FMIPA UNNES Tambah Satu Doktor

Kamis, 23 Februari 2017 | 12:03 WIB


FMIPA UNNES Tambah Satu Doktor
HUMAS/DOK

Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (UNNES) Drs Mohammad Asikin MPd meraih Doktor setelah mengikuti ujian promosi doktor pendidikan, Senin 20 Februari 2017 di kampus Kelud Pascasarjana UNNES.

Di bawah bimbingan promotor Prof Dr Wiyanto MSi, kopromotor Prof YL Sukestiyarno MS PhD, dan anggota promotor Prof Dr Madyo Ekosusilo MPd.

Dosen jurusan Pendidikan Matematika ini lulus setelah mempertahankan disertasinya berjudul Pengembangan Model Pelatihan Innomatis untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Matematika.

Keberadaan guru yang berkualitas merupakan syarat mutlak hadirnya sistem dan praktek pendidikan berkualitas. Akan tetapi, hasil uji kompetensi guru (UKG) memberikan fakta, guru yang telah mengikuti dan lulus pelatihan model Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) belum optimal dalam perolehan skor kompetensi pedagogi maupun kompetensi profesionalnya.

Selain itu, berdasarkan hasil diskusi diklat guru matematika di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) diperoleh informasi, pada pelaksanaan pembelajaran matematika, guru masih menggunakan metode ceramah, akibatnya, siswa cenderung pasif dan kurang memahami objek-objek matematika.

Menghadapi kenyataan itu, perlu dikembangkan model pelatihan guru matematika SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis, efektif, dan mempunyai karakteristik solutif, mandiri, inovatif, dan berkelanjutan.

Model pelatihan innomatis ini ketika diimplementasikan pada UKG, diperoleh nilai rata-rata 81,30. Sedangkan sebelum diimplementasikan diperoleh nilai rata-rata 64,45. Sehingga terjadi kenaikan sebelum dan sesudah implementasi model sebesar 16,85.

Artinya, pelatihan dengan model innomatis dapat meningkatkan profesional guru matematika di Kota Semarang.

Simpulannya, model pelatihan innomatis yang mempunyai karakteristik solutif, inovatif, mandiri serta berkelanjutan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Selanjutnya disarankan untuk perlu mengadakan sinkronisasi program pelatihan yang diadakan dari berbagai komunitas guru matematika.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 527 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *