Setop, Pemasangan Spanduk Asal-asalan!

Sekira 40 mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang tergabung dalam Keramba Art, Kantong Ajaib, dan mahasiswa Seni Rupa, Kamis (21/4) pagi menggelar aksi peduli konservasi dalam rangka memperingati Hari Bumi.

Dalam acara bertajuk Parade Sampah Visual di Kampus Konservasi itu, mereka melakukan aksi teaterikal di lapangan Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), setelah sebelumnya mengadakan arak-arakan dari pintu gerbang Unnes. Di tempat itu, sejumlah aktivis membagi-bagikan selebaran sambil terus meneriakkan yel-yel bernada ajakan, seperti “Selamatkan bumi!”, “Selamatkan konservasi  di kampus Unnes”, dan “Setop pemasangan spanduk asal-asalan!”

Galih, salah satu peserta aksi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kepedulian mereka terhadap lingkungan, terutama di  kampus universitas konservasi. Pihaknya menganggap sudah banyak terjadi kerusakan .

Di pagar pembatas embung, misalnya, terpasang baliho dan spanduk yang berkesan semrawut, bahkan ketika kegiatan selesai, tak jarang menjadi sampah dan dibiarkan begitu saja. Belum lagi poster dan selebaran yang ditempel asal-asalan di berbagai tempat. Akibatnya, media-media yang seharusnya estetis hanya menjadi sampah visual semata karena pemasangannya tidak mengindahkan estetika dan ekologi ruang kampus.

’’Kami hanya ingin mengingatkan warga Unnes agar sadar bahwa kampus kita ini telah mendeklarasikan diri menjadi universitas konservasi. Bahkan, Rektor telah dianugerahi Kalpataru oleh Presiden RI, maka kita perlu menjaga untuk keberlangsungan Unnes sebagai universitas konservasi bertaraf internasional. Setop pemasangan spanduk yang semrawut dan tak tertata,” kata Galih yang diamini teman-temnnya.

3 Balasan ke “Setop, Pemasangan Spanduk Asal-asalan!”

  1. skriptyan mengatakan:

    spirit of conservation

  2. savic_art mengatakan:

    tetep smangat bwt nak2 seni rupa unnes…dalam berkarya……bwt karamba art dan kantong ajaib….jdikan contoh bwt komunitas2 yang lainnya….dalam berkarya….

  3. tyutik imajhie mengatakan:

    Luar Biasa ….semangka ( Semangat Berkarya ) bwt UNNES tercinta,,,

Tinggalkan Balasan