Indahnya Gebyar Kreasi Bangsa

Selasa, 14 Januari 2014 | 14:50 WIB


Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang (PGSD Unnes) Kampus Tegal menggelar Pagelaran Seni Drama dan Tari 2014 dengan tema “Gemerlap Kreasi Bangsa” pada Sabtu hingga Minggu (11-12/01).

Pagelaran bertempat di Gedung Teater Arena Taman Budaya Tegal dan dilaksanakan sebagai ujian praktek mata kuliah Pendidikan Seni Drama dan Tari yang diampu oleh Ika Ratnaningrum MPd. Pagelaran diikuti oleh mahasiswa semester III sebanyak 217 mahasiswa yang dibagi menjadi 25 kelompok tari.

Pagelaran dibuka oleh Koordinator PGSD UPP Tegal, Drs Akhmad Junaedi MPd. Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa semester I, semester V, semester VII, angkatan alumni serta dosen dan karyawan PGSD UPP Tegal Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unnes. Turut juga diundang perwakilan mahasiswa Universitas Panca Sakti, POLTRAN, POLTEK Tegal dan Universitas Muhadi Setiabudi sebagai bentuk penguatan jalinan silaturahim antar perguruan tinggi di wilayah Tegal dan sekitarnya.

Seluruh tarian yang ditampilkan mengusung konsep keindahan kreasi Indonesia dengan mengombinasikan tarian tradisional dan modern yang dikemas dalam alur cerita. Di antara judul tarian yang ditampilkan adalah Princess Menthok, Ande-ande Lumut Metropolitan, Suling Cinta Shinta, Acer (Ayo Celamatkan Rapunzel), The Power of BBLove, Abita (Aku Bangga Indonesia Tanah Airku), dan Romeo Berpaling Hati.

Pagelaran diakhiri dengan pengumuman pemenang delapan kategori terbaik berdasarkan penilaian penampilan selama dua hari. Pemenang delapan kategori tersebut adalah Lanang Dwi Kurniawan sebagai Penari Pria Terbaik, Gita Nur Izzati sebagai Penari Wanita Terbaik, Rozak Syafa’at sebagai Tata Rias Pria Terbaik, Dinar Febriani sebagai Tata Rias Wanita Terbaik, kelompok “Acer (Ayo Celamatkan Rapunzel)” sebagai Kelompok Tari Terbaik, kelompok “Suling Cinta Shinta” sebagai Kelompok Tari Terfavorit, kelompok “The Power of BB-Love” sebagai Kelompok Tari dengan Dekorasi Terbaik.

“Diharapkan setelah mendapatkan mata kuliah ini, kelak para calon guru ini menjadi guru yang tidak hanya mendidik saja namun memiliki kreativitas dalam berkarya seni khususnya seni tari sehingga budaya Indonesia tetap lestari” ucap Ika Ratnaningrum di sela-sela acara.


DIUNGGAH : Nur Laila Sofiatun Dibaca : 3.113 kali
EDITOR : Nur Laila Sofiatun

satu komentar pada “Indahnya Gebyar Kreasi Bangsa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X