Ikut Menginternasionalkan UNNES, FBS Hadirkan Ahli BIPA

Rabu, 1 November 2017 | 15:48 WIB


Ikut Menginternasionalkan UNNES, FBS Hadirkan Ahli BIPA

Ikut menginternasionalisasikan Universitas Negeri Semarang (UNNES), Fakultas Bahasa dan Seni  (FBS), menyelenggarakan kuliah tamu dengan menghadirkan dosen Universitas Indonesia (UI) yang juga Ketua Afiliasi Pegiat dan Pengajar BIPA (APPBIPA) Jakarta Raya, Dr Totok Suhardiyanto  MHum.

Kegiatan kuliah tamu yang diikuti mahasiswa semester V Program studi
Sastra Indonesia (SASINDO) ini, digelar di FBS UNNES Kampus Sekaran, Rabu (1/11), dengan mata kuliah wajib pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA).

Ahli BIPA yang sudah banyak menghasilkan buku tata bahasa ini mengatakan, BIPA sangat strategis sebagai sarana diplomasi karena memberi sumbangsih pada pemerintah untuk menyebarkan bahasa Indonesia di kancah internasional. Totok juga menemukakan, BIPA bisa menjadi pintu gerbang dalam menginternasionalisasikan sebuah lembaga, bahkan negara.

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (BSI) UNNES Dr Haryadi MPd, sangat mendukung perkuliahan dengan mendatangkan dosen tamu. Haryadi berharap mahasiswa dapat termotivasi agar kelak dapat menjadi pengajar BIPA.
 
Menurut Haryadi, Keterjalinan kemitraan dengan perguruan tinggi yang ada di Indonesia salah satunya dapat diimplementasikan dengan program seperti ini. Bahkan juga ada kemungkinan dosen jurusan BSI bisa menjadi dosen tamu di perguruan tinggi yang ada di Indonesia, termasuk UI.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 250 kali
EDITOR : Dwi Sulistiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X