Inilah Alur Pendaftaran SPMU

Sabtu, 7 Juli 2012 | 9:30 WIB


Ingin mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (Unnes) tapi masih bingung caranya? Berikut ini langkah-langkah yang mesti ditempuh.

Pertama, buka laman http://spmu.unnes.ac.id. Pada tahap ini, persiapkan data identitas diri dan data pendidikan terakhir. Isilah formulir yang tersedia di laman ini. Pada tahap tahap ini, kamu akan mendapatkan formulir pendaftaran dan PIN. Ingat, tahap ini berlangsung 7 – 20 Juli 2012.

Kedua, datanglah ke kantor Bank BRI atau anjungan tunai mandiri (ATM). Berbekal formulir dan PIN, lakukan pembayaran. Biayanya Rp200.000. Khusus yang memilih program studi seni atau olahraga masih harus menambah Rp100.000 untuk biaya ujian keterampilan. Keluar dari bank, kartu bukti pembayaran mesti sudah ada di tangan.

Ketiga
, kunjungi kembali laman http://spmu.unnes.ac.id. Berbekal formulir pendaftaran, PIN, dan kartu pembayaran, unggahlah foto kamu. Ingat, pas foto, bukan pas difoto sehingga kucing kesayangan tak perlu disertakan. Kalau sudah selesai mengunggah foto, cetaklah rangkap dua kartu tanda peserta. Jadwal buat mencetak kartu tanda peserta hanya sampai 21 Juli 2012.

Keempat, datanglah ke lokasi tes sesuai dengan jadwal. Ada baiknya mengecek lokasi sehari sebelum pelaksanaan. Persiapkan alat tulis, juga kostum olahraga/peralatan seni sesuai dengan tes keterampilan yang kamu ikuti. Jika kamu punya sertifikat atau piagam penghargaan, bawa dan tunjukkan kepada penguji keterampilan.

Nah, mudah kan? Selebihnya, tinggal belajar lebih giat, berlatih lebih keras buat yang ikut ujian keterampilan, dan tak lupa berdoa. Semoga salah satu dari 1.879 kursi kuliah Unnes dari seleksi mandiri ini jadi milik kamu.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 16.802 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

92 komentar pada “Inilah Alur Pendaftaran SPMU

  1. spmu sama nggak dgn mandiri,tp ikut bidik misi?trus caranya pendaftaran bidikmisinya bagaimana? apakah pin bidikmisi yang digunakan pada waktu snmptn masih bisa digunakan lagi? trima kasih.

  2. Maaf sbelumnya. . Saya kan sudah ndaftar online SPMU unnes, truz mau membyar ke Bank BRI koh ga jadi. . Bgaimana ni? Mohon bantUannya. .

  3. maaf aku mau tnya ini.
    saya sudah saftar SPMU bidikmisi dan ternyata ada syarat harus mempunyai prestasi di sekolah dan harus mempunyai rekomendasi siswa berprestasi,,sedangkan saya tidak mempunyai .
    saya baru tau syarat itu saat print kartu pendaftaran.
    saya harus bagaimana iya?
    pada hal saya sudah membayar d.bank.
    mohon di balas secepatnya.
    trimakasih

  4. ass… saya mw tanya lgi…. jika saya mengambil jrusan Teknik kmputer…. apa ada juga ujian prakteknya seperti ujian ketrampilan..
    karna saya waktu SMK mengambil jurusan teknik komputer dan jaringan…..

  5. ma’af admin.mau tanya setiap mau cetak kartu tes spmu.kok gagal terus.malah ada tulisan (Mohon maaf ruang tes sudah tidak tersedia lagi! Silakan tunggu beberapa saat untuk penambahan ruang oleh panitia SPMU)…terus gimana???

  6. assalammu’alikum
    pak/bu , lah saya sudah registrasi tapi giliran nyetak kartu tesnya ko gak bisa ya ?
    gimana pak/bu?

    1. Saudara Nafisa, pendaftaran sudah berakhir 20 Juli lalu. Yang masih dibuka hingga 6 Agustus 2012 khusus untuk SPMU Teknik Mesin S1 dan Teknik Sipil S1. Salam.

  7. maaf admin spmu,saya tunggu jawabannya sekarang . . . .?soalnya saya sudah daftar dan sudah dapat no pin tapi belum bayar ke bank ?gimana solusinya

  8. Saya sudh membuka laman spmu.unnes.ac.id, tapi kok gk ada formulir yang sudh disediakan ya….
    disamping kirinya ada INFO SPMU, saya buka2 saru-satu juga gk ad.
    Yang ada cuma Pendaftaran Profesi Konselor, itu benar atau salah.
    Saya sudah mencobanya, milih Pendaftaran Profesi Konselor. Tapi, disana tahunnya cuma sampai 1993, gk ada ya tahun 1995.
    Mohon dibalas ya….
    Ini penting …!!!!

  9. min, untuk peserta program bidikmisi apa tetap harus membayar biaya pendaftaran 200 rb tsb? please jwb min…..

  10. bagaimana cara mengunggah foto untuk mencetak kartu UM bagi peserta bidikmisi, dan apakah peserta bidikmisi juga masih harus membayar di BNI untuk mendapatkan PIN

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *