IKA UNNES Berkomitmen Jaga NKRI Dengan Semangat Pancasila

Jumat, 2 Juni 2017 | 10:51 WIB


IKA UNNES Berkomitmen Jaga NKRI Dengan Semangat Pancasila
SETYO/HUMAS

Segenap Pengurus Dewan Pengurus  Pusat Ikatan Alumni UNNES (DPP IKA UNNES) Menyatakan  sikap setia kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pernyataan Sikap dibacakan bersamaan dengan kegiatan Saresehan memperingati hari lahirnya Pancasila di Rumah Makan Selasih, Kamis (01/06).

Dengan Semangat  Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2017, IKA UNNES berkomitmen menjaga NKRI berdasarkan ideologi Pancasila sudah final sehingga tidak perlu lagi mengubahnya dengan ideologi lain.

Ketua Umum DPP IKA UNNES Dr Drs Budiyanto SH MHum menyampikan, mencermati perkembangan situasi bangsa serta masa depan Indonesia, DPP IKA UNNES memandang penting agar peneguhan kembali dan konsolidasi demokrasi. Peneguhan demokrasi tersebut perlu dilakukan dengan mengacu pada nilai-nilai yang menjadi prinsip jati diri bangsa, yakni Pancasila.

Ia menambahkan, Terlebih Alumni UNNES yang mayoritas adalah guru yang mempunyai kewajiban mencerdaskan anak bangsa. Guru mempunyai tanggungjawab untuk mempersiapkan generasi muda agar menjadi manusia yang cerdas dan bermoral.

Pernyataan Sikap dibacakan oleh Ketua UMUM DPP IKA UNNES Dr Drs Budiyanto SH MHum berisi 7 pernyataan, yaitu komitmen IKA UNNES untuk terus menjaga keutuhan negara berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menyadari eksistensi Pancasila dalam kehidupan bangsa Indonesia, bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017, kami DPP Pusat IKA UNNES menyatakan sikap sebagai berikut:

  1. Mengajak kepada seluruh elemen bangsa untuk menjaga tetap tegaknya NKRIyang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 serta memantapan persatuan dan kesatuan bangsa dari beragam suku bangsa demi menjaga keutuhan wilayah NKRI dan kelangsungan hidup NKRI
  2. Mendukung upaya Pemerintah Republik Indonesia dalam menguatkan ideologi Pancasila melalui Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2016 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila
  3. Mengajak kepada seluruh elemen bangsa untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman dan tuntutan perilaku dalam keseharian hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
  4. Mengimbau kepada Pemerintah menyikapi fenomena akhir-akhir ini, untuk bertindak tegas terhadap kelompok atau golongan tertentu yang berupaya menggoyang ideologi Pancasila melalui berbagai kegiatan sosial, ekonomi, budaya, dan politik secara massif, terstruktur dan sistematis
  5. Bersama-sama seluruh elemen bangsa untuk selalu mewaspadai serta menangkal tumbuh dan berkembangnya Radikalisme Kanan (Raka), Radikalisme Kiri (Raki)  dan Radikalisme Lainnya (Rala), termasuk terorisme dengan deteksi dini, cegah dini, dan lapor cepat kepada aparat yang berwenang
  6. Bersama-sama elemen bangsa mewujudkan penegakkan dan kepastian hukum serta keadilan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
  7. Mengimbau seluruh elemen bangsa untuk kembali memahami, meyakini, dan mengaktualisasikan Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 503 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X