Hari Pertama, OKPT Bahas Implementasi Pramuka dalam Kurikulum 2013

Kamis, 22 Agustus 2013 | 7:17 WIB


Hari Pertama, OKPT Bahas Implementasi Pramuka dalam Kurikulum 2013
SIHONO/HUMAS

Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi (OKPT) bagi mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) dibuka Kamis (22/8). Di hari pertama peserta OKPT akan mengikuti seminar bertema Implementasi Kepramukaan dalam Kurikulum 2013.

“Di sesi pertama akan diisi oleh Kak Suyahman andalan nasional dari Pusdiklatnas sampai sekitar pukul 11.30 WIB. Di sesi kedua akan diisi Kak Tomo dari Dinas Pendidikan Jawa Tengah,” terang Ketua Racana Wijaya Leofan Gunawan, Kamis (22/8) pagi tadi.

Implementasi kepramukaan dalam Kurikulum 2013 jadi tema sentral dalam pembinaan kepramukaan. Pasalnya, pramuka masuk dan menjadi ekstrakurikuler wajib dalam struktur Kurikulum 2013. Pramuka menjadi “andalan” untuk mewujudkan generasi muda yang berkarakter mandiri, peduli, ramah, dan memiliki jiwa nasionalisme.

“Menurut kami, tema ini sangat urgen bagi mahasiswa karena kelak mereka akan terjun menjadi pembina pramuka di gugus depan masing-masing,” lanjut Leofan.

Menurut rencana, OKPT akan laksanakan dua hari hingga Jumat (23/8) esok. Pada hari kedua seluruh peserta OKPT akan dilibatkan dalam permainan outdoor untuk mengasah keterampilan, kepekaan, dan soliditas mereka di lapangan.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 2.107 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

satu komentar pada “Hari Pertama, OKPT Bahas Implementasi Pramuka dalam Kurikulum 2013

  1. Bagaimana implementasi kepramukaan di pendidikan dasar dan menengah kaitannya dengan kurikulum 2013, akan lebih baik jika kegiatan pramuka diarahkan untuk pengembangan karakter peserta didik,dengan kurikulum tersendiri, meskipun pengembangan karakter peserta didik terintegrasi dengan mata pelajaran. Berdasarkan pengamatan pengembangan karakter terintegrasi dengan mata pelajaran kurang efektif, guru lebih focus pada ketuntasan materi pelajaran terkait dengan tuntutan UN dari pada memperhatikan sikap yang diharapkan membentuk karakter,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *