Ganjar: Aja Mung Nyalahke, Basa Jawa Bisa Lestari

Rabu, 20 April 2016 | 13:36 WIB


Ganjar: Aja Mung Nyalahke, Basa Jawa Bisa Lestari
SETYO/HUMAS

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan kuliah kepada mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes). Acara bertajuk Mas Ganjar Mulang Basa Jawa itu berlangsung di ruang bundar Dekanat FBS kampus Sekaran, Rabu (20/4).

Selain mulang, Ganjar juga meluncurkan Kamus Jawa-Indonesia Indonesia-Jawa Berbasis Android yang merupakan hasil pengembangan Nuring Dyah Rahmadani, mahasiswa Pendidikan Bahasa Jawa FBS Unnes ketika menyususn skripsi beberapa waktu lalu, “Ini inovasi yang menantang zaman. Saya dukung sepenuhnya untuk pengembangan bahasa Jawa,” kata Ganjar.

inovasi tersebut, menurut Ganjar patut dilanjutkan dan diikuti oleh segenap pihak yang peduli terhadap keberlangsungan bahasa Jawa. “Aja mung nyalahke, nanging kudu melu urun supaya basa Jawa bisa lestari,” katanya.

Menurut Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman, Unnes terus berkomitmen dan konsisten menjadi Universitas Konservasi. “Selain konservasi lingkungan Unnes juga melakukan konservasi Hebat yaitu, Hijau, Bersih dan Sehat. Konservasi budaya juga tetap terjaga, “ katanya


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 1.170 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

4 komentar pada “Ganjar: Aja Mung Nyalahke, Basa Jawa Bisa Lestari

  1. Kamus Jawa-Indonesia Indonesia-Jawa Berbasis Android hasil pengembangan Nuring Dyah Rahmadani patut diapresiasi. Inovasi yang sangat bagus, teknologi digunakan untuk upaya konservasi.
    Terima kasih untuk Pak Ganjar yang bersedia membagikan ilmunya, mulang dikampus Unnes. Memberikan motivasi sekaligus nasihat untuk terus melestarikan bahasa Jawa.

  2. Bahasa Jawa adalah bahasa dengan penutur sekitar 84,3 juta di seluruh dunia, dan ini merupakan bahasa dengan jumlah penutur terbanyak ke 11 di dunia (ethnologue.com). Hal ini sangat membanggakan dan tentu masih banyak sekali potensi yang bisa digali dari Bahasa Jawa. Terimakasih Pak Ganjar telah berkunjung ke Unnes,, kunjungan ini membawa banyak manfaat dan memotivasi.
    #Unnes Konservasi Budaya
    #2016 tahun akselerasi inovasi

  3. Sebagai mahasiswa Teknik Elektro saya turut bangga oleh hasil produk dari kak Nuring Dyah Rahmadani, mahasiswa Pendidikan Bahasa Jawa FBS Unnes. Semoga banyak teknologi terbarukan selanjutnya berkembang dari kampus konservasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *