FIS UNNES Adakan Seminar Nasional Korps Bela Negara bersama Kemenhan

Senin, 20 Maret 2017 | 14:44 WIB


FIS UNNES Adakan Seminar Nasional Korps Bela Negara bersama Kemenhan
HUMAS/DOK

Sebanyak 250 mahasiswa perwakilan seluruh fakultas di Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengikuti Seminar Nasional Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Negara di Lingkungan Pendidikan, Rabu (15/3) di gedung C7 Fakultas Ilmu Sosial (FIS) kampus Sekaran.

Seminar dengan bertema Meningkatkan Semangat Bela Negara dalam Rangka Mewujudkan Pertahanan Negara yang Tangguh. Menghadirkan nara sumber Drs Ngabiyanto MSi mewakili Rektor UNNES, Dra Atiek Surniati MSi mewakili Gubernur Jawa Tengah, dan Kolonel Kav Puji Setiono selaku Asisten Teritorial Kasdam IV/Diponegoro sebagai perwakilan dari Kementrian Pertahanan Jawa Tengah (Kemenhan). Kegiatan dimoderatori oleh Rudi Salam SPd MPd.

Dalam acara tersebut, Ngabiyanto membuka seminar dengan materi partisipasi publik, khususnya mahasiswa UNNES dalam usaha bela negara. Ia mempertegas bahwa UNNES akan memfasilitasi segala hal yang berkaitan dengan pemupukan jiwa nasionalisme pada setiap mahasiswa.

Kemudian, Atiek menjadi pemateri berikutnya dengan materi penguatan ideologi bangsa. Ia menjelaskan, penguatan jiwa kebangsaan dapat dilakukan dengan jalan mencegah adanya proxy war sebagai penebar isu kebencian yang membuat kekisruhan di Indonesia.”Dengan adanya seminar ini, ia berharap bahwa peserta yang hadir dapat menjadi kader konservasi mental yang baik di masa depan.

Nara sumber berikutnya, Kolonel Kav Puji Setiono menyampaikan lima nilai dasar bela negara yakni cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, keyakinan pancasila sebagai falsafah dan ideologi bangsa, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara secara fisik dan non fisik.

Selain itu, juga mengapresiasi adanya seminar ini bahwa merupakan sebuah kebanggaan bagi UNNES sebagai mitra Kemenhan untuk mengadakan kegiatan penguatan bela negara ini. Kemudian, ia menjelaskan dalam paparan materinya bahwa Kemenhan akan melibatkan UNNES pada setiap program pemerintah yang berhubungan langsung dengan bela negara. (Aegyari Mukti Wibowo FIS)


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 320 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *