Hasilkan 359 PKM, Unnes Terbanyak Ketiga Nasional

Rabu, 16 Juli 2014 | 0:42 WIB


Hasilkan 359 PKM, Unnes Terbanyak Ketiga Nasional
HUMAS/SIHONO

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Semarang yang lolos dan didanai pemerintah mendapat monitoring dan evaluasi tim Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti), 15-17 Juli 2014, di kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang.

Tim mengevaluasi 359 PKM yang terdiri atas PKM Bidang Kewirausahaan (PKM-K) sebanyak 96, PKM bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) 164, PKM Penelitian (PKM-P) 77, PKM Karsa Cipta (PKM-KC) 17, dan PKM Teknologi (PKM-T) 5 proposal. Tim terdiri atas Dr Ir Usman Ahmad Magr, Dr Mistaram MPd, Prof Dr Farida Patittinggi SH Mhum, Ir Gatot Murdjito MS, dan Drs Umar Mansur MSc.

Ir Gatot Murdjito MS dari Dikti mengatakan, tim monitoring tidak melakukan tinjauan ke lapangan di mana mahasiswa melakukan penelitian. “Kami menerima paparan dari mahasiswa tentang PKM ynag sudah dibuat dan melihat sampai di mana tingkat penyelesaiannya,” ujar dia. Gatot memberi catatan supaya mahasiswa melengkapi foto kegiatan lapangan dalam laporan yang dibuat.

Hasil monitoring ini, kata Gatot, akan dijadikan acuan untuk menentukan keikutsertaan mahasiswa mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2014. “Pimnas akan dilaksanakan bulan Agustus di Universitas Diponegoro Semarang,” katanya.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes, Prof Masrukhi MPd, mengatakan banyaknya PKM yang dibuat merupakan hasil konsistensi mahasiswa yang selalu mengembangkan budaya menulis.

Unnes, kata Masrukhi, telah sepuluh tahun menduduki urutan lima besar dalam PKM yang didanai Dikti. Tahun ini, Unnes menempati urutan ketiga. Terbanyak pertama diraih Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (jumlah PKM 460), Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (460), Universitas Negeri Semarang (359), Institut Pertanian Bogor (355), dan Universitas Brawijaya Malang (331).


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 3.693 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

6 komentar pada “Hasilkan 359 PKM, Unnes Terbanyak Ketiga Nasional

  1. Selamat pada 359 judul PKM Unnes, semoga bisa masuk pimnas. Prestadi sudara akan membawa nama harum Unnes. Salam konservasi

  2. jangan hanya bangga dengan banyaknya angka, tapi tanyakan dulu bagaimana kualitasnya. kita selama ini bangga dengan angka-angka. terbanyak ini lah.. terbanyak itu lah.. tapi kualitasnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X