Gelar Simulasi Eduwisata, UNNES Ajak Tiga Sekolah Berkeliling

Kamis, 26 Januari 2017 | 14:50 WIB


Gelar Simulasi Eduwisata, UNNES Ajak Tiga Sekolah Berkeliling
SIHONO/HUMAS

Eduwisata UNNES merupakan sebuah wisata pendidikan yang dikembangkan Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan menawarkan perpaduan wisata dan pembelajaran. Perpaduan ini meliputi pembelajaran seni budaya, ilmu pengetahuan dan karakter dengan konsep menyenangkan, guyonan, mengasyikkan, membuat peserta Eduwisata ceria dan bergembira.

Hal itulah yang disampaikan Ketua Panitia Simulasi Eduwisata UNNES Drs Adhi Setyanto MPd dihadapan 30 siswa dan guru dari berbagai sekolah saat mengikuti Simulasi Eduwisata UNNES, Kamis (26/1) di Kampung Budaya UNNES kampus Sekaran.

Hadir Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof YL Sukestiyarno MS PhD, Perwakilan Fakultas, Kepala Sekolah di Kota Semarang, dan Ketua Paguyuban Pelaku Wisata (PPW) Jawa Tengah (Jateng) Purwanto beserta anggota.

Prof Sukestiyarno saat membuka kegiatan menyampaikan, peserta Simulasi Eduwisata ini dari tiga sekolah yakni SD Semesta Semarang, SD Sekaran 01, dan MI Roudlotul Huda.

Semua yang hadir di sini diajak berkeliling mengunjungi empat destinasi Eduwisata dimulai dari Kampung Budaya (FBS), Omah Keboen (FMIPA), Sinau Batik (FT), dan Sport and Health (FIK).

Ia menjelaskan, disetiap destinasi memiliki keunggulan masing-masing, di Kampung Budaya (FBS) peserta dilatih hanya 25 menit bisa memainkan musik dan tari , di Omah Keboen peserta diajak melihat tanaman hodroponik, pembibitan, Rumah Sains, Outbound, Penangkaran Kupu-kupu, dan Kerajinan Tulang Daun.

Salah satu paket wisata yang unik adalah kerajinan tulang daun yang merupakan hasil riset dari Prof Dr Ir Amin Retnoningsih MSi. Dalam paket ini siswa dilatih cara membuat tulang daun, kemudian dibuat aksesoris seperti gantungan kunci, lukisan, poto diri, karikatur, logo, dan lainnya.

Selanjutnya destinasi Eduwisata Sinau Batik (FT) peserta diajak praktik langsung belajar membatik mulai dari proses awal sampai selesai, dan hasil siswa batik bisa dibawa pulang untuk kenang-kenangan.

Kemudian, di Sport and Health mereka diajak belajar memainkan berbagai permainan olahraga diantaranya wood ball, game, golf, aktivitas ritmik, physical activity, dan menu kesehatan.

Ketua PPW Jateng Puwanto menjelaskan, PPW Jateng saat ini memiliki 150 anggota tersebar diberbagai kabupaten diharapkan bisa bekerjasama lebih intens dengan UNNES melalui Eduwisata ini. Dengan kerjasama yang baik tentunya Eduwisata UNNES ini sangat potensial untuk dikembangkan ke depan.

Setelah dilakukan simulasi, Eduwisata UNNES direncanakan akan diluncurkan pada 11 Februari 2017 mendatang. (Dwi Hermawan, Student Staff)


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 273 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *