewat jalur lain???
    terima kasih..

  32. Khafid

    Minggu, 8 Juli 2012 | 09:37

    Terima kasih Admin, kami mantau dari Kudus….

  33. uswatun khasanah

    Minggu, 8 Juli 2012 | 10:13

    maaf… kalau mendaftar lewat bidikmisi bagaimana?apakah memakai PIN yg sebelumnya sudah diterima?dan apakah menggunakan sistem ipa/ips/ipc begitu?mohon bantuannya..terimaksaih

  34. Anna Rachamdyana Harry

    Minggu, 8 Juli 2012 | 10:14

    ,bgaimana biaya untuk spmu yg jalur bidikmisi? .

  35. sheila

    Minggu, 8 Juli 2012 | 11:01

    maaf, mau tanya. apakh 2 pilihan prodinya bisa dari ipa atau ips? misalnya gini, pilihan pertama, ilmu hukum, apakah boleh pilihan keduanya biologi ? kalo boleh, peserta mengikuti test keduanya atau bagamaimana ? mohon dijelaskan. terimakasih.

  36. Khafid

    Minggu, 8 Juli 2012 | 13:49

    Saudara sheila……. prodi yang dipilih keduanya harus sebidang. Keduanya IPA, atau keduanya IPS. Pilihan prodi yang seperti Sheila contohkan, tidak bisa terlayani pada SPMU 2012 ini. Demikian, semoga informasi ini bermanfaat

  37. Arko

    Minggu, 8 Juli 2012 | 14:19

    1. Bagaimana Cara melakukan Pendaftaran Bidikmisi untuk Seleksi Mandiri Unnes.
    2. Saya sudah melakukan Pendaftaran di laman http://spmu.unnes.ac.id lewat Jalur Bidikmisi, sudah mendapatkan PIN yang berguna untuk melakukan pembayaran
    3. Apakah Kalau lewat jalur Bidikmisi Mandiri Unnes juga harus membayar Rp. 200.000,-?
    4. Kalau 3 point diatas sudah dilaksanakan dilaman apa harus mendaftar ulang (upload foto, dll) terimakasih

  38. meyllisa

    Minggu, 8 Juli 2012 | 14:46

    admin yang pake bidik misi tetep bayar pendaftaran 200rb itu?

  39. Mbahe

    Minggu, 8 Juli 2012 | 15:48

    Terima Kasih atas infonya, saya kira hanya ada SNMPTN Undangan dan tulis saja.

  40. Silvia

    Minggu, 8 Juli 2012 | 21:48

    kalox daftar SPMU bidikmisi bagaimana caranya ya?????????mhn bantuanya

  41. Nugroho Adi

    Senin, 9 Juli 2012 | 07:51

    Maz Admin saya mau tanya , kalau seumpamanny ambil jurusan yang IPA dan IPS bisa apa tidak ?

  42. Retno

    Senin, 9 Juli 2012 | 13:52

    alur bdikmisi bagaimana ??
    trimaksiih ..
    :)

  43. ika anita

    Senin, 9 Juli 2012 | 21:08

    masak kalau diterima jurusan PGSD tempat kuliahya di Tegal sih !!!!????
    kuk tidak di kampus UNNESnya aja ???

  44. wawan

    Selasa, 10 Juli 2012 | 00:40

    cara daftar spmu bagaimana caranya? ko ga ada formulirnya?

  45. agung

    Selasa, 10 Juli 2012 | 07:02

    lokasi ujian selain di semarangb ada nggak?

  46. Alexander

    Selasa, 10 Juli 2012 | 09:07

    Saya mau tanya, apakah lokasi ujiannya ada di Medan?
    Ataukah hanya ada di Unnes saja?
    Mohon tanggapannya
    Terima kasih sebelumnya

  47. erni

    Selasa, 10 Juli 2012 | 09:38

    gimana caranya nyetak kartu registrasi, pernyataan dan lapor diri untuk calon pendaftar BM ??
    apakah sudah bisa dicetak tanggal ini ataukah harus menunggu pengumuman BM tgl 15 nanti ??

  48. Lidya

    Selasa, 10 Juli 2012 | 09:49

    admin, saya mau tanya. Kemarin waktu saya ngisi formulir menggunakan BM yang dicentang hanya untuk snmptn saja, yang UM tidak dicentang. lalu apakah saya harus daftar lagi bidik misi? mohon dijawab admin. saya bingung.
    terima kasih

  49. mariyatun

    Selasa, 10 Juli 2012 | 12:21

    pak ini ank sya sudah dftr on line trs mw byar k bank koq gk bsa,ktane sruh bwa formulir tu formulir yg mana?.ni udah dpet pin

  50. qiya

    Selasa, 10 Juli 2012 | 13:21

    Bagaimana Cara Pendaftaran Bidikmisi untuk Seleksi Mandiri Unnes.?
    kalau lewat jalur Bidikmisi Mandiri Unnes juga harus bayar Rp. 200.000,-?
    mohon penjelasannya……………
    syukron.

  51. yana

    Selasa, 10 Juli 2012 | 14:27

    spmu sama nggak dgn mandiri,tp ikut bidik misi?trus caranya pendaftaran bidikmisinya bagaimana? apakah pin bidikmisi yang digunakan pada waktu snmptn masih bisa digunakan lagi? trima kasih.

  52. kamila

    Selasa, 10 Juli 2012 | 16:41

    mau tanya lokasi ujiannya dmn aja y ???
    makasih

  53. johanes

    Selasa, 10 Juli 2012 | 16:57

    Pak,Ibu…
    Kenapa gak dibalas-balas koment sya.
    Mohon bantuannya dong pak.

  54. suratno

    Selasa, 10 Juli 2012 | 19:20

    untuk pembayaran SPMU melalui BRI knapa blum jadi? mohon dicek, sudah 2kali g jadi

  55. yunri

    Rabu, 11 Juli 2012 | 10:03

    maaf,mw nanya untuk lokasi ujian spmu.unnes it gimna ya?

  56. afifah

    Rabu, 11 Juli 2012 | 12:27

    apakah djlur spmu ada bdkmsi?dan jk siswa ipa memilih prodi ips,itu tesny ada mpel ips jg/tdk?

  57. Dedy setiono

    Rabu, 11 Juli 2012 | 12:56

    Maaf sbelumnya. . Saya kan sudah ndaftar online SPMU unnes, truz mau membyar ke Bank BRI koh ga jadi. . Bgaimana ni? Mohon bantUannya. .

  58. rizka fifi

    Kamis, 12 Juli 2012 | 10:07

    bagaimana caranya mencetak kartu spmu yang lewat jalur bidikmisi z tolong bantuannya????

  59. vita

    Jumat, 13 Juli 2012 | 11:19

    .rizka fifi setau q yg bidikmisi ataupun yg tidak mncetaknya sma saja … tetap di laman http://spmu.unnes.ac.id trus plih cetak kartu tes spmunya

  60. vita

    Jumat, 13 Juli 2012 | 11:21

    .rizka fifi setau q yg bidikmisi ataupun yg tidak mncetaknya sma saja … tetap di laman http://spmu.unnes.ac.id trus plih cetak kartu tes spmu

  61. marilly

    Jumat, 13 Juli 2012 | 13:37

    ra mdeng daftare

  62. devita maya

    Jumat, 13 Juli 2012 | 16:02

    maaf aku mau tnya ini.
    saya sudah saftar SPMU bidikmisi dan ternyata ada syarat harus mempunyai prestasi di sekolah dan harus mempunyai rekomendasi siswa berprestasi,,sedangkan saya tidak mempunyai .
    saya baru tau syarat itu saat print kartu pendaftaran.
    saya harus bagaimana iya?
    pada hal saya sudah membayar d.bank.
    mohon di balas secepatnya.
    trimakasih

  63. aan aris

    Jumat, 13 Juli 2012 | 16:22

    klw pendaftar SPMU bidik misi, HARUS BAYAR KE BANK atau nggak?

  64. aini fitriyah

    Sabtu, 14 Juli 2012 | 18:18

    kalau bidik misi tu ngk bisa ambil program D3 ya? buat tmen2 yang tau d jawab ya… terimakasih

  65. suci

    Sabtu, 14 Juli 2012 | 18:30

    ass… maav saya mw tanya…..
    saya tinggal d padang… apakah ada di padang lokasi tes nya….saya berharap sekali jika ada…

  66. suci

    Sabtu, 14 Juli 2012 | 18:34

    ass… saya mw tanya lgi…. jika saya mengambil jrusan Teknik kmputer…. apa ada juga ujian prakteknya seperti ujian ketrampilan..
    karna saya waktu SMK mengambil jurusan teknik komputer dan jaringan…..

  67. Aziz

    Sabtu, 14 Juli 2012 | 19:19

    Assalamu ‘alaikum..untuk lokasi tes, ada di daerah mana saja? apakah hanya di semarang? Terima kasih

  68. sofan

    Minggu, 15 Juli 2012 | 14:22

    ass….. eh blh tanya ga??kalo mau amiljurusan pndidikan olahrga msih bisa ga???

  69. Ganis

    Senin, 16 Juli 2012 | 17:41

    mau tanya,ini test spmu tempat testnya di daerah mana saja ya?apa harus disemarang?

  70. subagyo

    Selasa, 17 Juli 2012 | 21:29

    mau cetak kartu tes kok gak bisa2, gimana caranya? pada hal tinggal cetak?

  71. Claudia Tevy Wulandari

    Rabu, 18 Juli 2012 | 11:08

    saya jg mau tanya tntang cetak kartu…kok jga tdk bsa2 ya…pdhl jg tnggl cetak

  72. Zaenurokhman Pipit Wicaksono

    Kamis, 19 Juli 2012 | 03:32

    maaf admin spmu, kok saya mau cetk kartu ga bisa ya?

  73. alvin

    Kamis, 19 Juli 2012 | 10:13

    kak ,kok saya mau cetak kartu spmu ga bisa ya?

  74. awan

    Kamis, 19 Juli 2012 | 10:14

    saya mau nyetak kartu spmu kok ga bsa2 ya??

  75. didin ahyarudin

    Kamis, 19 Juli 2012 | 11:03

    admin.saya mau cetak kartu kok nggak bisa.malah gagal terus…?

  76. didin ahyarudin

    Kamis, 19 Juli 2012 | 11:06

    ma’af admin.mau tanya setiap mau cetak kartu tes spmu.kok gagal terus.malah ada tulisan (Mohon maaf ruang tes sudah tidak tersedia lagi! Silakan tunggu beberapa saat untuk penambahan ruang oleh panitia SPMU)…terus gimana???

  77. Lewi Insela

    Kamis, 19 Juli 2012 | 11:07

    Kalau sudah dapat pin apa yang harus dilakukan ya? Kok saya nggak bisa bayar ya min? Tolong dibantu, thanks.

  78. afifah

    Kamis, 19 Juli 2012 | 12:16

    gmn nih?saya sdh byr tp og tdk dkasih tmpt tes?trs gmn?apa uang qt bs kembali atau gmna?/

  79. heri irawan

    Kamis, 19 Juli 2012 | 12:52

    assalammu’alikum
    pak/bu , lah saya sudah registrasi tapi giliran nyetak kartu tesnya ko gak bisa ya ?
    gimana pak/bu?

  80. ninik retno

    Kamis, 19 Juli 2012 | 13:23

    cetak kartu tesnya kok gk bisa ya?

  81. pamungkas

    Jumat, 20 Juli 2012 | 09:52

    ayow awh do daftar

  82. Indri

    Jumat, 20 Juli 2012 | 17:09

    kjartu tidak bisa dicetak, bgm?

  83. genvil rafika sera

    Sabtu, 21 Juli 2012 | 20:46

    cara cetak kartunya gmn ya om??

  84. arif

    Sabtu, 21 Juli 2012 | 21:19

    bagaimana cra cetak kartunya?

  85. nafisa

    Kamis, 26 Juli 2012 | 07:41

    sampai tanggal berapa sih pembayaran nomer pin . . . . .?trus apakah tahun depan ada semacam SNMPTN atau SPMU lagi

  86. nafisa

    Kamis, 26 Juli 2012 | 07:46

    maaf admin spmu,saya tunggu jawabannya sekarang . . . .?soalnya saya sudah daftar dan sudah dapat no pin tapi belum bayar ke bank ?gimana solusinya

  87. nafisa

    Kamis, 26 Juli 2012 | 07:58

    la terus jawaban di lihat di mana ?tolong dong admin spmu, jawaban saya yang tadi di bales

  88. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Kamis, 26 Juli 2012 | 08:40

    Saudara Nafisa, pendaftaran sudah berakhir 20 Juli lalu. Yang masih dibuka hingga 6 Agustus 2012 khusus untuk SPMU Teknik Mesin S1 dan Teknik Sipil S1. Salam.

  89. Erthanta

    Rabu, 20 Februari 2013 | 10:50

    saya pengen daftar di unnes tapi saya masi bingung bagaimana caranya /

  90. Josi Nurvela Kencana

    Senin, 6 Mei 2013 | 16:47

    Saya sudh membuka laman spmu.unnes.ac.id, tapi kok gk ada formulir yang sudh disediakan ya….
    disamping kirinya ada INFO SPMU, saya buka2 saru-satu juga gk ad.
    Yang ada cuma Pendaftaran Profesi Konselor, itu benar atau salah.
    Saya sudah mencobanya, milih Pendaftaran Profesi Konselor. Tapi, disana tahunnya cuma sampai 1993, gk ada ya tahun 1995.
    Mohon dibalas ya….
    Ini penting …!!!!

  91. novian pbd

    Rabu, 26 Juni 2013 | 14:28

    min, untuk peserta program bidikmisi apa tetap harus membayar biaya pendaftaran 200 rb tsb? please jwb min…..

  92. marhaendra data